Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

hak gadai

No description
by

Atika Rachma

on 4 December 2012

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of hak gadai

Kelompok :
Atika Rahma 110.110.110.078
Ezra Abraham 110.110.110.082
Widyasyudi Hadian 110.110.110.086
Rheza Mario 110.110.110.097
M. Hudan Al-Birri 110.110.110.103
Pierre Condro 110.110.110.114
Pinkan Hakim 110.110.110.130 HUKUM BENDA HAK GADAI Hak Gadai HAK KEBENDAAN YANG MEMBERIKAN JAMINAN Objek Gadai Benda bergerak yang berujud dan piutang-piutang kepada pembawa, yang dilaksanakan dengan cara melepaskan benda tersebut dari penguasaan pemberi gadai (Pasal 1152 KUHPerdata).
Piutang kepada pihak yang ditunjuk, yang pemberian gadainya dilakukan dengan cara endosemen yang disertai denganpenyerahan surat piutang atas tunjuk tersebut (Pasal 1152 KUHPerdata).
Piutang-piutang atas nama, pemberian gadainya hanya sah jika telah diberitahukan mengenai pemberian gadai tersebut kepada orang, terhadap siapa gadai tersebut akan dilaksanakan (Pasal 1153 KUHPerdata). Subjek Gadai Subyek hak gadai adalah pihak-pihak yang terlibat dalam pengikatan gadai yaitu : TAHAP-TAHAP PEMBEBANAN JAMINAN GADAI Tahap-tahap pembebanan gadai adalah rangkaian perbuatan hukum dari dibuatnya perjanjian pokok sampai pembuatan akta gadai. Ada tiga tahap yaitu : Hak dan Kewajiban Pemberi dan Penerima Gadai HAPUSNYA GADAI a.Dengan hapusnya perikatan pokok yang dijamin dengan gadai ini sesuai dengan sifat
accessoir dari gadai maka tergantung dari perjanjian pokoknya.

b.Dengan terlepasnya benda jaminan dari kekuasaan pemegang gadai.

c.Dengan hapus atau musnahnya benda jaminan.

d.Dengan dilepasnya benda gadai secara sukarela.

e.Dengan percampuran, yaitu dalam hal pemegang gadai menjadi pemilik barang gadai tersebut. Pengertian Gadai "Gadai adalah suatu hak yang diperoleh seseorang berpiutang atas suatu barang bergerak, yang diserahkan kepadanya oleh seorang berutang atau oleh seorang lain atas namanya, dan yang memberikan kepada si berpiutang itu untuk mengambil pelunasan dari barang tersebut secara didahulukan dari pada orangorang berpiutang lainnya dengan kekecualian biaya untuk melelang barang tersebut dan biaya yang telah dikeluarkan untuk menyelamatkan setelah barang itu digadaikan, biaya-biaya mana harus didahulukan"
(Pasal 1150 KUHPerdata) Elemen Pokok Gadai 1. Gadai adalah jaminan untuk pelunasan utang.
2. Gadai memberikan hak didahulukan atau hak preferent pelunasan hutang kepada kreditur tertentu terhadap kreditur lainnya.
3. Obyek gadai adalah barang bergerak.
4. Barang bergerak yang menjadi obyek gadai tersebut diserahkan kepada kreditur (dalam kekuasaan kreditur). Debitur Benda Bergerak Kreditur Diberi Kekuasaan Gadai Perjanjian yang bersifat accessoir Sifat Umum Gadai 1. gadai adalah hak kebendaan
2. hak gadai bersifat accessoir
3. hak gadai tidak dapat dibagi-bagi
4. Hak gadai adalah hak yang didahulukan (hak preferent) Pemberi Gadai dan Penerima Gadai Tahap I Tahap II Tahap III Pembuatan perjanjian kredit Pembuatan akta Gadai Penarikan kekuasaan barang yang digadaikan dari kekuasaan debitur dan kekuasaan barang yang digadaikan berada dalam kekuasaan kreditur Hak pemberi gadai a.Berhak untuk menuntut apabila barang gadai itu telah hilang atau mundur sebagai
akibat dari kelalaian pemegang gadai.

b.Berhak untuk mendapat pemberitahuan terlebih dahulu dari pemegang gadai apabila barang gadai akan dijual.

c.Berhak mendapat kelebihan atas penjualan barang gadai setelah dikurangi dengan pelunasan hutangnya.

d.Berhak mendapat kembali barang yang digadaikan apabila hutangnya dibayar lunas. Hak Pemegang Gadai a.Menjual dengan kekuasaan sendiri (parate eksekusi)
b.Hak menjual barang gadai dengan perantara hakim
c.Atas ijin hakim tetap menguasai benda gadai
d.Hak untuk mendapatkan ganti rugi
e.Hak Retensi (recht van terughouden)
f.Hak didahulukan (recht van voorrang) Kewajiban Pemberi Gadai a.Ia berkewajiban menyerahkan barang yang dipertanggungkan sampai pada waktu hutang dilunasi, baik mengenai jumlah pokok maupun bunga.

b.Ia bertanggungjawab atas pelunasan hutangnya, terutama dalam hal penjualan barang yang digadaikan.

c.Berkewajiban memberikan ganti kerugian atas biaya yang telah dikeluarkan oleh pemegang gadai untuk menyelamatkan barang yang digadaikan.

d.Apabila telah diperjanjikan sebelumnya, ia harus menerima jika pemegang gadai menggadaikan lagi barang yang digadaikan tersebut. Kewajiban Pemegang Gadai a.Pemegang gadai bertanggung jawab untuk hilangnya atau kemunduran harga barang
gadai jika itu terjadi akibat kesalahan atau kelalaian kreditur (Pasal 1157 ayat (1) KUHPerdata).

b. Kewajiban untuk memberitahukan kepada pemberi gadai jika barang gadai dijual.

c.Pemegang gadai harus memberikan perhitungan tentang pendapatan dari penjualan barang gadai dan setelahnya ia mengambil pelunasan utangnya, harus menyerahkan kelebihannya kepada debitur.

d.Ia harus mengembalikan barang gadai, apabila utang pokok, bunga, dan biaya untuk menyelamatkan barang gadai telah dibayar lunas.
Full transcript