Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Pemasaran

No description
by

Roqi aziz pratama

on 3 December 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Pemasaran

Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Pemasaran Online Shopping
Kehadiran sosial media di jaman modern seperti sekarang ini telah membawa banyak perubahan untuk dunia komunikasi. Sosial media tidak hanya menjadi alat untuk berkomunikasi, tetapi juga menjadi sarana untuk mencari teman, berbagi foto bahkan sebagai sarana promosi bagi suatu bisnis toko online.
Media sosial juga adalah alat yang telah tersedia sebagai sarana untuk meningkatkan target penjualan dan bisa juga sebagai sarana untuk mengetahui jangkauan dari semua kegiatan promosi yang dilakukan. Semua hal yang menguntungkan bisa saja terwujud, asalkan para pelaku usaha toko online bisa memanfaatkan media sosial dengan cara dan aturan yang tepat agar bisa menjalankan perannya sebagai tempat dan alat yang tepat untuk promosi dengan efektif.
Berbagai macam sosial media populer seperti Twitter, Facebook hingga Twitter mempunyai fungsi dan tujuan yang berbeda-beda. Dan salah satu sosial media lainnya yang mempunyai banyak manfaat jika digunakan secara optimal adalah Instagram.
Instagram adalah salah satu sosial media yang dapat dikatakan masih baru, namun Instagaram sudah mampu memberikan hasil yang memuaskan bagi para pelaku bisnis dalam mempromosikan barang dagangan kepada masyarakat luas.
Cara menggunakan sosial media Instagram ini cukup mudah karena pelaku bisnis tinggal membuka akun, mengupload gambar yang disertai dengan deskripsi produk. Dengan begitu para pengunjung sudah bisa melihat produk yang Anda tawarkan melalui gambar tersebut.
Namun, kenyataannya pelaku bisnis yang menggunakan Instagram untuk promosi bisnis masih terhitung tidak terlalu banyak. Hal itu disebabkan masih belum pahamnya mereka dengan cara penggunaannya.
Padahal, jika para pelaku bisnis mau meluangkan sedikit waktunya untuk mempelajari cara menggunakan Instagram, pastinya Instagram bisa meningkatkan penjualan bisnis toko online seperti halnya melalui sosial media facebook dan twitter.
Kata Kunci: Instagram, Media Sosial, Toko Online
LATAR BELAKANG
Indonesia saat ini merupakan salah satu negara dengan pengguna Instagram terbanyak. Pengguna Instagram berasal dari berbagai lapisan masyarakat, yakni: kalangan pengusaha, pegawai negeri, karyawan, mahasiswa, anak sekolah, dan lain lain. Diantara penggunanya ada yang berfikir untuk produktif dalam menggunakan handphone. Oleh karena itu banyak juga pengguna Instagram yang mencoba untuk mencari peluang agar Instgram yang mereka miliki tidak hanya sekedar untuk berkomunikasi dan bersenang senang. Solusi pemanfaatan teknologi tepat guna adalah berbisnis dengan teknologi yang dimiliki. Di dunia internet istilah “bisnis online” atau “technopreneur” saat ini sangatlah tidak asing. Peluang peluang positif yang menarik tersebar di berbagai website di Internet.
Belanja online merupakan salah satu kemudahan dalam gaya hidup masyarakat modern yang bisa dicapai melalui internet. Perusahaan/distributor maupun konsumen merasa sangat diuntungkan dengan belanja online. Bagi perusahaan/distributor akan mempermudah dalam melakukan pemasaran terhadap produk yang ingin di perjual belikan, mempermudah komunikasi dengan pelanggan serta menurunkan biaya operasional perusahaan. Sedangkan keuntungan bagi konsumen dapat mempermudah mereka dalam memenuhi kebutuhan, seperti membeli produk-produk yang sulit di dapat di wilayahnya, lebih fleksibel karena dapat bertransaksi dimanapun konsumen berada, dan banyak keuntungan lainnya. 3 Berbelanja secara online telah menjadi alternatif cara melakukan pembelian barang ataupun jasa bagi para shopper cara pembelian barang ataupun jasa, penjualan secara online telah berkembang baik dari segi pelayanan, efektifitas, keamanan, dan juga popularitas (Laohapensang, 2009). Hadirnya media sosial seperti Instagram sebagai media promosi menjadikan strategi tepat bagi perusahaan. Instagram merupakan sebuah aplikasi untuk berbagi foto yang dapat dilihat oleh followers dari pengunggah foto tersebut dan dapat saling memberikan komentar antara sesamanya. Layanan berbagi foto Instagram, merupakan salah satu saluran media sosial yang populer di Indonesia. Penggunaannya pun kian tersebar. Media sosial Instagram lebih berpotensi bagi para pelaku bisnis dibandingkan dengan media sosial lainnya seperti, facebook dan twitter yang kurang efektif untuk melakukan bisnis didalamnya. Sehingga hal ini melatar belakangi penulis untuk mengambil judul penelitian tentang “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Pemasaran Online Shopping”.

Grafik pengguna instagram yang meningkat di Indonesia
Rumusan Masalah
Bagaimanakah pemanfaatan media sosial Instagram sebagai sarana pemasaran online shopping?

Batasan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang, maka dapat diambil suatu batasan masalah yaitu:
1. Media pemasaran yang digunakan Instagram.
2. Metode analisis yang digunakan deskriptif kualitatif.



Abstraksi
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pemanfaatan media sosial Instagram sebagai sarana pemasaran online shoping.

Manfaat Penelitian
1. Dapat memberikan gambaran dan masukan bagi para produsen dan pemasar dalam mengembangkan komunikasi pemasaran melalui Instagram.
2. Dapat digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi pengiklan dalam rangka meningkatkan efektivitas promosi secara online.
3. Dapat menambah wawasan tentang strategi komunikasi pemasaran dibalik penggunaan fitur Instagram.
Pemasaran
Kotler (2001) mengemukakan definisi pemasaran berarti bekerja dengan pasar sasaran untuk mewujudkan pertukaran yang potensial dengan maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Sehingga dapat dikatakan bahwa keberhasilan pemasaran merupakan kunci kesuksesan dari suatu perusahaan.
Menurut Stanton (2001), definisi pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Media Online
Menurut Afriani (2011) Media massa online tidak pernah menghilangkan media massa lama tetapi mensubtitusinya. Media online merupakan tipe baru jurnalisme karena memiliki sejumlah fitur dan karakteristik dari jurnalisme tradisional. Fiturfitur uniknya mengemuka dalam teknologinya, menawarkan kemungkinan-kemungkinan tidak terbatas dalam memproses dan menyebarkan berita (Santana, 2005: 137).
Sosial Media
Sosial media adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki mungkin merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. (Afriani, 2011: 24). Media sosial online merupakan media yang didesain untuk memudahkan interaksi social bersifat interaktif dengan berbasis teknologi internet yang mengubah pola penyebaran informasi dari sebelumnya bersifat broadcast media monologue (satu ke banyak audiens) ke social media dialogue (banyak audiens ke banyak audiens). Jenis serta komposisi media social online di dunia virtual sangat beragam, antara lain jejaring sosial (Facebook, Friendster, Linkedln, dan sebagainya), microblogging platform (Twitter, Plurk, Koprol, dan lain-lain),jejaring berbagi foto serta video (Instagram,Flickr, Youtube, dan sebagainya), Podcast, Chat rooms, Message board, Forum, Mailing list, serta masih banyak lainnya.

Instagram
Instagram berasal dari pengertian dari keseluruhan fungsi aplikasi ini. Kata “insta” berasal dari kata “instan”, seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”. Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara instan, seperti polaroid di dalam tampilannya. Sedangkan untuk kata “gram” berasal dari kata “telegram”, dimana cara kerja telegram sendiri adalah untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat. Jadi bisa di artikan bahwa Instagram adalah aplikasi berbagi foto dengan menggunakan jaringan internet, sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat. Oleh karena itulah Instagram berasal dari instan-telegram.
Sejarah pencetus ide Instagram ialah perusahaan Burbn, Inc. Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5 mobile, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan juga Mike Krieger, memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal saja. Setelah satu minggu mereka mencoba untuk membuat sebuah ide yang bagus, pada akhirnya mereka membuat sebuah versi pertama dari Burbn, namun di dalamnya masih ada beberapa hal yang belum sempurna. Versi Burbn yang sudah final, adalah aplikasi yang sudah dapat digunakan di dalam iPhone, yang dimana isinya terlalu banyak dengan fitur-fitur. Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang ada, dan memulai lagi dari awal, namun akhirnya mereka hanya memfokuskan pada bagian foto, komentar, dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto. Itulah yang akhirnya menjadi Instagram.

Online Shopping
Pada era informasi sekarang ini berjualan tidak perlu lagi tanah dan bangunan khusus atau outlet yang tentunya membutuhkan modal lebih banyak. Saat ini sudah sangat pepuler berjualan di media internet atau Online shopping. Pengertian Online Shopping sendiri adalah sebuah media yang memungkinkan customer membeli barang atau jasa secara langsung dari seller dengan media internet menggunakan web browser. Dengan adanya online shop kita sebagai pembeli bias belanja berbagai macam kebutuhan tanpa harus bertatap muka dengan penjual.
Konsep Online Shop Penjual
Seorang penjual membutuhkan web atau blog untuk memajang produknya. Dengan memaparkan rincian produk serta harga yang jelas sehingga memudahkan konsumen dalam berbelanja. Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh penjual adalah desain dari web atau blog yang digunakan. Desain sangat berpengaruh karena pembeli cenderung menilai sesuatu dari hal yang terlihat terlebih dahulu. Selain itu penjual perlu bekerjasama dengan jasa pengiriman untuk memudahkan pendistribusian produk. Pengiriman yang mengecewakanakan membuat pembeli enggan belanja lagi. Seorang penjual bias menjual produk sendiri atau bekerjasama dengan produsen, supplier, atau pemasok apabila kekurangan modal.
Untuk pembelian online biasanya kita mengikuti tata cara yang telah ditetapkan penjual. Secara garis besar pembelian online dimulai dari pembeli memilih barang atau jasa yang diinginkan. Kemudian pembeli menghubungi penjual untuk memastikan ketersediaan barang melalui kontak yang telah disediakan di web atau blog online shop tersebut. Setelah deal maka pembeli akan melakukan pembayaran. Apabila pembayaran telah dikonfirmasi, penjual akan mengirimkan barang yang dibeli melalui jasa pengiriman yang telah disepakati.
Untuk pembayaran, umumnya ada dua jenis. Transfer via bank dan COD (Cost On Delivery). Transfer via bank adalah pembayaran melalui bank sesuai nominal belanja, sedangkan COD dapat diartikan pembayaran dilakukan saat produk diterima oleh pembeli. Hal ini tak lepas dari kesepakatan antara penjual dan pembeli terlebih dahulu.

Bentuk dan Strategi penelitian
a. Bentuk Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian dengan bentuk studi kasus tunggal terpancang. Afriani (2011) Studi Kasus Terpancang adalah penelitian dimana penelitian tersebut terarah pada satu karakteristik. Artinya penelitian tersebut hanya dilakukan pada satu sasaran (satu lokasi, atau satu objek). Terpancang artinya peneliti di dalam proposalanya sudah memilikivariable yang menjadi fokus utamanya, sebelum memasuki lapangan studinya (Sutopo, 2002:112).
b. Strategi Penelitian
Penulis menggunakan metodologi penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dimana data yang dikumpulkan terutama berupa kata-kata dan kalimat, atau gambar yang memiliki arti lebih dari sekedar angka atau frekuensi. Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian deskriptif kualitatif penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan analisis yang cermat terhadap suatu fenomena sosial tertentu. Penelitian mengembangkan konsep dan penghimpunan fakta, tetapi tidak melakukan pengujian hipotesa. Dalam penelitian ini, peneliti memilih jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif karena peneliti hanya ingin memaparkan situasi dan peristiwa, mendeskripsikan secara rinci dan mendalam mengenai kondisi yang sebenarnya terjadi menurut kondisi nyata dilapangan, dalam hal ini adalah tentang sarana pemasaran online shopping.

Strategi Informasi
Dalam komunikasi pemasaran, penyampaian informasi menjadi aktifitas paling penting. Informasi dalam komunikasi disebut juga sebagai pesan (message), dalam menyampaikan pesan, pemasar harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
A. Penyampaian Pesan
Menurut Machfoedz (2010), bagian terpenting dari strategi penyampaian pesan pemasaran adalah penetapan cara terbaik untuk mengkomunikasikan pokok pesan kepada khalayak sasaran dalam hal ini adalah konsumen/pelanggan. Ada 2 faktor yang perlu diperhatikan dalam penyampaian pesan (presentasi), yaitu : isi pesan harus berorientasi pada produk dan tingkat kepedulian konsumen harus terbangun. Hal ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1. Menyampaikan informasi yang sebenarnya tentang produk yang dijial.
2. Menjawab pertanyaan-pertanyaan konsumen tentang produk secara jelas dan detail.
3. Meyakinkan konsumen bahwa produk anda dapat dipercaya dengan memberikan nomor kontak atau media lain untuk kemudahan komunikasi.
4. Membuat promo produk sewaktu saat.
5. Memberikan gambar-gambar produk yang inovatif dan menarik konsumen.

B. Media Penyampaian
Instagram memiliki fasilitas untuk menyampaikan pesan kepada followernya, misal dengan cara :
1) Membalas pesan jika ada seseorang yang menanyakan barang yang dijual
2) Memberikan hastagh agar foto mudah mengelompokkan dalam satu label.
3) membuat catatan terkait dengan keunggulan produk
4) mengeluarkan produk-produk terbaru sehingga customer selalu mengupdate
C. Mengatur Penyampaian Pesan
Mengatur frekuensi penyampaian pesan harus secara berkala dan terencana, adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:
1. Menyampaikan Judul atau Subyek pesan yang menarik saat mengunggah foto barang
2. Membuat pesan sesingkat dan sejelas mungkin
3. Selalu akhiri dengan terimakasih
4. Membuat jadwal dan frekuensi pengiriman pesan secara berkala

Merancang Promosi
Promosi dilakukan untuk berkomunikasi dan mempengaruhi pelanggan agar dapat menerima produk yang dihasilkan . Pemasar dapat merancang promosi dengan berbagai cara, seperti periklanan, promosi penjualan, publisitas penjualan individu dan kemasan yang menarik. Seperti promosi melalui beberapa cara diantaranya:
A. Periklanan
Menyampaikan pesan kepada konsumen berupa informasi produk, dalam bentuk gambar dan deskripsi produk.
B. Promosi Penjualan
Promosi Penjualan dilakukan dengan cara membuat agenda promo khusus dalam masa tertentu secara berkala, misalnya menjelang lebaran membuat agenda pemasaran dengan memberikan diskon 30% untuk produk-produk tertentu dan dalam jumlah pembelian tertentu, memberi bonus untuk para re-seller online maupun offline.

C. Publisitas Penjualan Individu
Publisitas Penjualan Individu atau Personal Selling adalah menjual secara langsung kepada masing-masing konsumen, ini dapat dilakukan dengan cara berkomunikasi langsung dengan konsumen, baik dengan cara mengirim pesan atau dengan melakukan obrolan dengan media lain diluar Instagram.
C. Kemasan Yang Menarik
Kemasan produk atau product packing memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen, semakin menarik kemasan maka konsumen akan semakin tertarik untuk mengetahui produk lebih lanjut, maka penggantian kemasan secara berkala juga dibutuhkan untuk melakukan promosi pemasaran.

Memasarkan Produk
Dengan memanfaatkan Instagram sebagai media ke dalam sistem pemasaran, banyak hal yang dapat dilakukan guna meningkatkan efisiensi manajemen hubungan pelanggan (customer relationship management) dengan penjual, hal-hal yang bisa dilakukan sebagai berikut :
A. Mengunggah Foto Barang Yang Dijual
Instagram digunakan sebagai wadah mensharing produk yang akan dijual dan juga untuk komunikasi langsung dengan pelanggan. Langkah-langkah mengupload foto pada instagram:

1. Ketuk tombol Camera di bagian bawah aplikasi Instagram. Tombol ini berada di barisan tombol di sepanjang bagian bawah, di tengah.
2. Ambil gambar atau pilih gambar dari penyimpanan ponsel Anda. Semua kiriman di Instagram adalah dalam bentuk gambar. Ketuk tombol besar berwarna biru untuk mengambil gambar, atau ketuk tombol Gallery di sebelah kiri untuk menelusuri foto yang tersimpan di perangkat Anda. Anda juga dapat mengetuk tombol kamera untuk merekam video sepanjang 15 detik.
3. Sunting gambar Anda. Setelah mengambil gambar atau memilih gambar dari penyimpanan ponsel, Anda bisa membuat beberapa suntingan pada gambar tersebut sebelum Anda mengirimnya. Ketuk "→" jika Anda telah selesai menyunting. Ada beberapa jenis suntingan yang dapat Anda buat:
4. Tambahkan keterangan (caption). Keterangan bukanlah keharusan, tetapi keterangan yang baik akan membantu untuk mendapatkan perhatian yang lebih besar terhadap foto Anda. Keterangan yang baik harus pendek dan manis. Ini akan menambah konteks pada gambar, atau melengkapinya dalam beberapa cara. Klik di sini untuk beberapa tips tentang cara menulis keterangan yang menarik minat orang.
5. Tambahkan hashtag. Hashtag adalah fitur utama lain dari Instagram. Tag ini mengelompokkan foto Anda, yang memungkinkan orang lain untuk menemukan gambar Anda ketika mereka melihat topiknya. Hashtag adalah kata-kata atau frasa yang digabung menjadi satu kata. Klik di sini untuk petunjuk tentang cara memaksimalkan hashtag.
6. Pilih jejaring sosial lain untuk berbagi kiriman. Anda dapat berbagi ke Facebook, Twitter, Tumblr, dan lainnya dari dalam aplikasi Instagram. Setelah memasukkan keterangan, pilih jejaring sosial lain yang Anda inginkan untuk mengirim gambar tersebut. Anda akan diminta untuk masuk (sign in) ke jejaring tersebut jika Anda belum masuk ke sana.
7. Tandai orang di dalam gambar. Jika menginginkan, Anda dapat menandai orang yang Anda kenal di dalam gambar tersebut dengan nama pengguna Instagram mereka. Ketuk orang di dalam gambar yang ingin Anda tandai, kemudian cari nama pengguna mereka. Mungkin mereka harus menyetujuinya sebelum tandanya muncul.
8. Pilih untuk mengirim pesan langsung. Secara default, kiriman Anda akan dapat diakses oleh publik dan secara otomatis akan disiarkan ke semua pengikut Anda. Anda dapat memilih untuk mengirim pesan pada seseorang secara pribadi dengan mengetuk tab "Direct" di bagian atas layar "Share To". Kemudian Anda dapat memasukkan nama pengguna tertentu yang ingin Anda kirimi gambar tersebut.
9. Ketuk tombol "->" jika Anda sudah puas dengan kiriman Anda. Kiriman Anda akan segera diunggah dan pengikut Anda akan melihat kiriman tersebut di kabar berita (feed) mereka.
Kesimpulan
Berdasarkan dari penjelasan yang telah diuraikan dalam penelitian Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Pemasaran Online Shopping dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Dengan adanya media social Instagram maka pemasarn penjualan barang secara online menjadi lebih mudah dan efektif.
2. Customer lebih mudah mendapatkan informasi mengenai produk secara lengkap dan up to date.
3. Instagram sudah terintegrasi dengan baik dan sangat efektif karena dilihat dari banyaknya minat pembeli dengan kemudahan cara pemasaran dan melihat produk.
4. Dengan dibuatnya Instagram sebagai sarana pemasaran online shopping, akan memudahkan kinerja para pelaku bisnis online untuk transaksi penjualan secara online dengan konsumen atau pelanggan.

SARAN
Adapun saran yang dapat penulis berikan yang diharapkan akan berguna di masa yang akan datang adalah sebagai berikut :
1. Agar selalu dapat dipercaya oleh pelanggan maka hendaklah pihak pelaku bisnis online selalu cepat dan tepat dalam memberikan layanan yang dibutuhkan konsumen.
2. Sumber daya manusia yang menangani admin dalam Instagram harus memiliki kualitas yang memadai karena kesalahan-kesalahan yang terjadi disebabkan karena kurangnya kemampuan pengguna dalam pengoperasian Instagram.

Roqi Aziz Pratama
(G.211.14.0008)
Full transcript