Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

GIZI DAN PENYAKIT DEGENERATIF

No description
by

Juna Eligius

on 21 May 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of GIZI DAN PENYAKIT DEGENERATIF

Penyakit Degeneratif
Penyakit degeneratif adalah penyakit yang mengiringi proses penuaan penyakit ini terjadi seiring bertambahnya usia.
Hubungan Gizi dengan Penyakit Degeneratif
Salah satu penyebab terjadinya penyakit degeneratif adalah karena perolehan zat gizi mikro dan makro yang tidak seimbang.
Pencegahan Penyakit Degeneratif
Ada tiga cara upaya-upaya pencegahan penyakit degeneratif, yakni melakukan pola makan yang baik, olah raga yang teratur, dan tidak mengkonsumsi rokok.
Penyakit Degeneratif di Indonesia
Penyakit degeneratif sangat banyak jenisnya. Berbagai referensi menyebutkan lebih dari 50 jenis penyakit degeneratif. Berikut adalah beberapa jenis penyakit degeneratif yang berhubungan dengan konsumsi makanan atau zat gizi tertentu:
GIZI DAN PENYAKIT DEGENERATIF
Penyakit degeneratif merupakan istilah yang secara medis digunakan untuk menerangkan adanya suatu proses kemunduran fungsi sel saraf tanpa sebab yang diketahui, yaitu dari keadaan normal sebelumnya ke keadaan yang lebih buruk.
Penyebab penyakit sering tidak diketahui, termasuk diantaranya kelompok penyakit yang dipengaruhi oleh faktor genetik atau paling sedikit terjadi pada salah satu anggota keluarga (faktor familial) sehingga sering disebut penyakit heredodegeneratif.
Obesitas,
Kolesterol,
Penyakit jantung,
Osteoporosis,
Stroke,
Asam urat, dan
Hipertensi.
Dari beberapa jenis penyakit di atas dapat kita simpulkan bahwa sebagian besar di pengaruhi oleh konsumsi makanan. Masyarakat sekarang gemar mengkonsumsi makanan – manakan tinggi lemak
seperti goreng – gorengan, junk food, makanan – makanan instan. Kandungan Junk food mengandung lemak jenuh (saturated fat), garam dan gula, serta bermacam-macam additive seperti monosodium glutamate dan tartrazine dengan kadar yang tinggi.
Oleh sebab itu daya tahan tubuh akan menurun dan meningkatkankan resiko penyakit ini terutama karena konsumsi lemak dan gula berlebih.
Pendekatan lain yang banyak diambil pemerintah di berbagai negara karena menguntungkan bagi pemerintah dalam penanggulangan Penyakit Degeratif adalah penerapan pajak tembakau, penggunaan garam pada makanan olahan, dan mengembangkan pola makanan sekolah
Sebagian masyarakat di Indonesia rajin mengkonsumsi kedelai bubuk sebagai therapy nutrisi untuk Penyakit Degeneratif, seperti hipertensi, strooke, diabetes dan kegemukan.
Full transcript