Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

AKUNTANSI KEWAJIBAN DAN EKUITAS DANA SKPD

No description
by

andy nugraha

on 27 November 2012

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of AKUNTANSI KEWAJIBAN DAN EKUITAS DANA SKPD

Jurnal Standar 2013 2009 2010 2011 2012 Team 0 + - = 9 8 7 1 2 3 4 5 6 c Ilustrasi Jurnal berikut akan berfokus pada kewajiban jangka pendek

karena kewajiban tersebutlah yang termasuk pada kewenangan SKPD Jurnal Pengakuan dan Pembayaran Utang PPh & PPN Jurnal Pengakuan dan Pembayaran Utang Belanja Jurnal Standar Utang Belanja Akuntansi Kewajiban dan Ekuitas Dana SKPD Andi Eka Murti (01) | Andy A. Nugraha (03) | M. Andika (22) | Thaariq Ahmadi (36) | Sam Wahyudi Junaib (32) PRESENTS.... 3 unsur pengertian kewajiban:
Utang
yang timbul dari peristiwa masa lalu
Yang penyelesainnya mengakibatkan pengorbanan sumber daya ekonomi di masa yang akan datang. Pengertian Kewajiban Penyebab munculnya kewajiban dlm konteks pemerintahan:
Penggunaan sumber pembiayaan pinjaman dari masyarakat
Karena perikatan dengan pegawai
Kepada masyarakat luas Kewajiban tunjangan
Gaji dan kompensasi Ganti rugi
Kelebihan setoran pajak dari wajib pajak
Kewajiban dengan pemberi jasa lainnya Kewajiban Jangka Pendek umumnya muncul di neraca SKPD, seperti:
Sisa uang persediaan
Pendapatan ditangguhkan
Utang belanja
Utang PFK* Kewajiban dibagi menurut jatuh tempo:
Jangka Pendek
Jangka Panjang Sedangkan Kewajiban Jangka Panjang biasanya muncul di neraca PPKD, seperti Obligasi Daerah
Karena kewenangan tersebut memang kewenangan PPKD Klasifikasi Kewajiban Pengukuran dan Pengakuan Akuntansi Kewajiban Pengukuran Akuntansi Kewajiban Secara umum kewajiban diakui dengan basis akrual.
Kewajiban diakui jika besar kemungkinan bahwa pengeluaran sumber daya ekonomi akan dilakukan untuk menyelesaikan kewajiban yang ada saat ini, dan perubahan atas kewajiban tersebut mempunyai nilai penyelesaian yang dapat diukur dengan andal.
Kewajiban diakui pada saat dana pinjaman diterima atau pada saat kewajiban timbul. Pengakuan Akuntansi Kewajiban Kewajiban dicatat sebesar nilai nominal.
Kewajiban dalam mata uang asing dijabarkan dan dinyatakan dalam mata uang rupiah. Penjabaran mata uang asing menggunakan kurs tengah bank sentral pada tanggal neraca. Aset = Kewajiban + Ekuitas dana
Ekuitas Dana = Kekayaan Bersih
Berdasarkan persamaan dasar akuntansi tersebut dapat diambil dari pengertian ekuitas dana yaitu sebagai kekayaan bersih pemerintah yang merupakan selisih antara aset dan kewajiban pemerintah Ekuitas Dana KLASIFIKASI
Ekutas dana diklasifikasikan menjadi
Dalam SKPD tidak terdapat ekuitas dana adangan karena pembetukan aset berupa dana cadangan merupakan kewenangan PPKD Ekuitas dana lancar adalah selisih antara aset lancar dan kewajiban jangka pendek
Ekuitas dana lancar terdiri dari:
Silpa
Cadangan Piutang
Cadangan Persediaan
Dana yang disediakan untuk pembayaran utang Jangka pendek Ekuitas Dana Lancar Catatan:

Apabila Terdapat akun pendapatan yang ditangguhkan akan dilaporkan sebagai akun kewajiban jangka pendek di SKPD akan tetapi dalam neraca pemda akan dilaporkan dibawah kelompok Ekuitas dana lancar . Akun pendapatan ditangguhkan merupakan akun pasangan dari saldo akun kas di Bendahar penerimaan yang muncul dalam neraca akhir tahun Ekuitas Dana Investasi mencerminkan kekayaan pemerintah yang tertanam dalam investasi jangka panjang, aset tetap, dan aset lainnya, dikurangi dengan kewajiban jangka panjang. Ekuitas Dana Investasi Dana yang Harus Disediakan untuk Pembayaran Utang Jangka Panjang, merupakan akun pasangan dari kewajiban jangka panjang. Diinvestasikan dalam Aset Tetap merupakan akun pasangan dari Aset Tetap. Diinvestasikan dalam Aset Tetap merupakan akun pasangan dari Aset Tetap. Diinvestasikan dalam Investasi Jangka Panjang, yang merupakan akun pasangan dari Investasi Jangka Panjang. Ekuitas Dana Investasi terdiri dari: Ekuitas Dana Cadangan mencerminkan kekayaan pemerintah yang dicadangkan untuk tujuan tertentu sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Jumlah yang tercantum pada akun ini sama dengan jumlah yang tercantum pada aset berupa Dana Cadangan. Seperti telah dijelaskan di atas bahwa ekuitas dana cadangan tidak akan ada di dalam neraca SKPD, melainkan di neraca Pemda. Namun demikian, apabila pemda tidak membentuk dana cadangan maka tentu saja jumlah ekuitas dana cadangan pun nihil. Ekuitas Dana Cadangan Jurnal yang menyangkut akun-akun kelompok Ekuitas Dana Lancar antara lain berkaitan dengan jurnal penyesuaian untuk mengakui saldo akhir piutang, persediaan.
jurnal yang menyangkut akun-akun kelompok Ekuitas Dana Diinvestasikan antara lain berkaitan dengan jurnal korolari untuk mencatat perolehan aset tetap, penghapusan, dan penyusutan aset tetap, serta perolehan/penghapusan aset lain-lain. Jurnal Ekuitas Dana Sebagaimana telah dijelaskan di atas, perlu diingat kembali, bahwa SKPD tidak memiliki kewenangan untuk melakukan investasi maupun pembentukan dana cadangan, karena hal itu merupakan kewenangan PPKD. Oleh karena itu, di dalam akuntansi ekuitas dana SKPD tidak akan terdapat jurnal yang berkaitan dengan akun ‘Diinvestasikan dalam Investasi Jangka Panjang‘ maupun ‘Diinvestasikan dalam Dana Cadangan‘. Kelompok 1 Akuntansi kewajiban Prinsip Akuntansi kewajiban Jurnal pada saat memotong atau memungut PPh-PPN dari belanja yg dibayarkan adalah: Sedangkan jurnal pada saat menyetorkan PPh-PPN ke Kas Negara adalah: Contoh: Terdapat tagihan bulan Desember 2010 yg belum dapat dibayar sampai dengan akhir tahun anggaran.

Jurnalnya adalah sebagai berikut: ... Jurnal Standar Pembayaran Utang Belanja Contoh: Misal, pada Januari 2011, Utang belanja telpon tersebut dibayarkan.

Jurnalnya adalah sebagai berikut: ... Akuntansi Ekuitas Dana SEKALI KUIS TETEP....KUIS.......!!!!!!!!!
Full transcript