Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Presentasi BEM Keperawatan Unsoed

No description
by

Nur Fitri Margaretna

on 13 October 2012

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Presentasi BEM Keperawatan Unsoed

Rizka Amalia Fulinda
Rachman Fadhilla
Nur Fitri Margaretna jumlah penderita DM di Indonesia pada tahun 2000 terdapat 8,4 juta orang, jumlah tersebut menempati urutan keempat terbesar di dunia PENDAHULUAN Ulkus Diabetik TINJAUAN PUSTAKA PEMBAHASAN prevalensi DM di Indonesia mencapai 1,5 – 2,3% pada penduduk yang berusia lebih dari 15 tahun. Di daerah perkotaan, prevalensi DM mencapai 15% dari keseluruhan total penduduk, sedangkan di daerah pedesaan mencapai 7% Prevalensi penderita ulkus diabetik di Indonesia mencapai angka 15%. Dari angka tersebut, 30% penderita harus menjalani amputasi dan 32% sisanya berakhir dengan mortalitas Latar Belakang Rumusan Masalah Bagaimana mekanisme Maggot Debridement Therapy sebagai alternatif pengobatan luka modern?
Bagaimana tingkat keefektifitasan Belatung dapat memakan jaringan nekrotik dan menghilangkan bakteri patogen Tujuan Penulisan Mengenalkan potensi lain belatung yang belum banyak diketahui.Memberikan solusi alternatif untuk pengobatan luka modern yang lebih alami, aman, dan terjangkau.
Manfaat Penulisan Manfaat bagi mahasiswa
pengetahuan
media pengembangan
Manfaat bagi masyarakat
pengetahuan
wawasan
Manfaat bagi universitas
citra positif
pengetahuan
salah satu bentuk komplikasi kronik DM berupa luka terbuka pada permukaan kulit yang dapat disertai adanya kematian pada jaringan setempat Manajemen Perawatan Luka Luka akut
Luka kronis
Ulkus diabetes
ulkus tekanan
ulkus vena Maggot Debridement Therapy Maggot Debridement Therapy (MDT) merupakan aplikasi prinsip-prinsip debridemen yang memanfaatkan belatung.
Tujuannya adalah untuk membersihkan jaringan nekrotik tersebut dan mendesinfeksi luka, karena belatung dapat mengkonsumsi jaringan nekrotik dan membersihkannya
Terapi larva dilaporkan dapat mengurangi luas area jaringan nekrotik pada luka sebanyak 50% dalam waktu sembilan hari. Kemudian, dalam waktu dua minggu luas area jaringan nekrotik pada luka tinggal 7% dan dalam empat minggu seluruh jaringan nekrotik telah tereliminasi secara keseluruhan Pengumpulan Data METODE PENULISAN pengkajian bahan-bahan bacaan dalam buku, skripsi, jurnal, jurnal elektronik, dan literatur-literatur lainnya yang berkaitan dengan ulkus diabetik, manajemen luka modern, dan Maggot Debridement Therapy. Pengolahan Data Melalui bahan-bahan bacaan di atas, dilakukan pengkajian, penyeleksian, dan pencarian solusi atas masalah yang dihadapi, serta penarikan kesimpulan Kerangka Pemikiran Kesimpulan SIMPULAN DAN SARAN Saran Perlu diadakan penelitian lebih lanjut terutama untuk mengetahui ada atau tidaknya efek samping MDT terhadap flora dan jaringan normal di sekitar luka
Perlunya sosialisasi kepada pemerintah, tenaga kesehatan, dan peneliti mengenai potensi pemanfaatan belatung dalam terapi MDT Sebagai alternatif pengobatan pada pasien ulkus diabetik.
1.Ulkus diabetik adalah salah satu komplikasi diabetes yang paling sering terjadi dan hingga saat ini masih sering menyebabkan kematian.
2.Maggot Debridement Therapy (MDT) adalah salah satu alternatif terapi ulkus diabetik karena belatung yang dimanfaatkan untuk terapi ini akan mengeluarkan sekret yang berfungsi sebagai desinfeksi bakteri dan dapat memacu granulasi jaringan.
3.Pengembangan MDT secara luas dapat memberikan prospek cerah dalam dunia kedokteran modern sebagai salah satu terapi pada pasien ulkus diabetik yang efisien dan alami. TINJAUAN MEDIS PENGAPLIKASIAN MAGGOT DEBRIDEMENT THERAPY DALAM STRATEGI TERAPI ULKUS DIABETIK Pada MDT, larva Lucilia sericata akan mengeliminasi jaringan nekrotik pada luka secara mekanis dan kimiawi dengan menggunakan tiga kelas enzim proteolitik yang telah teridentifikasi di dalam zat yang diekskresi belatung.
Zat tersebut memiliki efek penghambat pada bakteri gram negatif maupun bakteri gram positif termasuk bakteri Staphylococcus aureus, Methicilin-sensitive Staphylococcus aureus, Escherisia coli, dan Pseudomonas aeruginosa.
Selain itu, larva juga mengekskresikan amonia yang dipercaya mengubah pH luka sehingga bakteri tidak dapat tumbuh Terdapat dua metode aplikasi dari MDT. Pertama adalah freely crawling maggots yang dapat digunakan pada luka (wound bed) dan ditutup oleh sebuah jaring nilon
Pada metode yang kedua, larva dimasukkan di dalam biobag khusus yang mengandung alkohol polivinil
TERIMAKASIH :D
Full transcript