Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Copy of Implementasi Modul SAP pada PT.Telkomsel

No description
by

Elizabeth Oktavia

on 3 June 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Copy of Implementasi Modul SAP pada PT.Telkomsel

The Final Presentation Source:
http://andronpurnomo.blogspot.com Thank you for your attention! Kiki Anastasia Endah Dewi – 22104861
Anthony Febrian Suminto – 22104951
I Komang Tisna – 22104953
Auxentius – 22104927
Pranatha Halim - 22104937
Tahun 2001, pemerintah membuka peluang investasi untuk bidang telekomunikasi dengan hak 100 % kepemilikan atas equitas pada bisnis telekomunikasi.

Pada era sebelumnya pertelekomunikasian di Indonesia dikuasai oleh duopoly BUMN yaitu PT Telkom dan PT Indosat.

Dibukanya peluang bagi pemodal asing untuk masuk dalam percaturan bisnis pertelekomunikasian di Indonesia , membuat PT Telkom memasuki era persaingan yang lebih terbuka dan kompetitif dari sebelumnya.
Arsitektur Teknologi Informasi
Final Presentation Implementasi Modul SAP pada
PT.Telkomsel Sekilas tentang PT Telkomsel Misi dari Telkomsel saat ini adalah memberikan “one-stop infocom service” dengan kualitas yang tinggi, harga dan teknologi yang kompetitif, bersamaan dengan staf yang berkualitas dan menciptakan sinergi yang baik dengan para rekan bisnis. Misi Telkomsel Sejak tahun 2002 , Telkomsel IT Enterprise Team yang berlokasi di Bandung, telah menyiapkan pola dan bibit terbaik teknologi yang dapat mengakomodasi semua permintaan pasar telekomunikasi di Indonesia yang tumbuh dengan luarbiasa cepat.
Latar belakang Penerapan ERP(Enterprise Resource Planning) pada Telkomsel System yang tersedia diharapkan mampu mengimbangi pertumbuhan pelanggan baik fixed maupun selular.
System juga harus mampu menjalankan CRM ( customer relationship management ) sama baiknya dengan human resource dan aplikasi finansial. Latar belakang Penerapan ERP pada
Telkomsel Maka PT Telkomsel memutuskan untuk melakukan Upgrade pada system yang sudah dimiliki saat ini.

System yang baru harus scalable, intuitive ( mudah penggunaannya ) dan mampu menangani sekumpulan data penting dengan aman, dan yang terpenting adalah mudah untuk diatur dan digunakan. Latar belakang Penerapan ERP pada
Telkomsel ALASANNYA? Telkomsel memilih untuk menggunakan SAP R/3 Enterprise. Alasan – alasan yang mendasari pemilihan system SAP R/3 Enterprise adalah :
SAP R/3 Enterprise menawarkan “best price” , kemampuan yang handal, dan memiliki catatan prestasi pada bisnis telekomunikasi.

Kebutuhan untuk mentransformasi PT Telkomsel menjadi operator kelas dunia dengan sistem “benchmark” kelas dunia juga yang menawarkan peningkatan kualitas pada infrastruktur IT yang sudah ada sebelumnya dengan “zero defect process”. SAP R/3 Enterprise Penerapan Sistem Project team dibentuk pada awal 2002 dan time line dibuat

Total waktu pengembangan dan peralihan adalah 2 tahun dan project mulai dapat berjalan pada pertengahan 2004

Pada bagian pengendalian jarak jauh, area – area di Indonesia Telkom menambahkan 1Giga Byte fiber-optic Wide Area Network ( WAN ) backbone ( jaringan utama ) pada kantor – kantor cabang yang lebih kecil. Kendala yang dihadapi Proses belajar yang berbeda – beda dari tiap cabang menuntut dibentuknya team pendampingan khusus yang bertugas mendampingi cabang yang lambat perkembangannya.

Tenggang waktu untuk running system yang sangat pendek . Keuntungan yang Diperoleh PT Telkomsel dapat membuat forecasting dan estimasi dalam rangka analisa konsumen dengan lebih akurat.

Integrasi yang lebih baik dengan pelanggan dan vendor.

Bagi perusahaan sendiri , manfaat utama yang didapat adalah integrasi dari komponen – komponen yang ada di dalam perusahaan. Dengan penerapan modul tambahan dari PSA yaitu SAP HR dan SAP Project System , Telkomsel mampu membuat organisasi bisnisnya menjadi lebih efisien dan dapat mengurangi jumlah karyawannya yang diatas 3500 menjadi 2700 orang PT Telkomsel menerapkan sistem ERP berbasis SAP dengan tujuan meningkatkan integrasi antar unit – unit bisnis yang ada di dalam nya ( HR finance, marketing dan finance ) ERP juga memungkinkan Telkomsel untuk melakukan penghematan dan perampingan jumlah karyawan sehingga menghasilkan keuntungan berupa struktur yang lebih ramping , terintegrasi dan responsif terhadap perubahan.
Full transcript