Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Teori Sendi-sendi Pemerintahan

No description
by

Topan Rohmattulah

on 20 May 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Teori Sendi-sendi Pemerintahan

Teori Sendi-sendi Pemerintahan
a. Sendi-sendi Pemerintahan
Kesimpulan
Sendi-sendi pemerintahan negara Indonesia
Sendi-sendi pemerintahan negara indonesia berdasarkan sendi wilayah diselenggarakan atas tiga asas, yaitu asas desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas pembantuan. Namun dalam perubahan UUD 1945 pasal 18 ayat 2 ditegaskan bahwa pemerintahan daerah provinsi, daerah kabupaten dan kota mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan.
Di dalam pemerintahan daerah hanya ada pemerintahan otonomi. Prinsip baru dalam pasal 18 lebih sesuai dengan gagagsan daerah membentuk pemerintahan daerah sebagai satuan pelimpahan mandiri di daerah yang demokratis.
Adapun hubungan pemerintahan pusat dan daerah, pasal 18a ayat 1 misalnya, menegasakan “hubungan kewenangan antara pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di atur dengan undang-undang dengan memperhatikan kekhususan dan keragaman daerah”
Pasal 18B ayat 1 mengatakan : “Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di atur dalam Undang-Undang.

Teori Sendi Pemerintahan
kelompok 8
Sendi-sendi negara atau Die Gliederung des Staates dalam ilmu negara terbagi menjadi dua, yaitu:
1. Sendi keahlian (expertise)
Sendi keahlian berarti menyerahkan penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan Negara kepada ahli-ahli. Untuk ini dapat dilaksanakan secara horizontal yaitu; tugas-tugas pemerintahan dibagi dalam beberapa bidang yang kemudian diserahkan pengurusannya kepada para (menteri) dan hal ini menimbulkan beberapa lembaga keahlian penanganan tugas-tugas pemerintahan (departemen)
Pelaksanaan sendi keahlian selanjutnya ialah “membaginya secara vertical ke daerah-daerah Negara. Sehingga timbullah perwakilan-perwakilan di daerah mengenai penanganan tugas-tugas pemerintahan Negara dengan didasarkan pada prinsip keahlian.
Ada dua macam sendi keahlian yaitu:
a. Goverment by Official, yaitu pemerintahan dalam sistem pegawai negeri. horizontal
b. Goverment by Comitte yaitu pemerintahan dijalankan dengan sistem kepanitiaan.Vetical.

Faktor wilayah negara dibagi dalam dua bagian:
a.
Wilayah tugas atau Desentralisasi
Memahami arti desentralisasi yaitu penyerahan urusan pemerintahan dari pemerintah pada tingkat atas kepada daerah di bawahnya dan menjadi urusan rumah tangganya. Bahwa wilayah Negara dibagi dalam beberapa daerah besar dan kecil, yang mempunyai kewenangan menyelenggarakan sendiri kewenangan-kewenangan semacam yang di pemerintah pusat juga dalam batas-batas sebagai yang di atur dalam suatu undang-undang
Daerah semacam ini dinamakan “daerah otonom”. Ide desentralisasi politik ini juga diterapkan di bidang-bidang lain seperti: desentralisasi fungsional, desentralisasi cultural, desentralisasi teknis, dan desentralisasi kolaboratif.
b.
Wilayah jabatan (dekonsentrasi)
Wilayah jabatan (dekonsentrasi) adalah pelimpahan wewenang dari pemerintah atau wilayah atau kepala instansi vertikal tingkat atasnya kepada pejabat-pejabatnya di daerah untuk mengurus tugas-tugas tertentu yang disertai hak untuk mengatur, dan membuat keputusan dalam masalah tertentu, pertangggung jawaban terakhir tetap pada badan pemerintah yang bersangkutan
2. Sendi Wilayah (teritorial)
Sendi-sendi dapat berarti metode, cara yang teratur (untuk melakukan sesuatu).Untuk mencapai keteraturan, sistem menghendaki adanya bagian-bagian terorganisir yang bulat sekaligus menyeluruh guna menjalankan sebuah fungsi. Dengan begitu, sendi-sendi pemerintahan di artikan dengan dibahas mengenai cara apa yang dipakai penguasa dalam menyelenggarakan pemerintahan. Hingga akhirnya sendi-sendi pemerintahan tersebut di bagi dalam dua bentuk yaitu sendi keahlian dan sendi wilayah.
Full transcript