Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Pengertian dan Cara kerja Flash Memory

No description
by

Yunus Firdaus

on 29 May 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Pengertian dan Cara kerja Flash Memory

Pengertian dan Cara kerja Flash Memory
(Flashdisk, MicroSD & Chip)
Tugas Metodologi Penelitian
Disusun oleh :
1. Yunus
2. M. Ridwan Perkasa P.

Bagian-Bagian Cara Kerja Setiap Komponen
1 Konektor USB
2 Perangkat Pengontrol Penyimpanan
3 Poin Tes (Titik-titik Percobaan)
4 Chip Flash Memory
5 Oscillator Kristal
6 Lampu Indikator
7 Write-Protect Switch
8 Ruang untuk Flash memory ke 2
Jenis dan Ukuran Memory SD
SD Memory Card
. Jenis memori yang paling populer ini memiliki kapasitas mulai dari 8 MB hingga yang tertinggi 4 GB, dengan format FAT16. Memori berukuran 24 x 34 mm dan ketebalan 2 mm ini dinamai secure (aman) karena telah memiliki Content Protection for Recordable Media (CPRM) untuk mencegah pembajakan media dan adanya Write-Protect tab yang mencegah penghapusan isi memori secara tidak sengaja.
Pengertian Flash Memory
Flash Memory
adalah media penyimpanan yang berjenis “non-volatile” yang berarti tidak memerlukan power untuk menjaga keberadaan data. Flash Memori hampir sama dengan
EEPROMC
(Electrically Erasable Programmable ROM)
Kapasitas memorinya pun beragam, mempunyai kemampuan transfer data untuk penulisan mencapai 88 Mbps sedangkan untuk pembacaan mencapai 5 Mbps. Para ilmuan membuatnya menjadi sistem penyimpan data portabel, mirip disket, maka sering disebut
Flash Disk
.
Pengertian
Flash Disk

Flashdisk
adalah media penyimpan dari floppy drive B jenis lain yang umumnya mempunyai kapasitas memori 128 MB s/d 64 GB, dengan menggunakan interface jenis USB (Universal Serial Bus), sangat praktis dan ringan dengan ukuran berkisar 96 x 32 mm dan pada bagian belakang bentuknya agak menjurus keluar.
1 Konektor USB
Konektor ini berfungsi untuk menghubungkan peripheral yang terdapat di dalam flashdisk ke port USB untuk kemudian diakses oleh System Operasi
MENGENAL APA ITU
SD CARD, MICRO SD, DAN SDHC
• "Apa sih Micro SD itu?"
• "Bedanya apa sih Micro SD sama SD Card itu?"
• "Biasanya ada penjual yang menawarkan memory Micro SD menggunakan media adaptor. Apaan itu ya?"
• Memory Micro SD sama Memory SDHC, bedanya apaan yah? Terus kok ada pakai Class juga?"
• Dan berbagai pertanyaan-pertanyaan lain yang ada di benak konsumen.

2. Perangkat Pengontrol Penyimpanan
Pengontrol penyimpanan memory ini berfungsi mengontrol dan menyediakan penghubung ke alat Flashdisk yang bertugas menjaga kesetabilan perangkat. Pengontrol berisi suatu RISC mikro prosesor berukuran kecil dan hampir sama pada RAM
5. Oscillator Kristal
Perangkat ini menghasilkan 12 MHz sinyal dari perangkat utama dan mengendalikan keluaran data perangkat sampai sebuah tahap penguncian.
3. Poin Tes
(Titik-titik Percobaan)
Point test ini berkerja selama perangkat mengecek dan mengirimkan kode ke microprocessor
4 Chip Flash Memory
bagian ini merupakan tempat penyimpanan data, Chip ini tidak jauh berbeda dengan EPROM, tetapi EEPROM datanya dapat dihapus.
6. Lampu Indikator
Lampu indikator berfungsi untuk menandai
adanya transfer data atau adanya
data yang dibaca dan juga data yang ditulis.
7. Write-Protect Switch
Fungsi ini menandai apakah perangkat ada di dalam mode
“write protection”
atau tidak.
8. Ruang untuk Flash Memory Ke-2
Fungsi ini menyediakan ruang kosong untuk tambahan satu flash memory dan dapat digunakan untuk menyimpan data lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan.
PENGERTIAN SD CARD
SD Card merupakan storage yg dulu biasa digunakan pada kamera digital, namun sekarang mulai digunakan untuk menyimpan data pada komputer, beriringan dengan flashdisk. Pada tahun 2001 SanDisk Corporation, Matsushita (Panasonic) dan Toshiba memperkenalkan SDCard atau Secure Digital.

Satu-satunya perbedaan antara SD Card dengan Multi Media Card (MMC) yaitu SD Card sedikit lebih tebal dan memiliki write protection switch, serta memiliki bentuk seukuran perangko, sedangkan Multi Media Card (MMC), bentuknya lebih tipis dari SD Memory Card dapat digunakan di semua slot SD Memory Card.
MiniSD dan MicroSD Memory Card
. Dengan ukuran memori miniSD yang kecilnya hanya 20 x 21,5 mm dan microSD dengan ukuran 11 x 15 mm, memori jenis ini memang cocok untuk dipasang di ponsel atau MP3 player. Bagi yang ingin memakai memori miniSD / microSD pada peranti yang memiliki slot SD, maka diperlukan sebuah adapter (biasanya disertakan saat membeli miniSD / microSD).
SDHC Memory Card.
SDHC (Secure Digital High Capacity) adalah pengembangan selanjutnya dari SD card yang meski tidak merubah bentuk dan desain, namun kini kecepatan dan kinerjanya telah ditingkatkan dengan memakai format FAT32. Micro SD adalah salah satu jenis format memory flash yang diluncurkan tahun 2005 , sedangkan Micro SDHC diluncurkan tahun 2007. SDHC card memiliki kapasitas mulai dari 4 GB hingga 32 GB. Untuk urusan kompatibilitas, satu hal yang perlu diingat bahwa bila perangkat kita telah mampu mendukung memori jenis SDHC, maka ia akan tetap kompatibel dengan memori SD biasa. Namun sebaliknya, jangan gunakan memori SDHC pada perangkat lama yang hanya mampu mengenali memori SD card.
PERBEDAAN
SD CARD DAN MICRO SD

Micro SD atau Trans Flash pada dasarnya adalah SD Card ukuran micro, mengenai perbedaan antara keduanya adalah dari fisik dan konsumsi daya. Pada portable devices tertentu Micro SD bisa difungsikan sebagai SD Card dengan penambahan adaptor Micro SD
PERBEDAAN MICRO SD dan MICRO SDHC
Perbedaan dari Micro SD biasa dengan Micro SDHC adalah Micro SDHC memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar, HC sendiri adalah singkatan dari High Capacity. Micro SD biasa memiliki kapasitas penyimpanan maksimal sebesar 2 GB sedangkan penyimpanan maksimal dari Micro SDHC secara teori dapat mencapai 2TB. Kapasitas penyimpanan paling besar dari Micro SDHC saat ini adalah 32 GB. Besarnya kapasitas penyimpanan dari Micro SDHC disebabkan metode penyimpanan datanya menggunakan metode sector adressing (FAT32). Sedang Micro SD biasa menggunakan metode byte adressing (FAT).

SDHC (Secure Digital High Capacity) card dan segala variannya (termasuk microSDHC) adalah versi baru dari SD-card (dan termasuk juga microSD).
Kelebihan SDHC dibanding SD adalah di kapasitas SDHC yg bisa mencapai 32GB sedangkan (kapasitas SD card standar hanya mencapai 4GB).
SDHC (Secure Digital High Capacity) adalah pengembangan dari SD card. bentuk dan desain SDHC sama kyk SD. Bedanya dikecepatan dan kinerja, SDHC lebih unggul dari SD, kapasitasnya juga beda; SDHC 4 GB - 32 GB, sedangkan SD 512 MB - 4 GB.

Membedakan Class
Melihat Class dari Micro SDHC cukup mudah dengan melihat icon lingkaran yang membentuk huruf C dan didalamnya ada angka yang menunjukkan Class dari Micro SD tersebut. Class dari Micro SD menandakan kecepatan dari Micro SD tersebut, dalam besaran MB/s :
Class 0 > tidak memiliki kemampuan transfer rate minimum yang spesifik.
Class 2 > memiliki kemampuan transfer rate minimum 2 MB/s, kecepatan paling rendah untuk Micro SDHC.
Class 4 > memiliki kemampuan transfer rate minimum 4 MB/s.
Class 6 > memiliki kemampuan transfer rate minimum 6 MB/s.
Class 10 > memiliki transfer rate kemampuan minimum 10 MB/s.
Full transcript