Prezi

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in the manual

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Peranan Ilmu Kimia

No description
by Tri Wahyuni on 1 August 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Peranan Ilmu Kimia

Peran Ilmu Kimia
"Manfaat Dan Dampak"
Peran Ilmu Kimia di Berbagai Bidang

Ilmu kimia mempunyai peran yang begitu luas sehingga menempati posisi di antara ilmu ilmu lainnya seperti biologi, kedokteran, geologi, kedokteran, pertanian, dll. Keterkaitan ilmu kimia dengan ilmu lainnya, telah melahirkan cabang dalam ilmu kimia. Contohnya biokimia dan geokimia.
Manfaat yang lebih jauh dari belajar kimia adalah untuk mengubah bahan alam menjadi produk yang lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan kita, misalnya pembuatan sabun dari minyak sawit.

Percobaan Mendeteksi Kandungan Gula Pada Makanan
Kelompok 5 :
-Rizal Maulana Ramdhan
-Hidra Kris I.
-Aditya Ramadhan
-M. Taufik Aldianto
-Tri Wahyuni
-Salsabila
-Ega Megawati

Kedokteran dan Farmasi
Teknologi
Geologi
Pertanian
Biologi
Contoh para dokter menggunakan ilmu kimia untuk mempelajari genetika guna pengembangan metode pengobatan kesehatan seperti uji kesehatan, serta pembuatan materi seintetis pengganti tulang dan gigi.
Contoh lagi tentang obat yang digunakan para dokter. Obat itu dibuat dengan bantuan ilmu kimia, yang membutuhkan percobaan.
Namun di balik manfaat itu, terdapat dampak negatif, yaitu limbah limbah dari obat atau alat dapat mencemari lingkungan.

Contohnya lemari es. Lemari es banyak digunakan masyarakat untuk menyimpan makanan dan minuman supaya tetap dingin. Namun ternyata lemari es menimbulkan dampak negatif, yaitu mengeluarkan gas CFC yang dapat merusak lapisan ozon.
Contoh lagi tentang kendaraan. Kendaraan menggunakan bahan bakar yang didapat dari hasil olahan minyak bumi. Namun kendaraan juga dapat menimbulkan gas asap yang dapat mencemari lingkungan.
Bidang biologi khusus mempelajari tentang makhluk hidup (hewan dan tumbuhan). Proses kimia yang berlangsung dalam makhluk hidup meliputi pencernaan makanan, pernapasan, metabolisme, fermentasi, fotosintesis, dan lain-lain.
Untuk mempelajari hal tersebut, diperlukan pengetahuan tentang struktur dan sifat senyawa yang ada.
Contohnya kandungan bisa yang dikeluarkan ular, enzim enzim pada tubuh kita, atau kandungan nectar yang dikeluarkan oleh bunga.
Peran ilmu kimia dalam bidang ini untuk membantu memahami serta mengerti temuan para peneliti tentang bebatuan atau “benda-benda” alam. Untuk mengidentifikasi jenis bebatuan diuji di laboratorium. Seperti kandungan yang terdapat pada batu.
Cara mengolah bahan tambang atau minyak bumi, dibantu oleh ilmu kimia. Contohnya minyak bumi dan batu bara diolah menjadi bahan bakar, bijih tembaga diolah menjadi kawat.
Manfaat dan bahaya penggunaan pupuk dan pestisida harus dipahami sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penggunaannya. Beberapa dari pupuk dan pestisida adalah “produk” dari ilmu kimia. Seperti pupuk urea dan DDT
Produk ilmu kimia seperti pupuk urea yang dibuat dan diuji oleh para ahli ilmu kimia. Namun bila digunakan berlebihan dapat mencemari lingkungan.
DDT adalah insektisida yang digunakan untuk memberantas nyamuk dan hama tanaman. Akan tetapi, senyawa itu ternyata persisten (stabil, sukar diuraikan). Demikian juga halnya dengan berbagai produk kimia lain
See the full transcript