Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

FILOSOFI

No description
by

Erwin Herdianto

on 11 December 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of FILOSOFI

FILOSOFI
BENTUK BANGUNAN


Merupakan media perantara untuk menyatu dengan tuhan, sebagai tujuan akhir kehidupan (sangkan paraning dumadi), berdasarkan pada kedudukan manusia sebagai seorang individu, anggota keluarga, dan anggota masyarakat .

Nilai filosofis joglo merepresentasikan etika jawa yang menuntut setiap orang jawa untuk memiliki sikap batin yang tepat, melakukan tindakan yang tepat, mengetahui tempat secara tepat, dan memiliki pengertian yang tepat dalam kehidupan.

• Rumah joglo pertama kali didirikan sekitar tahun 1835 sebagai rumah tinggal.

• Rumah Joglo juga digunakan sebagai tempat bermusyawarah, hal keagamaan, dan beberapa fungsi lainnya.

• Joglo merupakan rumah adat yang memiliki struktur bangunan yang baik. Dengan bagian rangka atap yang tidak struktural tetapi memiliki kekuatan yang cukup kokoh dengan 4 pilar pondasi yang digunakan sebagai pusat dari kekuatan struktur rumah adat joglo.


Bahan Bangunan
• Untuk Bagian Atap
 Genting terbuat dari tanah liat
 Kerangka atap utama yang berbentuk persegi panjang
 Seperti piramid terbuat dari kayu jati
 Untuk kerangka atap lainnya terbuat dari kayu kaso

• Untuk Bagian Badan dan Pondasi
 Tiang sakaguru terbuat dari kayu jati yang kokoh, yang biasanya berusia ratusan tahun
 Tiang sakapenanggap terbuat dari kayu jati
 Untuk pintu jendela dan dinding juga terbuat dari kayu jati
 Umpak terbuat dari batu/semen
 Alas dari pondasi terbuat dari tanah yang ditinggikan dan diratakan


Hirarki
Pengaruh agama islam yang berbaur dengan Animisme, agama hindu, dan agama budha pada masyarakat jawa timur yang masih mengakar kuat membawa pengaruh dalam arsitektur rumah adatnya yang kentara dengan filsafat sikretismenya.

Dalam rumah adat joglo, kita akan melewati sebuah pintu yang memiliki hiasan sulur gelung atau makara. Hiasan ini ditunjukan untuk tolak balak.

Kamar tengah merupakan kamar sakral. Didalam kamar terrdapat tempat tidur atau katil yang dilengkapi dengan bantal guling, cermin, dan sisir dari tanduk. Dilengkapi dengan lampu yang menyala siang dan malam yang berfungsi sebagai pelita, serta ukiran yang memiliki makna sebagai pendidikan rohani, hal ini masih dalam pengaruh hindu dan budha.

Rumah adat joglo menyiratkan kepercayaan kejawen masyarakat jawa yang berdasarkan sikretisme, keharmonisan hubungan antara manusia dengan sesamanya “kawulo” dan “gusti” serta hubungan antara manusia dengan lingkungan alam disekitarnya “microcosmos” dan “macrocosmos”, tercermin pada tata bangunan yang menyusun rumah joglo.

Bentuk
 Bentuk atapnya yang mencorong keatas, dilihat dari bagian depan rumah maka atapnya ini akan berbentuk trapesium dan jika dilihat dari sisi kanan atau kirinya maka atap ini akan berbentuk segitiga yang mengambil stilasi bentuk sebuah gunung, terdiri dari soko guru berupa empat tiang utama penyangga struktur bangunan serta tumpang sari yang berupa susunan balok yang disangga soko guru.

 Bentuk rangka atapnya yang tertopang soko guru berupa persegi. Pada bagian alas pondasi tanahnya lebih di tinggikan sehingga lebih tinggi daripada tanah disekitarnya.

Warna
Warna Bangunan secara keseluruhan umumnya berwarna cokelat.
Dinding yang terbuat dari kayu, berwarna cokelat tua.
Pondasi dan struktur rangka bangunanya berwana cokelat terang.
Untuk ukiran-ukiran berwana bebas
SISTEM STRUKTUR
Orientasi
Atap
Badan
Pondasi
ATAP
BADAN & Pondasi
Kehidupan manusia, bahwa kehidupan semakin sukses ( berada diatas) maka cobaan pun akan semakain berat, semakin kuat diterpa angin, dan selalu rawan untuk jatuh apabila tidak hati-hati.
Pengertian dari ruangan – ruangan rumah Joglo :

A. Senthong Kiwa ( Kiri ) : Kamar yang di khususkan pengantin perempuan untuk berdandan


B. Senthong Tengah : Kamar yang di khususkan untuk memohon doa kepada dewa/dewi
- Rangka batang terbuat dari kayu Kaso, Reng, / Gording dan tanpa plafond.
- Atap terbuat dari tanah liat yang dikeringkan
C. Senthong Tengen ( Kanan ) : Kamar yang di khususkan untuk pengantin lelaki untuk berdandan
4 Tiang utama rumah Joglo disebut SAKAGURU. Tiang Sakaguru mempunyai filosophi sebagai kehidupan manusia, yaitu air , tanah , api , udara. Tanpa ada nya 4 elemen tersebut, manusia tidak akan bisa bertahan hidup
Denah & Fungsi
1. Pendapa
Terdapat pada rumah-rumah kepala desa dan para bangsawan ( keraton) yang digunakan sebagai tempat perkumpulan orang banyak.

2. Pringgitan
Digunakan seperti halnya teras-teras pada rumah umumnya.

3. Omah-Njero
a. Senthong-Kiwa :
Kamar yang terletak di sisi kiri yang di khususkan pengantin perempuan untuk berdandan
b. Senthong-Tengah :
Kamar yang di khususkan untuk memohon doa kepada dewa/dewi
c. Senthong Tengen :
Kamar yang terletak di sisi kanan dan di khususkan untuk pengantin lelaki untuk berdandan.

4. Gandhok
a. Gandhok Kiwa ( Dempul Kiri ) : Kamar yang di khususkan untuk tempat tidur kakek dan nenek
b. Gandhok Tengen ( Dempul Kanan ) : Kamar yang di khususkan untuk tempat tidur orang tua dan anak

5. Dapur (pawon) terletak di sebelah kiri rumah belakang (omah buri), tempat memasak. Lesung, rumah tempat menumbuk padi. Terletak di samping kiri atau kanan rumah belakang (pada umumnya terletak di sebelah belakang). Kadang-kadang terdapat lesung yang terletak di muka pendapa samping kanan.


• Untuk gaya-gaya dari atas disalurkan melalui rangka atap, kemudian diteruskan ke kolom dan balok, lalu diteruskan ke fondasi untuk dilepaskan ke tanah.




• Untuk gaya-gaya dari samping, seperti gempa, angin, dan sebagainya, gaya-gayanya di transfer ke kolom dan balok.
Penyaluran Gaya
Rumah joglo berdenah bujur sangkar mempunyai empat pokok tiang di tengah yang di sebut saka guru, dan digunakan blandar bersusun yang di sebut tumpangsari. Blandar tumpangsari ini bersusun ke atas, makin ke atas makin melebar.

Perkembangan selanjutnya, diberikan tambahan-tambahan pada bagian-bagian samping, sehingga tiang di tambah menurut kebutuhan. Selain itu bentuk denah juga mengalami perubahan menurut penambahannya. Perubahan-perubahan tadi ada yang hanya bersifat sekedar tambahan biasa, tetapi ada juga yang bersifat perubahan konstruksi.

Saka guru berfungsi menahan beban diatasnya yaitu balok tumpang sari dan brunjung, molo,usuk,reng dan genteng.Saka guru berfungsi sebagai konstruksi pusat dari bangunan Joglo karena letaknya ditengah bangunan tersebut.

“Umpak”. Ciri khas dari pondasi ini adalah tampilan dan posisi pondasi yang berada diatas tanah bukan berada di dalam tanah. Pondasi ini dapat terlihat dengan mata telanjang.


Bagian badan dari rumah joglo adalah interior dari rumah joglo itu sendiri, yaitu tatanan secara keseluruhan segala sesuatu yang berada di bawah lingkup struktur joglo. Dianalogikan sebagai “hidup”, maka nilai filosofis interior joglo dapat dianalogikan pula sebagai nilai filosofis kehidupan bagi orang jawa, yaitu merepresentasikan suatu usaha dalam mencapai kesempurnaan hidup untuk mempersiapkan diri menuju kepada tuhan.


Rumah Joglo

Masyarakat jawa timur yang menempati rumah joglo biasanya memiliki sumur di sekitar rumah sebagai sumber air yang digunakan untuk memasak, mandi, mencuci baju dan beberapa hal lainnya. Tetapi masyarakat jawa juga masih memanfaatkan kali sebagai sumber air, seperti untuk buang air besar, juga untuk rumah rumah yang belum memiliki sumur biasanya kali digunakan pula untuk mecuci baju, mandi dan sebagainya

Sistem Keairan
Terima Kasih
Full transcript