Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Tugas Biologi

No description
by

Panji Gemilang

on 21 April 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Tugas Biologi

Cnidaria
Filum Cnidaria dan Ctenophora termasuk kelompok hewan Coelenterata (Yunani, coelenteron = rongga) yaitu hewan invertebrata yang memiliki rongga tubuh sebagai alat pencernaan makanan (gastrovaskuler. Cnidaria memiliki alat sengat untuk pertahanan diri dan menangkap mangsanya . Cnidaria termasuk eumetazoa karena tubuhnya sudah tersusun oleh jaringan sejati *video
1. Cara Hidup dan Habitat Cnidaria
Cnidaria sebagian besar hidup bebas di air laut dan hanya beberapa spesies yang hidup di air tawar . Mereka hidup di perariran dangkal, secara berkloni atau soliter .
2.Ciri-ciri Tubuh Cnidaria
a. Ukuran tubuh
Ukuran tubuh bervariasi, ada yagn beberapa milimeter, contohnya Hydra . ada pula yang berukuran besar hingga berdiameter 2m, misalnya Cyanea capillata.

b. Bentuk Tubuh
Tubuh Cnidaria berbentuk simetri radial. Bentuh tubuh Cnidaria dapat dibedakan menjadi polip dan medusa. Polip berbentuk silindris yang memilki dua ujung, yaitu ujung yang satu sebagai oral (mulut) yang dikelilingi tentakel, sedangkan ujung lainnya sebagai aboral yang menempel pada substrat . Medusa berbentuk seperti lonceng, payung atau mangkok terbalik, dimana bagian cembung mengarah ke atas, sedangkan bagian cengkung yang memiliki mulut dan tetakel mengarah ke bawah.

c. Struktur dan fungsi tubuh Cnidaria
Tubuh Cnidaria terdiri dari tiga lapisan, yaitu sebagai berikut :

1. Epidermis
lapisan tubuh yang paling luar berfungsi sebagai lapisan pelindung. Tersusun dari 5 macam sel, yaitu sel epitel otot, sel interstisial, sel knidosit, sel kelenjar lendir dan sel saraf indra.
2. Mesoglea
rongga yang berisi bahan seperti gelatin dan tidak mengandung sel-sel.
3. Gastrodermis/Endoderm
lapisan tubuh bagian dalam yang berfungsi sebagai pencernaan. Terdiri atas beberapa macam sel, yaitu sel otot pencerna berflagela, sel kelenjar enzim dan sel kelenjar lendir.

3. Fisiologi Cnidaria
A. Pergerakan
Pergerakan terjadi karena kontraksi otot. Polip hanya dapat bergerak meliuk-liuk, sedangkan medusia dapat berenang bebas dengan cara berdenyut akibat kontraksi otot melingkar. gerakan yang di hasilkan searah vertikal, sedangan gerakan horizontal bergantung pada arus laut
B. Cara mencerna makanan
Makanan masuk ke dalam mulut dengan bantuan tentakel, kemudian masuk ke rongga gastrovaskuler. di dalam nya terdapat semacam enzim tripsin untuk mencerna protein. makanan akan hancur dan kemudian diaduk hingga merata oleh gerakan flagela. pencernaan dilanjutkan secara intraseluler. sari makanan hasil pencernaan makanan akan di edarkan keseluruh tubuh lalu sisa sari makanan akan dibuang melalui mulut, karena cnidaria tidak memiliki anus.
C.Pernapasan dan eksresi
Cnidaria tidak memiliki alat pernapasan dan ekskresi. pertukaran gas dan pembuangan sisa metabolisme dilakukan oleh seluruh permukaan tubuhnya secara difusi.
Siklus hidup Obelia sp.
5. Klasifikasi Cnidaria
a. Hydrozoa

Sebagian besar hidup di laut, hanya sebagian spesies hidup di air tawar. Hydrozoa hidup sebagai polip, medusa atau keduanya.
Hydrozoa memiliki dua macam alat indra, yaitu
oseli
sebagai pengindra cahaya dan
statosista
sebagai alat keseimbangan.
Contoh Hydrozoa, antara lain
Physalia
,
Obelia
dan
Hydra
Sycphozoa
hidup di laut dan merupakan ubur-ubur sejati, karena medusa merupakan bentuk dominan dalam siklus hidupnya. ada sycphozoa yang tidak memiliki/memiliki bentuk polip. scyphozoa pada umummnya diesis dan gonad terdapat di gastrodermis. Conto sycphozoa, antara lain
Periphylla
,
Chrysaora
,
Aurelia
dan
Cyanea
.
Cubozoa
Anthozoa
Hewan laut yang memiliki bentuk seperti bunga. hidup ber koloni dan tidak memiliki medusia. rongga gastrovaskuler bersekat dan mengandung nematosista Gonad terdapat di gastrodermis. Terdapat sekitar 6.100 spesies Anthozoa antara lain sebagai berikut :

1. Metridium dan Edwardsia, dpat merayap dengan pedal
2. Acropra, Fungia, Astrangia, memiliki rangka luar dari zat kapur yang disebut karang batu.
3. Corallium, digunakan untuk perhiasan.
Cnbozoa dahulu dimasukkan dalam golongan Scyphozoa. namun akhirnya ditemukan perbedaannya, yaitu Cubozoa mengalami metamorfosis lengkap dari polip hingga medusa payung berbentuk kotak dan memiliki lensa mata yang kompleks . Cubozoa mampu berenang secara horizontal dengan bagian aboral sebagai anteriornya. Cubozoa hidup di laut tropis dan subtropis dengan makanan utama ikan . cubozoa terkenal sebagai ubur ubur kotak yang beracun . Contoh Cubozoa, yaitu Chronex fleckeri , Carukia barnesi dan Malo kingi
6. Peranan Cnidaria dalam Kehidupan Manusia
a. Cnidaria dari kelas Anthozoa merupakan pembentuk ekosistem terumbu karang yang menjadi habitat ikan dan hewan laut lainnya. Terumbu karang juga berfungsi mencegah terjadinya erosi pantai

b. Beberapa jenis ubur-ubur yang tidak beracun dapat dikonsumsi dan diperdagangkan sebagai ubur-ubur asin.

c. Kerangka luar beberapa jenis Cnidaria dapat digunakan sebagai hiasan akuarium, misalnya Corallium Rubrum (koral merah), Karang piring (Fungia actiniformis) dan karang kuku (Euphyllia fimbriata)
Sekian presentasi dari kami, mohon maaf apabila ada salah kata, terima kasih atas perhatiannya.
Sandy
Chaca
Siluman (becanda)
Panji
Irfardh
Naufal R.
Ketua : Chanief H.W
Kelompok : Panji G.
Irfadh
Sandy I.
Naufal R.
Full transcript