Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

ABORSI ITU PEMBUNUHAN

No description
by

David Reinaldo

on 10 January 2016

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of ABORSI ITU PEMBUNUHAN

Aspek Sosial (HAM)

SETIAP 1 ABORSI ADALAH...
1 jantung lagi yang berhenti berdetak..
1 mulut lagi yang tidak dapat berbicara..
2 mata yang tidak dapat lagi melihat dunia..
2 tangan lagi yang tidak akan pernah dapat memegang..
2 kaki lagi yang tidak akan dapat berlari dan berjalan..
HOT NEWS!
Kenapa Dilarang?
SURABAYA - Aparat Polrestabes Surabaya menggerebek rumah seorang dukun bayi di Temanggung Wetang Gang Randu, Surabaya, Jawa Timur, terkait kasus aborsi.

Penggerebekan ini bermula dari terungkapnya kasus aborsi dengan tersangka Er, warga Simorejo Timur, Surabaya. Er merupakan otak dari pembunuhan sadis terhadap janin berusia enam bulan yang dikandung oleh FR. FR diketahui sebagai pacar VA yang tak lain adalah anak pertama Er.

Dalam penggerebekan rumah tempat aborsi itu, polisi berhasil mengamankan Ad (66), seorang dukun bayi di kawasan tersebut.

Penggerebekan ini dipimpin oleh Kanit PPA Polrestabes Surabaya AKP Imacaluta Sherly Mayangsari. Penggerebekan yang dilakukan Kamis (10/12/2015) sekitar pukul 20.00 WIB ini membuat kaget warga sekitar.

Rupanya saat penggerebekan di rumah itu, Ad sedang menangani kelahiran seorang ibu. Polisi langsung memanggil ambulans dan bidan setempat untuk memberikan pertolongan kepada ibu yang sedang melahirkan itu.

"Ayo cepat, ibu yang mau melahirkan ini segera dievakuasi ke rumah sakit terdekat. Segera dibawa ke rumah sakit," kata Sherly menginstruksikan kepada anggotanya.

Setelah itu, polisi langsung mengamankan Ad dan dimasukkan ke dalam mobil polisi. Sedangkan Tim Inafis Polrestabes Surabaya melakukan olah TKP di rumah Ad.

Menurut Sherly, sang dukun bayi ini masih berstatus saksi terperiksa terkait kasus aborsi yang melibatkan tersangka Er. "Sementara statusnya masih saksi terperiksa. Kami akan memintai keterangan terkait pengungkapan kasus kematian janin berusia enam bulan," katanya.

Selain mengamankan Ad, dari penggerebekan itu polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya minyak yang digunakan untuk melakukan aborsi.
Kesepakatan – kesepakatan di Konferensi Internasional Kependudukan dan pembangunan (ICPD) 1994 dan Konferensi Perempuan Sedunia (Beijing Conference 1995 dan Beijing Plus Five, 2000)
Kontroversial
Senin, 11 Januari 2016
Vol XCIII, No. 311
Kenapa Dilarang?
Aborsi itu Pembunuhan
Aspek Kesehatan
Kenapa Dilarang?
Kematian mendadak karena perdarahan hebat
Kematian mendadak karena pembiusan yang gagal
Kematian secara lambat akibat infeksi serius disekitar kandungan
Rahim yang sobek (Uterine Perforation)
Kerusakan leher rahim (Cervical Lacerations) yang akan menyebabkan cacat pada anak berikutnya.
Kanker payudara (karena ketidakseimbangan hormon estrogen pada wanita).
Kanker indung telur (Ovarian Cancer).
Kanker leher rahim (Cervical Cancer).
Kanker hati (Liver Cancer).
Kelainan pada ari-ari (Placenta Previa) yang akan menyebabkan cacat pada anak berikutnya dan pendarahan hebat pada kehamilan berikutnya.
Menjadi mandul/tidak mampu memiliki keturunan lagi ( Ectopic Pregnancy).
Infeksi rongga panggul (Pelvic Inflammatory Disease).
Infeksi pada lapisan rahim (Endometriosis)
KRIMINAL
Aspek Agama
KRISTEN
Keluaran 21:22-25
Di dalamnya dinyatakan bahwa nyawa bayi atau nyawa calon bayi memiliki nilai yang sama dengan ibunya atau dapat dikatakan sebagai memiliki hukum yang sama seperti manusia yang telah hidup di dunia.
Kejadian 9:6
"Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah oleh manusia, sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya sendiri."
isinya
Intinya
ISLAM
“ Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), melainkan dengan suatu (alasan) yang benar."
( Q.S. Al Israa’: 33 )
“Barang siapa yang membunuh seorang manusia, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barang siapa yang memelihara keselamatan nyawa seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara keselamatan nyawa manusia semuanya.” (Qs. Al Maidah:32)
Hak perempuan atas kehidupan dan keamanan pribadi;hak reproduksi individu yang tercantum dalam pasal 1 dan 3 Deklarasi Umum HAM PBB dan pasal 6.1 dan 9.1 dari Konvensi International Hak-hak Sipil dan Politik. Hak atas kehidupan ini menyuarakan bahwa pelayanan aborsi harus disediakan bagi perempuan yang hidup dalam keadaan bahaya oleh karena kehamilannya. Sebuah negara dapat dianggap melanggar hak ini bila menolak untuk melindungi perempuan dengan resiko kematian atau kekacauan sebagai akibat dari aborsi tidak aman. Sedangkan hak keamanan pribadi dapat diinterpretasikan sebagai perempuan tidak harus dibatasi apakah ia melanjutkan kehamilannya atau mengakhirinya, dan ia mempunyai hak untuk memutuskan bagi dirinya mengenai pengakhian kehamilan yang tidak dikehendakinya.
1
2
Hak perempuan untuk memperoleh standar kesehatan yang tertinggi;hak asasi yang tercantum dalam paal 25 DUHAM. Untuk mencapai standar kesehatan tertinngi bagi perempuan, perempuan harus dapat akses atas pelayanan aborsi yang aman diantara layanan – layanan reproduksi lainnya, untuk memenuhi kebutuhan kesehatan minimum.
3
Hak perempuan untuk memperoleh manfaat dari kemajuan ilmiah dan hak untuk memperoleh informasi:diakui dalam pasal 27.1 dan 19 DUKHAM. Hak ini untuk menjangkau akses pada teknologi terbaru (seperti aborsi secara medis, menstrual regulation), memprioritaskan penelitian pada kesehatan reproduksi serta akses yang penuh dan bebas atas informasi mengenai kesehatan reproduksi
Full transcript