Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Pembagian Ilmu Ekonomi

No description
by

Abya Zara

on 23 September 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Pembagian Ilmu Ekonomi

Pembagian Ilmu Ekonomi, Analisis Ilmu Ekonomi, dan Masalah Ekonomi
1) Ekonomi Deskriptif
Ekonomi deskriptif melukiskan bentuk ekonomi dalam bentuk angka, yaitu mencatat peristiwa-peristiwa ekonomi sehingga keadaan ekonomi tersebut tercatat dalam bentuk angka. Melalui analisis terhadap hubungan dan perbandingan tersebut, dapatlah diramalkan keadaan ekonomi yang mungkin terjadi di masa datang. Di Indonesia tugas ini dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik.
2) Ekonomi Teori dan Perbedaan Antara Ekonomi Mikro-Makro
Ekonomi teori adalah kumpulan teori di bidang ekonomi yang dapat digunakan sebagai alat untuk melaksanakan kebijakan ekonomi untuk kepentingan masyarakat. Ekonomi teori merupakan kerangka konsep. Kerangka seperti ini berasal dari data-data konkret yang disusun, diolah, serta diuji coba sehingga akhirnya membentuk asumsi yang bersifat umum. Ekonomi teori dapat dibagi menjadi mikroekonomi dan makroekonomi.
4) Ekonomi Normatif
Ekonomi normatif mengandung pengertian, kondisi perekonomian yang harusnya tercapai dan terwujud dalam masyarakat.
3) Ekonomi Terapan
Ekonomi terapan merupakan penggunaan teori ekonomi pada masalah-masalah ekonomi yang banyak terjadi dalam masyarakat. Dalam ekonomi terapan kita dapat melihat manfaat langsung teori ekonomi itu dalam kehidupan sehari-hari.
A. Mikroekonomi (Teori Ekonomi Mikro)
Ekonomi mikro menunjuk pada cara bekerjanya sistem ekonomi yang dilakukan secara partikular. Obyek material ekonomi mikro adalah individu per individu atau perusahaan satu per satu. Dari sudut individu misalnya perilaku konsumen dan selera konsumen. Sedangkan dari sudut perusahaan misalnya ongkos perusahaan, produksi perusahaan, penawaran dari perusahaan atau permintaan dari perusahaan, pasar, dan harga.
B. Makroekonomi (Teori Ekonomi Makro)
Makroekonomi mempelajari ilmu ekonomi secara keseluruhan (universal). Obyek material ekonomi makro dimulai dari mempelajari susunan perekonomian dari segala sudut. Apabila ekonomi makro mempersoalkan permintaan (seperti dalam ekonomi mikro), maka yang dimaksud bukan permintaan perorangan atau perusahaan tetapi permintaan masyarakat secara keseluruhan. Selanjutnya, ekonomi makro mempersoalkan pendapatan secara nasional, begitu pula produksi, konsumsi dan kesempatan kerja selalu secara menyeluruh.
Tampaklah bahwa obyek material (apa yang dibahas) ekonomi mikro dan ekonomi makro pada dasarnya adalah sama. Perbedaan antara keduanya terletak pada obyek formalnya (bagaimana membahasnya).
5) Ekonomi Positif
Ekonomi positif mengandung pengertian keadaan ekonomi yang sudah terjadi, sedang, dan yang akan terjadi dalam masyarakat.
A. Pembagian Ilmu Ekonomi
B. Analisis Ilmu Ekonomi
Secara umum, ilmu ekonomi membahas tentang tingkah laku manusia mengolah dan memanfaatkan sumber daya yang langka untuk menghasilkan barang dan jasa serta menyalurkannya kepada yang memerlukan. Menurut Adam Smith dalam bukunya
The Wealth of Nations
, sistem dan harga pasar mampu mengoordinasi orang dan bisnis, tanpa pengelolaan terpusat.

Dalam memaparkan analisis permasalahan nasional, ilmu perekonomian memegang dua peranan, yaitu pertama, ilmu ekonomi mampu memberikan gambaran, penjelasan, dan meramalkann perilaku ekonomi. Kedua, hasil ilmu ekonomi bermanfaat ketika pengetahuan ekonomi diterapkan untuk menghasilkan kebijakan yang dapat membangun masyarakat ke kondisi yang lebih baik
C. Masalah Ekonomi
1. Pengangguran
Pengangguran terbuka dalam arti sama sekali tidak bekerja di berbagai tempat. Banyak terjadi pengangguran tersembunyi (disquised unemployment) atau setengah menganggur. Keadaan ini umumnya terjadi di sektor pertanian dan sektor informal.
2. Inflasi
Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus dan sangat merugikan masyarakat luas. Terutama mereka yang berpendapatan tetap seperti pegawai negeri dan anggota TNI/POLRI.
3. Kurangnya Investasi
Pendapatan masyarakat di negara berkembang umumnya rendah yang berakibat pada tabungan dan investasi yang menjadi rendah, dan berpengaruh pada rendahnya produksi dan pendapatan.
4. Neraca Perdagangan Defisit
Defisit neraca perdagangan terjadi saat impor lebih besar daripada ekspor.
Menurut Adam Smith, masalah-masalah ekonomi hanya terjadi sementara dan akan hilang dan dapat diatasi dengan sendirinya melalui sistem pasar bebas yang akan mewujudkan tingkat ekonomi efisien dan efektif dalam jangka panjang.

Untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi tersebut Keynes membuat analisis bahwa diperlukan usaha dan kebijakan pemerintah untuk mennciptakan tingkat penggunaan tenaga kerja penuh (full employment) dan pertumbuhan ekonomi yang teguh.
- Abya Zara A. (01)
- Akbar Artdiansyah (02)
- Al-Fathan (03)
- Alvira Azzahra (04)
- Ardelia Callista (05)
- Amalia Saraswati (06)

Kelompok 1
X IIS 1
Ekonomi
Full transcript