Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Perkembangan Alat Penerangan

No description
by

rona oktavian

on 15 February 2016

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Perkembangan Alat Penerangan

Perkembangan Alat Penerangan
design by Dóri Sirály for Prezi
Lilin digunakan untuk kegiatan ibadat dan perayaan, seperti peringatan kelahiran.
Lampu teplok dipakai sebagai souvenir yang antik.
Dengan memanfaatkan panas yang dihasilkan, lampu pijar di gunakan sebagai pemanas kandangayam, dan pemanas inframerahdalam proses pemanasan di bidang industry

LILIN
TERIMA KASIH
^^
Penggunaan alat penerangan sederhana di era modern
Lampu neon terdiri dari dua elektroda berupa logam dan terletak di ujung sebuah tabung neon. Tabung ini sendiri berisi neon, argon, kripton yang berupa gas.Lampu neon ciptaan Georges Claude, memiliki tabung kaca tertutup yang mengandung sangat sedikit udara, sedikit air raksa, bubuk putih fosfor, dan dua elektroda (katoda dan anoda) pada setiap ujung tabung dan transformer yang mengatur aliran listrik.menguapkan air raksa menjadi ion.

gas neon ditemukan oleh William Ramsey dan MW Travers pada 1898.

Lampu Neon
Anggota Kelompok :
1. Alfa Vitarona O
2. Alifia Nurdela P
3. Aviriani Lubertasari
4. Cindy Claudia P
5. Vanthia Larasati
6. Yolla Sariwuni
Pencahayaan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam kehidupan manusia sebagai penandaadanya sebuah kehidupan.aktifitas apapun akan terganggu jika tidak ada pencahayaan. Dengan cahaya manusia melihat benda-benda disekitarnya.
Awalnya pada siang hari manusia mendapat cahaya dari matahari, sedangkan pada malam hari harus bergelap-gelapan.sehingga banyak aktifitas manusia hanya dilakukan pada siang hari. Setelah beberapa abad akhirnya manusia mendapatkan cahaya pada malam hari dengan pencahayaan buatan.

ALAT PENERANGAN SEDERHANA
Pada Jaman Purba, 1 juta tahun sebelum
masehi (SM) sebelum manusia membaca dan
menulis, manusia menemukan cara membuat
api menggunakan batang kayu dan batu.
Api digunakan oleh manusia untuk
menghangatkan tubuh, memasak, dan juga
menakuti binatang buas agar tidak mendekati
wilayah tempat tinggal mereka.
Dengan ditemukannya api ditemukan bahan
bakar minyak dan gas yang digunakanuntuk
lampu obor, lampu minyak, lampu gas.

API
Sekitar tiga abad lalu, lentera digunaka sebagai alat penerangan. Bahan yang dijadikan alat penerang berasal dari bahan lemak hewan sebagai minyaknya. Dan sebelum abad ke 19 yang digunakan biasanya adalah lemak sapi.Kemudian berupa sarang lebah yang dilumatkan.Alasannya karena lebih bersih asapnya, juga beraroma wangi.
Bahan itulah yang disebut sebagai lilin.Lilin terdiri dari sumbu yang diselimuti bahan bakar padat. Pada masa sekarang yang digunakan sebagai bahan baku lilin disebut parafin. Bangsa Mesir kuno dengan memasukan lemak hewan ke dalam kulit buah kering.China dan Jepang, membuat lilin dari serangga dan biji bijian dibungkus kertas.Di Amerika Selatan, lilin dibuat dari getah pohon palem atau daun candelila, dan rumput esperato. Selain itu amerika juga membuat obor dari lemak ikan yang ditempelkan pada ujung kayu

UBLIK
Pada era tahun '60 an listrik masih menjadi barang langka.Penggunaan ublik dijadikan pilihan karena hanya terbuat dari sebuah botol beling, diisi minyak (minyak tanah, atau minyak kelapa)kemudian tutup botol dilubangi dan diberi sumbu. Sumbu dari bahan kaos yg menyerap minyak dibiarkan keluar sedikit sebagai lidah api.
LAMPU TEPLOK
Sumbu lampu teplok lebih bagus dari ublik.kaca pelindung api disebut semprong berguna agar api tetap menyala. Putaran di depan berguna untuk mengatur nyala api.sementara itu Asal muasal Ublik dan Teplok belum ditemukan .
DITEMUKANNYA LAMPU PIJAR
-lampu pijar dimulai pada awal abad XIX berawal dari ditemukannyatumpukan voltaolehAlessandro Volta.
-tahun1802,Sir Humphry Davymengemukakan arus listrik dapat memanaskan seuntai logam tipis hingga menyala putih. -tahun1820,Warren De la Ruemerancang sebuah lampu dengan menempatkan kumparanlogam muliaplatinadi dalam sebuah tabung lalu mengalirkan arus listrik .namun akibat harga logam platina yang sangat tinggi penemuan ini tdk dilanjutkan.Elemenkarbonjuga sempat digunakan, namun karbon cepat dapat teroksidasi di udara; dan akhirnya caranya adalah dengan menempatkan elemen dalam vakum.

-tahun1870-an, Thomas Alva Edisonmulai ikut serta
dalam merancang lampu pijar.edison mendapatkanpatenpertamanya padaApril1879. Tapi rancangan ini dianggap tidak praktis.Pada tahun yang sama,Sir Joseph Wilson Swanmenciptakan lampu
yang 1
bertahan selama 13,5 jam. karena Sebagian besar
filamen
putus dalam waktu singkat dan dianggap tdk berarti scr komersial.

-Edison kemudian menggunakan untaian karbon yang ditempatkan dalam bola lampu hampa udara hingga pada 19 Oktober1879dia berhasil menyalakan lampu yang mampu bertahan selama 40 jam.

ALAT PENERANGAN MODERN
SENTER
Selain alat penerangan yang statis, manusia butuh alat penerangan yang portable (mudah dibawa). Dan alat itu adalah senter.Senter adalah generasi terbaru yang memanfaatkan listrik sebagai mediumnya, cahaya yang dihasilkan senterpun jauh lebih terang dan efektif.di tahun 1898 National Carbon Company melahirkan penemuan baterai kering. DanConrad Hubert, adalah tokoh yang berpengaruh dalam penemuan senter.
Denganbantuan David Misel, seorang ahli alat listrik Inggris yang mematenkan lampu sepeda,akhirnya Conradmendapat hak paten pada tahun 1905 untuk senternya yang berisi bateraikering dan lampu dan dinyalakan dengan sakelar on/off yang kemudian menjadi alat penerangan portable yang paling dikenal.

LAMPU LED
Lampu led tidak mengandung mercury sehingga tidak menghasilkan panas. Tentu ini membuat ruangan jadi lebih dingin dibandingkan menggunakan lampu biasa. Lampu led juga membuat pemakaian listrik lebih hemat, tahan lama dan dpt digunakan dimana saja. lampu ini mendapat daya dari aki kering, aki basah, aki mobil, atau dari panel solar. Lebih tahan lama. Anda bisa juga berpartisipasi mengurangi pemanasan global.Jika listrik padam di daerah sering terjadi pemadaman listrik lampu led digunakan sebagai lampu emergency atau lampu darurat .
Shuji Nakamura adalah penemu LED. Pada tahun 1993, Pak Nakamura kemudian berhasil meciptakan LED biru komersial, menyusul LED berwarna hijau dan putih.Dan pada tahun 1995, Pak Nakamura berhasil menciptakan laser biru.

Jadi..
Manusia primitif mengenal obor yang dari masa
ke masa berpindah menjadi lilin dan lampu minyak, hingga kemudian ditemukannya lampu pijar hingga lampu led seperti sekarang ini.semuanya secara efektif memiliki tujuan yang sama, yaitu menghasilkan cahaya.

Untuk kebanyakan orang, alat penerangan adalah sesuatu hal yang sangat diperlukan.Banyak orang yang bergantung oleh cahaya dan penerangan untuk melakukan aktivitas mereka sehari-hari.

Full transcript