Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

PERJALANAN BANGSA SPANYOL MENUJU INDONESIA

No description
by

Mayun Pingkiyana

on 28 November 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of PERJALANAN BANGSA SPANYOL MENUJU INDONESIA

Colombus, dalam upaya mencari jalan dari Eropa ke Timur, tak sengaja menemui benua Amerika yang membuatnya lebih berpengaruh dalam sejarah dunia, diluar dugaannya sendiri. Penemuannya sekaligus merupakan mahkota eksplorasi dan kolonisasi Dunia Baru dan sekaligus pula merupakan tonggak penting dalam sejarah. Colombus bagaikan membuka pintu bagi bangsa Eropa dua benua untuk pemukiman baru, menyebar penduduk dan menyediakan sumber kekayaan mineral danisi bumi yang pada gilirannya mengubah wajah Eropa.Berbarengan dengan itu, penemuannya juga mengakibatkan hancurnya kebudayaan bangsa Indian.Dalam jangka panjang, penemuan itu melahirkan satu bangsa baru di benua belahan Barat, yang dengan amat cepatnya membedakan diri dengan bangsa Indian selaku penduduk asli. Walhasil, Colombus membawa perubahan besar bagi bangsa-bangsa di Dunia Lama
Kapalnya melepas sauh pelabuhan Spanyol tanggal 3 Agustus 1492. Melabuh pertama di KepulauanCanary di lepas pantai Afrika. Membongkar sauh di Kepulauan Canary tanggal 6 September danberlayar laju arah ke barat. Sebuah pelayaran yang bukan main panjang, sehingga tidak aneh jika paraawak kapal merasa ngeri dan kepingin balik saja. Dan tanggal 2 Oktober 1492 bagaikan seutas sutera hijau daratan tampak di haluan.Colombus kembali ke Spanyol bulan Maret berikutnya dari penjelajahan yang dahsyat itu disambutorang dengan penuh penghormatan. Sesudah itu dia melakukan serentetan pelayaran melintas Atlantik dengan harapan menjejakkan kaki di Cina dan Jepang..Ratu Isabella menjanjikan Colombus jadi gubernur di pulau mana pun yang ditemuinya.
Ferdinand Magelhaens (Magellan)
Ferdinand Magelhaens (Magellan)
Thank you!
CHRISTOPHER COLUMBUS 1451-1506
Rute Perjalanan
PERJALANAN BANGSA SPANYOL MENUJU INDONESIA
Nama Kelompok :
- Kadek Ayu Ratih Wulandari (06)
- Kadek Dita Mahendra (12)
- I Wayan Eka Suandena Putra (14)
- I Ketut Mayun Pingkiyana Putra (24)
- Ni Putu Monika Adachi (26)
- I Putu Wira Kusuma (39)

Ferdinand Magelhaens (Magelhaens atau Magelhaens) adalah keturunan Porugis. lahir di Sabrosa sebelah utara Portugis pada tahun 1480 dari pasangan Rui de Magalhaes dan Alda de Mesquita. Pada usia 10 tahun, Magelhaens telah ditinggal mati orang tuanya. Untunglah pada usia 12 tahun ia bisa bekerja di istana Ratu, sebagai pengantar surat di lingkungan istana. Magelhaens memanfaatkan waktu untuk belajar dan bertemu dengan para penjelajah. Cita-citanya berkembang, ambisi dan semangatnya terpompa karena ia memiliki teman dekat yang selalu berkorespondensi dengannya, seorang Kapten Portugis yang terkenal Francisco Serrao yang membuatnya terobsesi hingga meninggalkan portugis dan mengabdi pada Raja Spanyol.
Magelhaens sudah lama bekerja untuk pemerintah Spanyol. Ia mempersiapkan suatu ekspedisi untuk mencari jalan menuju daerah penghasil rempah-rempah (Maluku).
Pada tanggal 10 Agustus 1519, rombongan Magelhaens dengan lima buah kapal berangkat dari Spanyol. Rombongan Magelhaens itu berjumlah sekitar 265 orang. Sebagai wakil dari Magelhaens adalah Kapten Juan Sebastian del Cano. Dalam rombongan itu juga terdapat seorang penulis dari Italia bernama Pigafetta. Penulis inilah yang mengisahkan perjalanan Magelhaens.

Maret 1521 Magelhaens tewas dalam pertempuran suku Mactan dengan rombongannya saat dia melakukan penguasaan daerah dan penyebaran agama di Filipina. Karena kematian Magelhaens kepemimpinan pun di ambil alih oleh Yuan Sebastian del Cano seorang bangsawan Spanyol. Setelah menempuh perjalanan panjangnya, armada Spanyol yang kelelahan dalam perjalanan selama 27 bulan itu sampai juga di kepulauan Maluku.
Magelhaens melewati samudera Atlantik menuju ke arah barat karena jalur timur adalah jalur pelayaran Portugis seperti apa yang ada dalam perjanjian Thordisillas, dia bermaksud menemukan rute yang baru melalui perairan yang dikuasai Spanyol untuk menuju sumber rempah-rempah. Ekspedisi ini berhasil melampaui sebuah selat di ujung selatan Amerika kemudian memberinya nama selat Magelhaens lalu memasuki lautan luas yang teduh, magelhaens menamakannya Pasifik. Bulan Maret 1521, tibalah armada ini di Guam. Mereka beristirahat dan memulihkan perbekalan seadanya. Kemudian sampailah rombongan ini di kepulauan Massava (Filipina). Perjalanan pun dilanjutkan untuk menuju ternate dan di pimpin oleh Yuan Sebastian del Cano. Jum’at, tanggal 8 November 1521 armada berlabuh di kepulauan Maluku yaitu Tidore. Mereka tiba kembali di Spanyol tahun 1522 dan ekspedisinya di kenal dengan nama Magellan Del Cano
Jalur dan Tempat Persinggahan
1. Guam

Guam adalah sebuah pulau di bagian barat Samudera Pasifik. Dipulau ini terkenal dengan populasi ularnya yaitu ular pohon coklat (Boiga irregularis). Sekarang Guam merupakan salah satu wilayah dengan kepadatan ular yang tertinggi di dunia (2.000 ular/km²).
2. Massava (Filipina)

Filipina adalah sebuah negara republik di Asia Tenggara, sebelah utara Indonesia dan Malaysia. Filipina merupakan sebuah negara kepulauan. Negara ini terdiri dari 7.107 pulau. Filipina seringkali dianggap sebagai satu-satunya negara Asia Tenggara di mana pengaruh budaya Barat terasa sangat kuat.
Sepanjang masa 265 tahun, Filipina merupakan koloni Kerajaan Spanyol (1565-1821) dan selama 77 tahun berikutnya diangkat menjadi provinsi Spanyol (1821-1898). Negara ini mendapat nama Filipina setelah diperintah oleh penguasa Spanyol, Raja Felipe II.
Filipina terkenal dengan pertanian padi bukitnya, yang diperkenalkan kira-kira 2.000 tahun lalu oleh suku Batad. Padi-padi bukit tersebut terletak di lereng-lereng Gunung Ifugao dan berada di ketinggian 5.000 kaki dpl. Luasnya mencakup 4.000 mil² serta diusahakan secara tradisional tanpa penggunaan pupuk.
Kebanyakan masyarakat Filipina gemar menyanyi serta menari pada setiap kali pesta keramaian. Tarian bambu ini memerlukan pergerakan kaki yang cocok.
Bahay Kubo merupakan rumah tradisional yang terkenal di Filipina, yang dibuat dari daun kelapa, nipah, dan bambu. Terdapat tanglung berbentuk bintang yang digantung di hadapan rumah yang bernama Parol. Semasa Natal, kebanyakan masyarakat di sana gemar menjadikan parol sebagai hiasan rumah mereka.
Organ bambu ini menggunakan lebih kurang 1.000 batang bambuh. Konon ini adalah satu-satunya organ yang dibuat dari bambu di dunia.
Full transcript