Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA MODERN

No description
by

Lita Salsabila

on 6 May 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA MODERN

Jamaluddin al-Afgani
Muhammad bin Abdul Wahhab
Muhammad bin ʿAbd al-Wahhāb (1115 - 1206 H/1701 - 1793 M) adalah seorang ahli teologi agama Islam dan seorang tokoh pemimpin gerakan keagamaan yang pernah menjabat sebagai mufti Daulah Su'udiyyah yang kemudian berubah menjadi Kerajaan Arab Saudi.
Para pendukung pergerakan ini sering disebut Wahhabi, namun mereka lebih memilih untuk menyebut diri mereka sebagai Salafis atau Muwahhidun yang berarti "satu Tuhan"
Jamaluddin al-Afghani dilahirkan di As’adabad, dekat Kanar di Distrik Kabul, Afghanistan, pada tahun 1838 (1254 H).[1] Al-afghani menghabiskan masa kecilnya di Afghanistan, namun banyak berjuang di Mesir, India bahkan Perancis. Pada usia 18 tahun di Kabul, Jamaluddin tidak hanya menguasai ilmu keagamaan tetapi juga mendalami filsafah, hukum, sejarah, metafisika, kedokteran, sains, astronomi dan astrologi.
ide-ide Abdul Wahab :

1.Al-qur'an dan hadist adalah sumber asli sejarah islam

2.Taklid pada ulama tidak dibenarkan

3.Pintu Ijtihad tetap terbuka

taklid : mendengar pendapat orang
ijtihad : berusaha dengan sungguh-sungguh
Ide pemikiran al-Afgani adalah :

a.menerangkan pentingnya agama islam yang dibutuhkan manusia

b.untuk mengembalikan kejayaan islam dan untuk menghadapi dunia modern umat islam harus kembali kepada ajaran islam yang murni dan dipahami dengan akal dan kebebasan

c.corak pemerintahan harus diganti dari otokrasi dan absolut menjadi demokrasi
$1.25
Rabu, 7 Mei , 2014
Vol XCIII, No. 311
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan
Muhammad Iqbal
Muhammad Iqbal , (lahir di Sialkot, Punjab, India, 9 November 1877 – meninggal di Lahore, 21 April 1938 pada umur 60 tahun), dikenal juga sebagai Allama Iqbal ), adalah seorang penyair, politisi, dan filsuf besar abad ke-20.

Ia dianggap sebagai salah satu tokoh paling penting dalam sastra Urdu, dengan karya sastra yang ditulis baik dalam bahasa Urdu maupun Persia. Iqbal dikagumi sebagai penyair klasik menonjol oleh sarjana-sarjana sastra dari Pakistan, India, maupun secara internasional. Meskipun Iqbal dikenal sebagai penyair yang menonjol, ia juga dianggap sebagai "pemikir filosofis Muslim di masa modern".
Seiring dengan semaraknya gerakan perkembangan pembaruan islam dalam bidang ilmu pengetahuan dan kebudayaan, maka banyak negara-negara islam yang mengirimkan para pelajar muslim untuk belajar ke beberapa negara Eropa dan Amerika atau negara-negara maju lainnya, untuk mempelajari dan mendalami berbagai cabang disiplin ilmu. Dengan cara demikianmenjadikan mereka untuk berpikir sistematis,kritis dan kreatif serta inovatif guna menggali kedalam ayat-ayat Al-Quran sesuai dengan disiplin ilmu yang mereka miliki.
Mengapa timbul gerakan Wahhabi :

1.secara politik,umat islam dalam keadaan lemah

2.adanya penurunan semangat dalam pemahaman Al-qur'an

3.adanya kebiasaan syirik

4.kota mekkah menjadi tempat penyimpangan akidah
PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA MODERN
Muhammad Iqbal
Toha Husein (Mesir Selatan)
Toha husein adalah seorang sejarawan dan filsuf yang amat mendukung gagasan Muhammad Ali Pasya. Ia merupakan pendukung modernisme yang gigih. Pengadopsian terhadap ilmu pengetahuan modern tidak hanya penting dari sudut nilai praktis (kegunan)nya saja, tetapi juga sebagai perwujudan suatu kebudayaan yang amat tinggi.


Pembaharuan Islam adalah upaya-upaya untuk menyesuaikan paham keagamaan Islam dengan dengan perkembangan baru yang ditimbulkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi madern. Dalam bahasa Arab, gerakan pembaharuan Islam disebut tajdîd, secara harfiah tajdîd berarti pembaharuan dan pelakunya disebut mujaddid. Dalam pengertian itu, sejak awal sejarahnya, Islam sebenarnya telah memiliki tradisi pembaharuan karena ketika menemukan masalah baru, kaum muslim segera memberikan jawaban yang didasarkan atas doktrin-doktrin dasar kitab dan sunnah. Rasulullah pernah mengisyaratkan bahwa “sesungguhnya Allah akan mengutus kepada umat ini (Islam) pada permulaan setiap abad orang-orang yang akan memperbaiki –memperbaharui- agamanya” (HR. Abu Daud). Meskipun demikian, istilah ini baru terkenal dan populer pada awal abad ke-18. tepatnya setelah munculnya gaung pemikiran dan gerakan pembaharuan Islam, menyusul kontak politik dan intelektual dengan Barat. Pada waktu itu, baik secvara politis maupun secara intelektual, Islam telah mengalami kemunduran, sedangkan Barat dianggap telah maju dan modern. Kondisi sosiologis seperti itu menyebabkan kaum elit muslim merasa perlu uintuk melakukan pembaharuan.

PEMBARUAN ISLAM
Manfaat Perkembangan Islam Pada Masa Modern

Manfaat yang dapat diperoleh oleh mempelajari sejarah perkembangan Islam pada masa modern adalah dapat meneladani perilaku berpegang teguh pada agama Islam, mencintai ilmu pengetahuan, dan mencintai budaya luhur.

SYAH WALIYULLAH AD DIHLAWI ( 1703-1762 M)
Seorang sufi yang kemudian menjadi pelopor pembaharuan pemikiran dan pelopor kebangkitan hadits di india pada abad 18 M.
 Shah Waliyullah mendapatkan pendidikan yang pertama kali dari ayahnya. Daya ingatannya kuat, ia hapal al Qur’an pada usia yang sangat muda. Ketika ayahnya meninggal pada 1131 H (waktu ia berusia 17 tahun), ia menggantikan posisi ayahnya mengajar di sekolah yang didirikan ayahnya dan meneruskan tugas selama 2 tahun, sampai kepergiannya ke Hejaz untuk studi yang lebih tinggi.

Karya
1.Al Fath al Munir fi Gharib Al Qur’an, tentang tafsir Al Qur’an

2.Az Zahrawain, tafsir QS Al Baqarah dan Ali Imran.

3.Al Mushaffa,   syarah dari   kitab Al Muwaththa karya Imam Malik

4.Al Maswa, merupakan syarah kitab Al Muwaththa karya Imam Malik.

5.An Nawadhir min Ahadits Sayyid al Awa’il wa al Awakhir, tentang hadits

6.Tarajum al Bukhary, tentang hadits.

7.Syarh Tarajum Ba’d Abwab al Bukhary, tentang hadits.

SULTAN MAHMUD II
Ia adalah sultan ke-33 dari kerajaan Turki Usmani. Di angkat menjadi sultan pada tanggal 28 Juli 1808 M menggantikan kakaknya Mustafa IV. Ayahnya bernama Abdul Hamid I. Dalam suatu pemberontakan tentara yenisseri pada masa pemerintahan Mustafa IV ,semua anggota keluarga kerajaan Usmani terbunuh , kecuali Mahmud II. Dalam kondisi demikianlah Mahmud II naik tahta.

USAHA-USAHA PEMBAHARUAN SULTAN MAHMUD II
1)      Bidang Militer
Mahmud II memusatkan perhatiannya pada berbagai perubahan internal. kekuatan angkatan bersenjata kerajaan menjadi kekuatan yang tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.

2. Bidang Ekonomi
Sultan Mahmud II berusaha untuk mengatasi kelesuan perekonomian kerajaannya dengan mencoba mengadakan perbaikan pada sumber-sumber perekonomian di sector pertanian.

3. Bidang Pendidikan
pada tahun 1838, Sultan Mahmud II mendirikan Dar al-Ulum-u Hikemiye Ve Mekteb-i Tibbiye-i Sahane, yaitu sekolah kedokteran dan sekolah pembedahan yang digabungkan menjadi satu.  Bahasa pengantar yang dipakai adalah bahasa Prancis
MUHAMMAD ALI PASHA(1765-1849)
Muhammad Ali Pasha adalah seorang keturunan Turkidarietnisalbania yang lahir di Kawalla,sebuahkotapelabuhan di kota Macedonia yang sekarangmenjadibagiandariwilayah Yunani, pada tahun 1765, dan meninggal di Mesir pada tahun 1849.

UPAYA-UPAYA YANG DI BUAT
1.Dalam bidang militer, beliau mengundang perwira tinggi Perancis untuk melatih tentara Mesir.

2.Dalam bidang pendidikan, beliau mendirikan sekolah di berbagai bidang ilmu pengetahuan dan mengirimkan pelajar ke Perancis untuk belajar sains dan teknologi.

3.Dalam bidang ekonomi, mengambil alih kepemilikan tanah oleh negara dan hasilnya untuk kepentingan rakyat dan juga membangun sistem irigasi.

AT-TAHTAWI (1801-1873 M)
Al-Tahtawi nama lengkapnya adalah Rafa`ah Bey Badawi Al-tahtawi, lahir di kota Tahta ( di dataran tinggi Mesir ) pada masa pemerintahan Muhammad ali, yaitu pada tahun 1802 M. Orang tuanya dari kaum bangsawan, tetapi sedikit pengalaman. Namun keluarganya yang tradisi keagamaannya kuat itu menjadikan al-Tahtawi tekun mempelajari Al-Qur'an sejak kecil.

Muhammad Rasyid Ridha (1865 – 1835)

Beliau lahir di Qalamun, 23 September 1865 M. Beliau dilahirkan dan dibesarkan di lingkungan keluarga terhormat dan taat beragama.

Ide pembaruannya antara lain :

1.Kemunduran umat islam karena banyak tahayul.
Sikap aktif dan dinamis yang harus ditumbuhkan dan untuk maju.

2.Umat islam harus meninggalkan pemikiran kaum Jabariyah.

3.Akal dapat digunakan untuk menafsirkan Alquran dan Alhadis.

4.Penguasa yang mengurusi bidang agama dan politik dunia (sistem pemerintah Khalifah).

NILAI POSITIF GERAKAN PEMBARUAN ISLAM
1, NILAI PERSATUAN

2.NILAI SOLIDARITAS

3.NILAI PEMBARUAN

4.NILAI JIHAD

5.NILAI KEMERDEKAAN
PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN DAN KESENIAN ISLAM PADA MASA MODERN
1. Arsitektur.
berfungsi melayani keagamaan seperti mesjid, makam, madrasah, dan ada pula yang berfungsi melayani kepentingan sekuler, seperti Istana, Benteng, pasar, caravan serai, jalan-jalan raya, rel-rel kereta api, dll.

2. KALIGRAFI
Seni kaligrafi berkembang sangat cepat ke seluruh pelosok dunia. Khususnya ke Negara-negara yang berpenduduk mayoritas Islam. Seni kaligrafi dipakai sebagai hiasan mesjid, penyekat ruang, hiasan dinding rumah, kotak penyimpanan perhiasan, alat-alat rumah tangga, dll. Media yang digunakan pun juga beragam yakni dari kertas, kain, kulit, kaca, emas, perak, tembaga, kayu, dan keramik


Nama Anggota Kelompok
Asha dwiyana
Faridatul Qibtiya
Ferani Citra
Lita Kurnia
Nur Indah
Rizaldi Fikri
Ruly Diah
Theo Pangestu
1. Metafisika
Dalam pemikiran filsafat, Iqbal mengumandangkan misi kekuatan dan kekuasaan Tuhan,

2. Estetika
Iqbal memandang kemauan adalah sumber utama dalam seni, sehingga seluruh isi seni –sensasi, perasaan, sentimen, ide-ide dan ideal-ideal— harus muncul dari sumber ini.

3. Etika
Dalam filsafat tentang etika Iqbal menghimbau masyarakat timur (umat Islam), untuk kembali kepada ajaran Islam yang agung serta menjauhi peradaban Barat (Eropa) yang merusak.
Terimakasih Atas Perhatian Anda :)
Full transcript