Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

ETOS KERJA DAN KESEJAHTERAAN SOSIAL

No description
by

dina islami rosyida

on 18 July 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of ETOS KERJA DAN KESEJAHTERAAN SOSIAL

ARTI DAN ETOS KERJA ISLAM
Etos kerja adalah totalitas kepribadian diri serta cara mengekspresikan, memandang, meyakini dan memberikan makna tentang suatu pekerjaan yang mendorong diri untuk bertindak dan meraih amal (hasil) yang optimal.
Semua kegiatan yang dilakukan dan tidak bertentangan dengan syari’ah dimasukkan ke dalam kategori ibadah. Salah satu bentuk ibadah adalah bekerja dengan sungguh-sungguh untuk memperoleh hasil yang maksimal.
Untuk memperoleh hasil yang maksimal dan suasana kerja yang teduh dan damai Allah melalui wahyu-Nya an contoh teladan dari para Nabi dan utusannya, memberikan pedoman dan aturan – aturan yang kemudian disebut etos kerja islami.


PENGELOLAAN DAN DISTRIBUSI ZAKAT
Pengelolaan dan pendistribusian zakat harus berorientasi untuk memajukan kesejahteraan sosial. Zakat bila telah terkumpul pada lembaga tertentu seperti amil zakat atau rumah zakat dapat diberikan dengan jumlah yang cukup, tidak hanya untuk kebutuhan konsumsi para mustahiq yang membutuhkan tetapi juga dapat digunakan untuk menopang terciptanya kesejahteraan sosial yang baik, seperti biaya pendidikan, modal usaha, menciptakan lapangan kerja dan kegiatan lain yang bersifat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sosial.


CIRI ETOS KERJA MUSLIM
Toto Tasmara dalam bukunya Membudayakan Etos Kerja Islami menyebutkan beberapa ciri etos kerja muslim, dan semua itu berlandaskan pada akhlak yang mulia, antara lain:

1. Menghargai Waktu
Waktu adalah rahmat Allah yang harus di isi dengan amal saleh dan tidak memboroskannya, karena memboroskan dan menyia-nyiakan waktu adalah kerugian serta penyesalan.
Esensi waktu adalah rasa tanggung jawab yang sangat besar terhadap pemanfaatan kehidupan ini.

2. Memiliki Moralitas yang Ikhlas
Orang yang ikhlas adalah melaksanakan tugasnya secara profesional, bekerja dengan ilmu, keahlian, dan keterampilan serta tanpa motivasi lain kecuali bahwa pekerjaan itu merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya


CIRI ETOS KERJA MUSLIM
3. Memiliki Kejujuran
Kejujuran adalah bisikan hati yang secara terus menerus mendesak dan membisikan nilai moral luhur yang didorong kecintaan pada Ilahi. Orang yang jujur pada diri sendiri, berarti memiliki keterbukaan jiwa yang transparan. Dengan terbuka ia mengaku kelemahan dirinya sendiri, dan dengan terbuka pula ia akan menerima kelebihan orang lain.

4. Memiliki Komitmen
Komitmen adalah keyakinan yang mengikat hati nurani secara kukuh dan kemudian menggerakan diri berperilaku sesuai dengan yang diyakini.

5. Istiqamah, Kuat Pendirian
Istiqomah berarti tetap dan tegar dalam kebenaran sekalipun berhadapan dengan rintangan.



CIRI ETOS KERJA MUSLIM
6. Memiliki Kedisiplinan
Disiplin adalah kemampuan untuk mengendalikan diri dengan tenang dan tetap taat, walaupun dalam situasi yang tidak mendukung.

7. Konsekuen dan Berani Menghadapi Tantangan
Bagi orang yang konsekuen dan berani menghadapi tantangan, hidup adalah pilihan dan setiap pilihan merupakan tanggung jawabnya. Mereka tidak mungkin menyalahkan pihak manapun karena pada akhirnya semua pilihan ditetapkan oleh dirinya sendiri.

8. Memiliki Sikap Percaya Diri
Sikap peraya diri dapat dilihat dari beberapa ciri kepribadian antara lain :
Mereka berani untuk menyatakan pendapat dan gagasannya sendiri, walaupun hal tersebut beresiko tinggi.
Mereka mampu menguasai emosinya, berpikir dengan tenang dan jernih walaupun dalam tekanan yang berat.
Mereka memiliki kemandiian yang sangat kuat sehingga tidak mudah terpengaruh oleh sikap orang lain , walaupun pihak lain adalah mayoritas.




CIRI ETOS KERJA MUSLIM
9. Mereka Orang yang Kreatif
Ciri orang kreatif adalah :
Kuatnya motivasi untuk berprestasi
Komitmen terhadap tugas
Inisiatif dan Optimisme

10. Bertanggung Jawab
Tanggung jawab adalah suatu sikap dan tindakan seseorang dalam menerima sesuatu sebagai amanah dengan penuh kesadaran dan ingin menunaikannya dengan sebaik-baiknya

11. Bahagia Karena Melayani
Melayani atau menolong seseorang merupakan bentuk kesadaran dan kepedulian terhadap nilai kemanusiaan, dan investasi yang kelak dipetik keuntungannya di dunia dan di akhirat.


ETOS KERJA DAN KESEJAHTERAAN SOSIAL

DISUSUN OLEH :
Dea Andina 023131235
Nur C. Avivi 023131236
Dina Islami Rosyida 023131237
Marietha Ayu Safitri 023131239
Imas Mulyati 023131240

Thank you!
CIRI ETOS KERJA MUSLIM
12. Memiliki Harga Diri
Yang dimaksud memiliki harga diri disini adalah bertahan atau tidak melibatkan diri kepada hal – hal tercela dan tidak bermakna. Ciri orang yang memiliki harga diri, antara lain :
Konsisten dengan kebenaran
Persesuaian antara ucapan dan perbuatan
Suka melayani dan mengutamakan kepentingan bersama
Menghormati setiap orang yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia
Bersih hati dan perbuatan dari sifat – sifat tercela
Sederhana dalam berbagai hal

13. Memiliki Jiwa Kepemimpinan
Memimpin berarti mengambil peran secara aktif untuk mempengaruhi dirinya dan memberikan inspirasi teladan bagi orang lain.


CIRI ETOS KERJA MUSLIM
14. Berorientasi ke Masa Depan
Keberhasilan masa depan berhubungan erat dengan kehidupan sekarang. Bila masa depan diharapkan adanya keberhasilan, maka sekarang perlu adanya perencanaan yang terarah, usaha yang sungguh-sungguh dan perkiraan-perkiraan hambatan serta cara-cara mengatasi hambatan tersebut untuk menuju hasil yang optimal.

15. Hidup Berhemat dan Efisien
Berhemat merupakan estimasi apa yang akan terjadi di masa depan dan menyikapinya dengan tenang karena sudah diperkirakan dan disiapkan solusi untuk mengatasi sesuatu keadaan yang tidak normal. Efisien berkaitan erat dengan cara melaksanakan sesuatu yang benar, tepat dan akurat tanpa membuang waktu dan potensi-potensi lain yang seharusnya tidak perlu


CIRI ETOS KERJA MUSLIM
16. Memiliki Jiwa Wiraswasta
Orang yang memiliki jiwa wiraswasta biasanya selalu melihat segi kehidupan sebagai peluang. Adapun sifat – sifatnya, antara lain :
Memiliki niat yang kuat
Percaya diri
Terbuka dan mau bekerja sama
Mempunyai perhatian yang besar
Tidak puas dan selalu cari terobosan baru
Tidak melihat masalah sebagai hambatan
Setiap tindakan berdasarkan perhitungan yang objektif, nalar, dan faktual
Dalam pengembangan usaha selalu menjalin komunikasi
Senang pada kompetisi
Tidak takut pada perubahan

CIRI ETOS KERJA MUSLIM
17. Memiliki Insting Berkompetisi
Hidup adalah berjuang untuk beramal shaleh. Manusia yang ingin menjaga dan mempertahankan harkat dan martabatnya tentu akan siap dan terus berkompetisi untuk memperbanyak amal kebaikannya.

18. Keinginan Untuk Mandiri
Orang yang mandiri akan merasa risih apabila memperoleh sesuatu secara gratis dan merasa malu untuk menerima sesuatu, walaupun apa yang diterimanya itu halal dan keluar dari hati yang ikhlas. Orang yang mandiri berusaha menjadi orang yang melayani, bukan dilayani karena dilayani berarti menyusahkan orang lain.

19. Kemauan Belajar dan Mencari Ilmu
Belajar dan mencari ilmu dalam pandangan Islam tidak dibatasi usia dan tempat. Kewajiban belajar nilainya sama dengan kewajiban ikut berjuang di medan perang dan derajat orang yang berilmu ditinggikan oleh Allah.



CIRI ETOS KERJA MUSLIM
20. Memiliki Semangat Perantauan
Ciri pribadi muslim yang memiliki etos kerja adalah suatu dorongan yang melakukan perantauan dengan menjelajahi hamparan bumi ditemukan berbagai peristiwa budaya yang dapat dijadikan pelajaran dan akan menyebabkan seseorang memiliki wawasan universal dan tidak terperangkap dalam fanatisme sempit.

21. Memerhatikan Kesehatan dan Gizi
Etos kerja pribadi muslim adalah etos yang sangat erat kaitannya dengan cara pemeliharaan kesehatan dan kesegaran serta kebugaran jasmani. Karena tidak mungkin seseorang dapat bekerja dan melaksanakan tugasnya dengan optimal bila tidak dengan fisik yang sehat.

22. Tangguh dan Pantang Menyerah
Keuletan merupakan modal yang sangat berharga dalam menghadapi segala tantangan atau tekanan. Bila direnungkan hidup ini tidak terlepas dari tantangan karena hidup itu sendiri adalah tantangan. Oleh karena itu, bagi orang yang memiliki etos kerja tantangan adalah suatu hal yang biasa dan merupakan tangga untuk menuju cita-cita dan keberhasilan.




CIRI ETOS KERJA MUSLIM
23. Berorientasi pada Produktivitas
Seorang muslim seyogianya berperilaku yang selalu mengarah pada cara kerja yang efisien dengan hemat energi dan penggunaan waktu yang penuh makna. Perilaku seperti ini akan menjadikan seseorang sebagai manusia yang produktif.

24. Memperkaya Jaringan Silaturahmi
Pribadi yang memiliki etos kerja akan menjadikan silaturahmu sebagai salah satu ruh pengembangan dirinya. Keuntungan silaturahmi adalah : Memberikan nilai ibadah, Memberikan kesan positif bagi orang lain hingga ia akan dikenang , Memberikan satu alur informasi yang membuka peluang dan kesempatan usaha, dan Mendapat pelajaran berharga dari pengalaman pribadi orang lain.

25. Memiliki Semangat Perubahan
Pribadi yang memiliki etos kerja sangat menyadari bahwa manusia adalah mahluk Allah yang memiliki kebebasan untuk memilih.





CIRI ETOS KERJA MUSLIM
Srijanti dkk, dalam buku Etika Membangun Masyarakat Islam Modern menjelaskan etos kerja islam itu adalah :
Bekerja sampai tuntas
Bekerja dengan ikhlas
Bekerja dengan jujur
Bekerja dengan menggunakan tekhnologi
Bekerja dengan kelompok
Bekerja keras
Bekerja sebagai bentuk pelayanan.


KESEJAHTERAAN SOSIAL
Kesejahteraan adalah keamanan, keselamatan, ketentraman, kemakmuran, kesenangan hidup dan sebagainya.

Untuk mendapatkan kesejahteraan sosial yang baik tahapan yang harus dilakukan adalah :
Setiap pribadi yang ada di masyarakat harus berusaha memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan
Bantuan dari keluarga terdekat berupa zakat, infaq, sedekah, dan lain-lain
Bantuan dari masyarakat kepada anggota-anggota masyarakat yang membutuhkan baik berupa keuangan
Tanggung jawab pemerintah untuk mensejahterakan rakyatnya.


ZAKAT DAN KEPEDULIAN SOSIAL
Zakat merupakan salah satu sendi pokok ajaran Islam. Ibadah zakat adalah kewajiban yang bersifat sosial yang dilakukan terhadap masyarakat dan ibadah ini tidak kurang pentingnya dari ibadah shalat, puasa dan haji.

Manfaat ibadah zakat adalah:
Mengurangi/mengikis sifat-sifat kikir di dalam jiwa serta melatih memiliki sifat-sifat dermawan dan mengantarkan seseorang mensyukuri nikmat Allah.
Menciptakan ketenangan dan ketentraman, bukan hanya kepada penerima tetapi juga kepada pemberi zakat.
Mengembangkan harta benda.

Full transcript