Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Kurs & valas

No description
by

Jessica Herwandha

on 26 April 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Kurs & valas

Kurs & Valas
Pasar Valas
Kurs/Exchange Rate
Pengertian Pasar Valuta Asing
Sebuah pasar atau tempat pertemuan di mana individu, perusahaan dan kalangan perbankan mengadakan jual beli mata uang dari berbagai Negara atau valuta-valuta asing.
Pasar valas juga bisa disebut pasar yang memfasilitasi pertukaran valuta untuk mempermudah transaksi-transaksi perdagangan dan keuangan internasional.
Penyebab pasar valuta asing bertumbuh dengan pesat
1. Pergerakan nilai valuta asing yang mengalami pergerakan cukup signifikan
2. Bisnis yang semakin mengglobal.
3. Perkembangan telekomunikasi yang begitu cepat
4. Keuntungan yang diperoleh di pasar valuta yang cenderung besar
Pengertian Valuta Asing
Valuta asing atau yang biasa disebut dengan valas, atau yang dalam bahasa asing dikenal dengan foreign exchange (Forex) merupakan mata uang yang dikeluarkan sebagai alat pembayaran yang sah di negara lain. Valuta asing akan mempunyai suatu nilai apabila valuta tersebut dapat ditukarkan dengan valuta lainnya tanpa pembatasan.
Harga suatu mata uang terhadap mata uang lainnya disebut kurs atau nilai tukar mata uang/exchange rate.
Transaksi valas (foreign exchange transaction) adalah pertukaran suatu mata uang dengan mata uang lain.
Secara umum, permintaan atau penawaran valuta asing dilakukan di bursa valuta asing yang diselenggarakan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya.
Fungsi pokok Pasar Valas
Fungsi-fungsi pasar valuta asing dalam membantu lalu-lintas pembayaran internasional yaitu:
1. Mempermudah pertukaran valuta asing serta pemindahan dana dari satu negara ke negara lain.
2. Pasar valuta asing memberikan kemudahan untuk dilaksanakannya perjanjian atau kontrak jual beli dengan kredit.
3. Memungkinkan dilakukannya hedging
Jenis-jenis Pasar Valas
Pasar Spot (Pasar Tunai)
Pasar spot adalah pasar yang memfasilitasi transaksi-transaksi nilai tukar berjalan suatu valuta. Dimana komoditi atau valas dijual secara tunai dengan penyerahan segera. Disebut juga actual market atau physical market.
Kurs spot adalah nilai tukar berjalan suatu valuta.
Pasar Forward
Pasar Forward adalah pasar yang memfasilitasi perdagangan kontrak forward mata uang. Kurs forward adalah nilai tukar suatu valuta dengan valuta lain pada suatu waktu di masa depan yang dikuotasikan oleh bank-bank.
Pasar Currency Options
Pasar Currency Options merupakan pasar yang memfasilitasi perdagangan kontrak currency options. Kontrak currency options dapat diklasifikasikan sebagai call atau put.
Pelaku Valas
Pergerakan nilai valuta asing
yang selalu berubah-ubah dari
waktu ke waktu karena hukum demand dan supply selalu melibatkan berbagai pelaku pasar yang mempunyai berbagai kepentingan. Pelaku pasar tersebut antara lain adalah :
Perusahaan
Individu
Bank Umum
Pialang Pasar valas atau Broker
Pemerintah
Bank Sentral
Spekulan
dan
Arbitraser
Nilai Tukar mata Uang (Kurs)
Kurs Ekuilibrium
Pada kondisi keseimbangan atau ekuilibrium, kurs terbentuk pada saat jumlah dan harga mata uang yang diminta sama dengan jumlah dan harga mata uang yang ditawarkan.
Kondisi keseimbangan dapat berubah setiap saat, jika faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan/atau penawaran berubah. Permintaan terhadap suatu mata uang terbalik dengan harganya.
Arbitrase
Arbitrase mengacu pada pembelian suatu mata uang di suatu tempat yang harganya lebih murah untuk kemudian dijual kembali di tempat lain yang harganya lebih tinggi dalam rangka memperoleh keuntungan.
arbitrase dua titik (two points arbitrage)
arbitrase segitiga (triangular arbitrage) / arbitrase tiga titik (three points arbitrage)

Kurs Spot & Kurs Berjangka
Transaksi spot mencakup pembayaran dan penerimaan valuta asing yang terlaksana dalam dua hari setelah disepakatinya transaksi tersebut. Kurs yang digunakan sebagai landasan transaksi spot disebut kurs spot (spot rate).
Transaksi berjangka (forward transaction) adalah kesepakatan yang dicapai pada hari ini untuk membeli sejumlah valuta asing yang penyerahannya dilakukan di masa mendatang berdasarkan tingkat nilai tukar kurs yang disepakati pada hari ini. Kurs yang disepakati pada hari ini tetapi baru berlaku beberapa waktu kemudian itulah yang disebut sebagai kurs berjangka (forward rate).
Pertukaran Valuta Asing
Tukar-menukar mata uang asing (currency swap) mengacu pada penjualan suatu mata uang berdasarkan kurs spot yang dikombinasikan dengan perjanjian pembelian kembali secara berjangka atas mata uang yang sama. Praktek perdagangan ini lebih disukai karena lebih praktis ketimbang dua transaksi yang terpisah. Dalam transaksi tukar-menukar mata uang ini, kurs yang digunakan juga berbeda, dan sekarang lazim disebut sebagai kurs tukar-menukar (swap rate). Kurs tukar-menukar adalah selisih antara kurs spot dengan kurs berjangka, dan biasanya dinyatakan dalam angka persen tahun.
fluktuasi-fluktuasi yang tajam dan sering terjadi atas kurs antara berbagai mata uang asing jelas merupakan sumber risiko kurs yang sangat serius bagi pelaku valas
Risiko Kurs, Pemagaran Risiko Kurs, dan Spekulasi
kebutuhan untuk menilai persediaan barang atau inventori dan seluruh aset yang dimiliki dalam satuan nilai mata uang domestik secara tepat
by: Jessica Hanna Herwandha
pertemuan antara permintaan dan penawaran valuta asing akan membentuk kurs atau nilai tukar (exchange rate).
1. Kurs jual, adalah kurs yang berlaku apabila bank atau lembaga keuangan lainnya menjual/mengeluarkan uang asing.
2. Kurs beli, adalah kurs yang berlaku apabila bank atau lembaga keuangan lainnya membeli/menerima uang asing.
Kurs valuta asing terdiri atas dua macam:
Kebijakan kurs tukar di mana pemerintah suatu negara mengatur nilai tukar mata uangnya, maka diklasifikasikan sebagai kurs tetap (fixed exchange rate). Sedangkan jika besarnya nilai kurs tukar diserahkan kepada mekanisme pasar tanpa campur tangan pemerintah, diklasifikasikan sebagai sebagai sistem kurs mengambang, floating exchange rate
Futures & Option Valas
Pasar Futures dan Option digunakan untuk mengantisipasi risiko valas yang diakibatkan oleh transaksi bisnis dan juga untuk tujuan spekulatif.
Futures valuta asing adalah sebuah kontrak berjangka atas valuta asing dalam jumlah standar yang penyerahannya akan dilakukan pada tanggal-tanggal tertentu yang telah disepakati sebelumnya.
Option valuta asing adalah sebuah kontrak yang membeli hak kepada pembeli, namun tidak disertai dengan kewajiban untuk membeli atau kewajiban untuk menjual atas sejumlah valuta asing tertentu, pada tanggal tertentu yang telah ditetapkan sejak awal.
1. Daily resettlement (penentuan harga setiap hari) dan penempatan margin (sejumlah kecil deposito sebagai jaminan) diperlukan.
2. Penjual dan pembeli harus bertemu (bandingkan dengan kontrak forward yang dinegosiasikan lewat telpon) sehingga diperlukan suatu lantai bursa (disebut pit).
3. Ukuran kontrak dan tanggal penyerahan telah distandardisasi.
4. Spekulasi publik yang berkualitas didorong.
5. Mayoritas kontrak futures ditutup lewat revarshing trades sehingga penyerahan tidak pernah dilakukan.
Ciri kontrak futures:
Risiko kurs tidak hanya muncul dari transaksi-transaksi yang mengandung kewajiban pembayaran di masa mendatang dalam valuta asing demi diperolehnya paparan transaksi yang baik
Pemagaran Risiko Kurs
Risiko Kurs
pemagaran risiko kurs (hedging) identik dengan upaya menghindari risiko kurs, atau penutupan posisi terbuka.
Karena pencegahan risiko kurs melalui transaksi di pasar spot memiliki kelemahan yang serius,
atas dasar inilah maka dalam prakteknya sebagian besar upaya pencegahan atau pemagaran risiko kurs dilakukan melalui transaksi di pasar berjangka yang tidak akan membebankan kewajiban bagi pihak-pihak yang bersangkutan untuk menarik pinjaman.
Spekulasi
Spekulasi adalah kebalikan dari pemagaran risiko kurs. Kalau seorang pelaku besar valuta asing melakukan pemagaran risiko kurs, itu berarti ia sengaja menghindari risiko kurs sedangkan spekulator justru menantang risiko kurs atau menciptakan posisi terbuka dalam rangka menciptakan keuntungan seketika.
Praktek-praktek spekulasi ini bisa menimbulkan efek (menunjang) stabilitas maupun efek destabilitas (merusak stabilitas keuangan)
Spekulasi yang menimbulkan efek stabilitas (stabilizing speculation) merujuk pada pembelian suatu valuta asing tatkala harga valuta asing tersebut dalam satuan mata uang domestik (atau kursnya) tengah merosot atau berada pada titik yang lebih rendah, dan pembelian itu dilakukan dengan harapan kurs yang akan segera eningkat sehinggga menciptakan keuntungan bagi pelakunya.
Spekulasi yang menimbulkan efek destabilisasi (destabilizing speculation) merujuk pada penjualan suatu valuta asing tatkala kursnya tengah merosot atau berada pada titik yang rendah dengan harapan kurs itu akan terus merosot di masa selanjutnya.
Arbitrase Suku Bunga dan Efisiensi Pasar Valuta Asing
arbitrase suku bunga (interest arbitrage) pada dasarnya mengacu pada arus modal liquid jangka pendek antarnegara yang bertolak dari motif untuk memperoleh suku bunga atau tingkat keuntungan yang lebih besar di luar negeri.
Karena transfer dana ke luar negeri dalam rangka memanfaatkan suku bunga yang lebih tinggi di pusat negara di negara lain akan mengakibatkan konversi mata uang domestic menjadi valuta asing, dan juga rekonversi dari valuta asing itu menjadi mata uang domestic pada saat jatuh tempo, maka proses ini dihadapkan pada risiko kurs yang cukup besar. Risiko itu bersumber dari kemungkinan terjadinya depresiasi valuta asing selama periode investasi.
Arbitrase Suku Bunga Terbuka
Arbitrase suku bunga terselubung mengacu pada pembelian valuta asing dalam kotrak spot guna menciptakan sejumlah valuta asing untuk membayar investasi dalam waktu bersamaan dibarengi dengan penjualan valuta asing secara berjangka guna menyelubungi atau menutup risiko kurs.
Arbitrase Suku Bunga Terselubung/Tertutup
Sebagian besar kekuatan-kekuatan ekonomi yang membuat marjin keuntungan arbitrase suku bunga terselubung itu dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama adalah adanya perbedaan laju pertumbuhan penawaran uang di masing-masing negara serta adanya perbedaan dalam perkiraan nilai tukar suatu mata uang, preferensi likuiditas, variasi tingkat inflasi, serta variasi kebijakan fiskal dan perdagangan dari setiap negara.
sebuah pasar baru dapat dikatakan efisien apabila harga-harga yang berlaku sepenuhnya mencerminkan informasi yang tersedia. Sedangkan sebuah pasar valuta asing dikatakan efisien apabila kurs berjangka yang tengah berlaku secara akurat dapat memprediksikan kurs spot yang akan berlaku di masa-masa selanjutnya.
Efisiensi Pasar Valuta Asing
Jika pasar efisien maka harga-harga yang ada dapat mencerminkan nilai kelangkaan dari berbagai sumber daya yang ada, yang selanjutnya akan menjurus pada alokasi segenap sumber daya tersebut secara efisien.
Pengantar Teori-teori Kurs
Pendekatan Perdangangan atau Pendekatan Elastisitas Terhadap Pembentukan Kurs
Teori Paritas Daya Beli untuk Menjelaskan Proses Pembentukan Kurs
Pendekatan Moneter terhadap Pembentukan Kurs dan Lonjakan Kurs
Pendekatan Keseimbangan Portofolio terhadap Pembetukan Kurs
Pendekatan elastisitas menekankan pentingnya peran perdagangan atau arus pertukaran barang dan jasa dalam pembentukan kurs.
secara garis besar, teori ini menyatakan pasar valuta asing berada dalam kondisi keseimbangan apabila semua deposito/simpanan dalam berbagai valuta asing menawarkan tingkat imbalan yang sama. Kondisi di mana perkiraan tingkat imbalan yang ditawarkan semua simpanan dalam berbagai valuta asing sama disebut sebagai kondisi paritas suku bunga (interest parity).
pendekatan moneter (monetary approach) menyatakan bahwa kurs tercipta dalam proses penyamaan atau penyeimbangan stok atau total permintaan dan penawaran mata uang nasional masing-masing negara.
Dasar teorinya bahwa,perbandingan nilai satu mata uang dengan mata uang lain ditentukan oleh tenagabeli uang tersebut (terhadap barang dan jasa) di masing-masing negara.
Menurut pendekatan ini kurs ekuilibrum adalah kurs yang akan menyeimbangkan nilai ekspor impor dari suatu negara.
Teori PPP ini dapat dibedakan menjadi dua versi yaitu: absolut dan relatif. Menurut Interpertasi absolut PPP, perbandingan nilai satu mata uang dengan mata uang lain (kurs) ditentukan oleh tingkat harga di masing-masing negara. Jika terjadi perubahan harga yang berbeda di kedua negara, maka kurs tersebut haruslah mengalami perubahan pula. Kurs PP yang didasarkan pada perubahan harga inilah yang sering disebut kurs PP dalam arti relatif.
Daya Beli yaitu PPP absolut dan PPP relatif. PPP absolut menyatakan bahwa harga sekumpulan komoditas di suatu negara akan sama dengan harga sekumpulan komoditas yang sama di negara dikalikan dengan kurs spot antar kedua negara tersebut. Sedangkan dalam PPP relatif diperhitungkan perbedaan inflasi antar berbagai negara
Pendekatan elastisitas dalam pembentukan kurs didasarkan pada arus perdagangan dan paritas daya beli untuk mengetahui pergerakan nilai tukar dalam jangka panjang.
Penawaran uang di suatu negara diasumsikan dapat ditetapkan atau diciptakan secara independen oleh otorita moneter dari negara bersangkutan. Namun sebaliknya, permintaan uang sangat ditentukan oleh tingkat pendapatan riil negar tersebut, atau tingkat harga-harga umum yang berlaku serta suku bunga.
Menurut teori/ pendekatan moneter, kurs valuta asing bukan ditentukan oleh permintaan dan penawaran valuta asing yang disebabkan oleh aktivitas perdagangan barang, jasa dan lalu lintas modal tetapi oleh permintaan dan penawaran uang.
Pendekatan ini menekankan bahwa kurs sesungguhnya terbentuk dalam proses penyamaan dan penyeimbangan stok atau total permintaan dan total penawaran aset-aset financial dalam setiap negara. Pendekatan ini juga memperhitungkan arti penting perdagangan (sektor riil).

pendekatan keseimbangan portofolio dapat dianggap sebagai salah satu versi pendekatan moneter yang lebih realistis dan memuaskan
Thank You :)
Mampu menjelaskan
pentingnya penggunaan valas dalam bisnis internasional
fungsi-fungsi valas
teori serta menghitung nilai tukar mata uang asing
arbitrase suku bunga dan efisiensi pasar valas
Tujuan Pembelajaran
Istilah-istilah dalam Mata Uang
Redenominasi
Senering
Inflasi
Deflasi
Devaluasi
Revaluasi
Apresiasi
Depresiasi
Sistem Kurs
Sistem Nilai Tukar Tetap (
Fixed Exchange Rate
)
Sistem Nilai Tukar Mengambang Bebas (
Freely Floating Exchange Rate
)
Sistem Nilai Tukar Mengambang Terkendali (
Managed Floating Exchange Rate
)
Sistem Nilai Tukar Terikat (
Pegged Exchange Rate
)
Full transcript