Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

SPS

Pengembangan aplikasi workbook android sebagai media mobile learning untuk siswa SMA
by

Widyanirmala NFN

on 16 January 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of SPS

Daftar Pustaka BAB I Pendahuluan Pengembangan aplikasi workbook Android sebagai media mobile learning untuk siswa SMA Latar Belakang BAB III Metodologi Penelitian BAB II Kajian Teori dan Kerangka
Berfikir RancanganWorkbook Salah satu masalah pembelajaran saat ini adalah siswa sering jenuh dan tak memiliki motivasi belajar karena berbagai hal, salah satunya adalah pembelajaran di sekolah masih bersifat konvensional, sementara kehidupan di luar sekolah memfasilitasi mereka untuk mengakses berbagai teknologi canggih yang menghibur dan menarik. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui mobile learning, dimana pembelajaran tak hanya terjadi di sekolah, tapi dimana pun dan kapan pun siswa mau melalui sarana mobile.
Salah satu teknologi yang menduduki posisi tertinggi dalam dunia mobile saat ini adalah Android. Android merupakan OS teratas di dunia. Berdasarkan data Jumptap, persentase penggunanya di dunia mencapai 58,8 % pada bulan Maret 2012. Kelebihan Android di antara OS lainnya adalah Complete, open source, dan free platform sehingga Android dapat menjadi sistem operasi yang mendukung keberlangsungan mobile learning. Selain itu, Android mobile juga telah menjadi salah satu gadget yang telah banyak dimiliki oleh siswa sehingga mendukung pembelajaran menggunakan aplikasi Android. Di antara sekian banyak pembelajaran di sekolah, mata pelajaran yang sering sulit dipahami oleh siswa adalah mata pelajaran fisika, khususnya pada materi teori relativitas khusus. Karena materi ini bersifat abstrak dan siswa sulit membangun konsep yang ada. Materi ini juga diberikan pada semester akhir menjelang ujian nasional, dimana guru dan siswa lebih memberikan perhatian mereka untuk mereview ulang materi kelas X dan XI. Oleh karena itu dibutuhkan suatu pembelajaran alternatif yang dapat membantu siswa untuk lebih mamahami konsep tersebut.
Salah satu media pembelajaran yang dapat memecahkan masalah tersebut adalah workbook. Workbook dapat membantu siswa menemukan konsep secara mandiri melalui berbagai ilustrasi, pertanyaan-pertanyaan, dan petunjuk. Saat ini banyak workbook yang beredar, diantaranya sangat menarik, namun workbook fisika masih sangat sederhana dan kurang menarik. Di sisi lain berbagai animasi fisika berupa workbook banyak berkembang di media online, namun animasi tersebut hanya bisa diakses dengan menggunkan internet, tak dapat dimiliki secara pribadi. Oleh karena itu, dikembangkanlah aplikasi workbook Android sebagai media mobile learning. Workbook yang saat ini beredar Salah satu
workbook fisika Animasi Fisika berupa workbook Apakah workbook dapat dikembangkan melalui mobile learning?
Apakah workbook berupa aplikasi pada Android mobile dapat menjadi sarana belajar alternatif?
Apakah aplikasi workbook pada Android mobile dapat menarik minat siswa?
Apakah Aplikasi workbook pada Android mobile dapat membantu pemahaman siswa?
Apakah Aplikasi workbook dengan sistem operasi Android dapat mengemas materi Teori Relativitas Khusus secara lebih jelas dan konkrit?
Apakah sistem belajar mandiri melalui aplikasi workbook pada Android mobile dapat meningkatkan pemahaman siswa secara mendalam? B. Identifikasi Masalah E. Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Aplikasi workbook Android sebagai media mobile learning pada materi Teori Relativitas Khusus untuk siswa SMA. Berdasarkan pembatasan masalah di atas, dapat dirumuskan masalah pada penelitian ini adalah: “Apakah aplikasi workbook Android yang dikembangkan sebagai media mobile learning untuk materi Teori Relativitas Khusus memenuhi syarat sebagai media pembelajaran siswa SMA?” D. Perumusan Masalah C. Pembatasan Masalah Penelitian ini dibatasi pada “Pengembangan Aplikasi workbook Android sebagai media mobile learning pada materi Teori Relativitas Khusus untuk siswa SMA”. Memberikan alternatif pembelajaran yang menarik dan berpotensial dalam membantu pemahaman konsep siswa pada materi Teori Relativitas Khusus.
Memberikan keefektifan pembelajaran bermakna melalui belajar mandiri dengan Aplikasi workbook Android.
Meningkatkan ketertarikan siswa pada pembelajaran Fisika.
Memberikan alternatif baru pada pembelajaran Fisika berupa aplikasi workbook dengan sistem operasi Android.
Memberikan kebebasan belajar sebebas-bebasnya melalui Aplikasi workbook dengan sistem operasi Android dengan distribusi yang open source. F. Manfaat Penelitian A. Landasan Teori Workbook merupakan sebuah buku pegangan yang mengarahkan siswa melakukan suatu kegiatan (kerja), dalam hal ini bisa menjawab pertanyaan-pertanyan atau memecahkan masalah berdasarkan pengamatan ilustrasi sehingga siswa dapat menemukan sendiri konsep yang dimaksud. 1. Workbook Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi. Android merupakan platform mobile pertama yang “Lengkap, Terbuka dan Bebas”
Lengkap (Complete Platform): Para desainer dapat melakukan pendekatan yang komprehensif ketika mengembangkan platform Android. Android merupakan system operasi yang aman dan banyak menyediakan tools dalam membangun software dan memungkinkan untuk peluang pengembangan aplikasi.
Terbuka (Open Source Platform): Platform Android disediakan melalui lisensi open source. Pengembang dapat dengan bebas untuk mengembangkan aplikasi.
Free (Free Platform): Android adalah platform/aplikasi yang bebas untuk develop. Tidak ada lisensi atau biaya royalti untuk dikembangkan pada platform Android. Tidak ada biaya keanggotaan diperlukan. Tidak diperlukan biaya pengujian. Tidak ada kontrak yang diperlukan. Aplikasi untuk android dapat didistribusikan dan diperdagangkan dalam bentuk apa pun. 2. Android Pendidikan yang saat ini berlangsung masih bersifat konvensional, sementara perkembangan teknologi yang ada sudah memfasilitasi siswa untuk bertindak secara kreatif, terbuka, dan menyenangkan. Ketimpangan ini yang membuat siswa merasa jenuh dengan pembelajaran di Sekolah. Oleh karena itu, dibuatlah pembelajaran baru yang kiranya dapat mengatasi hal ini berupa aplikasi workbook Android Fisika sebagai media mobile learning untuk Teori Relativitas Khusus.
Workbook yang berfungsi mengarahkan dan menuntut siswa menemukan konsep dapat membantu pemahaman siswa pada materi Teori Relativitas Khusus yang kompleks. Android sebagai complete, open source, dan free platform memberikan kesempatan yang besar untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi sehingga siswa dapat memperoleh pembelajaran alternatif yang dapat mengatasi masalah-masalah pembelajaran di ruang kelas. C. Kerangka Berfikir C. Penelitian yang Relevan Pada penelitian Annisa berupa pembelajaran berbasis mobile (mobile learning) dengan menggunakan OS Android diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran berbentuk aplikasi dengan materi taraf intensitas bunyi dapat dijadikan sebagai media pendukung pembelajaran untuk siswa. Beberapa saran dari penelitian tersebut untuk penelitian berikutnya, yaitu:
Pengembangan aplikasi berikutnya tidak hanya menggunakan adobe flash tapi menggunakan software eclipse agar aplikasi yang dihasilkan lebih interaktif.
Untuk berpindah dari satu halaman ke halaman yang lain menggunakan metode swipe sehingga tidak manual menggunakan tombol.
Untuk pengembangan selanjutnya agar disiasati untuk menampilkan animasi yang lebih nyata kepada siswa. Berdasarkan penelitian Cheryl Fillmore dan Associate Professor Juhani Tuovinen dengan judul “A Smarter Way to Teach Physics”, Peneliti menggunakan “the cognitive load theory” untuk memahami mengapa Fisika sangat sulit untuk dipelajari kemudian mendesain materi instruksional dan memilih Tablet PC sebagai teknologi pendukung terbaik untuk membantu siswa menguasai kompleksitas Fisika. Penggunaan workbook berupa Tablet PCs ternyata memeberikan hasil yang baik pada pembelajaran Fisika, dan untuk generalisasi bisa diuji cobakan ke mata pelajaran lainnya stingkat SMA dan universitas. Selain itu, penelitian ini juga menyinggung kegagalan penelitian sebelumnya, Ternyata keberhasilan suatu media dalam pembelajaran juga didukung oleh keterlibatan guru dalam mengarahkan siswa. Metode penelitian yang digunakan dalah metode penelitian pengembangan (development research). C. Metode Penelitian Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pendidikan Fisika FMIPA UNJ dan uji coba diSMA Negeri 30 Jakarta Kelas XII semester genap tahun ajaran 2012/2013 dengan waktu penelitian pada bulan April - Mei 2013. B. Tempat dan Waktu Penelitian A. Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi workbook dengan operasi Android sebagai media mobile learning untuk siswa SMA. Langkah – langkah pengembangan aplikasi workbook Android D. Desain Penelitian Dalam pengumpulan data untuk mengembangkan aplikasi workbook Android, diperlukan validasi dari berbagai ahli, seperti ahli materi, media, dan bahasa, diantaranya:
Ahli materi : Dosen Fisika FMIPA UNJ.
Ahli media : Dosen Fisika FMIPA UNJ dan Dosen Teknologi Pendidikan
Ahli bahasa : Dosen Fisika FMIPA UNJ
Guru Fisika kelas XII SMA
Siswa kelas XII SMA E. Teknik Pengumpulan Data Instrumen penelitian menggunakan kriteria kelayakan software pembelajaran yang dibuat oleh BSNP. F. Instrumen penelitian Tabel 2. Kriteria Interpretasi Skor Teknik analisis data menggunakan interpretasi data dari hasil kuesioner guru dan siswa (deskriptif kualitatif). Tabel 1. Skor Instrumen Penilaian Menurut skale likert, variabel yang diukur dijabarkan lagi menjadi indikator variabel. Rating yang dipergunakan adalah: G. Teknik Analisa Data Ally, M., Lin, F., McGreal, R. And Woo, B. (2005). An Intelligent Agent for Adapting and Delivering Course Materials to Mobile Learners. [Online]. Tersedia: http://www.mlearn.org.za/CD/papers/Ally-an%20intelligent.pdf, 23 Feb 2009
 
Andy, Yonatan. (2007). Perancangan dan Implementasi Mobile Learning untuk Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Brew. Bandung: STEI ITB
 
Arifah, Annisa Nurul. 2012.Pembuatan media pembelajaran taraf intensitas bunyi.Jakarta: UNJ
 
Arifudin, M. Achya. 2007. Fisika: Pelajaran Fisika untuk SMA/MA Kelas XII. Bekasi: Inter Plus
 
Beiser, Arthur. 2002. Concepts of modern physics. [online] Tersedia: McGraw-Hill Science/engineering/math
 
Filmore, Cheryl, Associate Professor Juhani Tuovinnen. 2008. Smarter Way to Teach Physics. Queensland: University of the Sunshine Coast. DAFTAR PUSTAKA  
Hapsari, Nindya. 2009. Pengembangan Lembar Kerja berbasis web untuk praktikum getaran pegas di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: UNJ
 
Holzner, Steven, PhD. 2007. Physics Workbook For Dummies. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, Inc.
 
Krane, Kenneth. 2006. Fisika Modern (Judul asli: Modern Physics). Jakarta: UI-Press

Kyoung, Kim soo, dkk. 2011. Belajar Fisika bersama Profesor Don Quixote: Ruang & Waktu. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer (Kelompok Gramedia)
 
Nugraha, Aditya Sri, dkk. (2011) Pengembangan dan Implementasi Mobile Learning Berbasis J2ME untuk Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi. Bandung: UPI
 
Nurzanah.2009.Pengembangan LKS berdasarkan metode inkuiri dalam pembelajaran fisika. Jakarta: UNJ
 
 
Sadiman, Arief S.(dkk).(2010). Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
 
Staf Pengajar Fisika, Departemen Fisika , FMIPA, IPB Fisika. Power Point: Fiaika Modern.
 
Houghton Mifflin company. 2009. The American heritage dictionary of the English language, fourth edition. [Online]. Tersedia: http:americanheritage.yourdictionary.com/workbook, 31 Desember 19.15
 
The random house unabridged dictionary, copyright random house, inc 2011. [Online]. Tersedia: dictionary.com/d/?q=workbook, 31 Desember 19.20
  
Alamat website:
 
http://www.teknoup.com/news/14700/android-dan-ios-mendominasi-pangsa-pasar-os/ 26 Oktober 2012: 21.45
http://www.onestic k.com/relativity/ 3 Januari 2013: 17.00
google gambar – workbook (27 Desember 2012 : 10.00)
Full transcript