Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Copy of Dinamika Interaksi Manusia

No description
by

Hanif Wetan

on 11 April 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Copy of Dinamika Interaksi Manusia

Dinamika Interaksi Manusia
Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti gotong royong yang terlihat pada video atau gambar disekitar tempat tinggal atau disekolahmu?

Taukah kamu bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk dari suatu interaksi dalam masyarakat. Interaksi dalam masyarakat sangat penting apalagi kita tau bahwa Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu, manusia perlu berinteraksi dengan manusia lainnya.

Interaksi merupakan suatu bentuk hubungan timbal balik antara individu dengan individu maupun individu dengan kelompok.

Media Pembelajaran IPS
by. Oky Septia P
Interaksi tentunya bukan hanya dengan individu ataupun kelompok melainkan interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan Ekonomi yang didalamnya tentu terdapat dinamika.
Apa itu dinamika?
Dinamika interaksi merupakan berbagai macam dilema atau polemik dalam kehidupan bermasyarakat karena manusia mempunyai karakter masing-masing, dinamika interaksi juga bisa dikatakan sebagai interaksi atau hubungan antar manusia yang dapat membentuk suatu perubahan baik secara progesif atau retrogasif.

Peta Konsep
Dinamika interaksi manusia
Interaksi manusia dengan lingkungan Alam
interaksi manusia dengan Lingkungan sosial
interaksi manusia dengan budaya
interaksi manusia dengan ekonomi
interaksi manusia dengan lingkungan alam
Manusia adalah mahluk hidup oleh karena itu manusia juga berinteraksi dengan lingkungan. Dalam interaksi tersebut terdapat pola interaksi antara manusia dengan lingkungannya.interaksi antara manusia dengan lingkunganya terjadi dari sejak manusia lahir dan menempati dunia ini.
Manusia hidup pasti mempunyai hubungan dengan lingkungan hidupnya. Pada mulanya manusia mengenal lingkungan hidupnya kemudian barulah manusia berusaha menyesuaikan dirinya.

Dinamika dari interaksi manusia dengan lingkungan bisa kita lihat dari adanya perubahan seperti yang terjadi pada video sebelumnya
Dalam sosiologi, dinamika sosial diartikan sebagai keseluruhan perubahan dari seluruh komponen masyarakat dari waktu ke waktu. Dinamika kelompok berasal dari kata dinamika dan kelompok Keterkaitannya dengan interaksi adalah interaksi mendorong terbentuknya suatu gerak keseluruhan antara komponen masyarakat yang akhirnya menimbulkan perubahan-perubahan dalam masyarakat baik secara progresif ataupun retrogresif.
interaksi manusia dengan lingkungan sosial
Dinamika interaksi sosial yang terjadi dalam kehidupan sosial bisa kita lihat dari perubahan yang terjadi zaman sekarang ini yaitu Globalisasi dan kemajuan IPTEK sebagai hasil dari dinamika interaksi sosial
Didalam interaksi itu yang dilakukan terus-menerus bahkan dapat menimbulkan ‘sesuatu hal /kebiasaan dalam lingkungan masyarakat yang berulang dan menjadi kebiasaan atau diturunkan kepada masyarakat selanjutnya, hal ini kerap dikenal dengan istilah Kebudayaan.
Jika kita mengamati seluruh kelompok manusia di muka bumi ini, tentunya kita dapatkan berbagai corak Kebudayaan yang berbeda-beda. Bahkan jika dipersempit untuk mengamati Negara kita saja Indonesia, tentunya kita dapat melihat banyak sekali perbedaan Kebudayaan di setiap daerah dari sabang sampai merauke (daerah barat sampai daerah timur Indonesia).

Interaksi manusia dengan budaya
Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun. Budaya tercipta dari kegiatan sehari hari dan juga dari kejadian – kejadian yang sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa.

Untuk memenuhi semua kebutuhan manusia butuh uang. Untuk mendapatkan uang, manusia harus bekerja. Setelah bekerja dan mendapatkan uang, uang itu kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Di samping itu, uang tersebut ditabung untuk kebutuhan-kebutuhan yang akan datang. Jadi, manusia selalu penuh perhitungan dalam hidupnya. Karena itulah manusia disebut makhluk ekonomi (homo economicus) karena manusia selalu memikirkan upaya untuk memenuhi kebutuhannya sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi.
interaksi manusia dengan ekonomi
karena manusia sebagai Homo Economicus itu mendasari dinamika ekonomi terlihat dari manusia yang cenderung berpusat pada dirinya. Tanpa sifat dasar ini, manusia tidak akan terdorong mencari untung. Dinamika ekonomi tidak akan terjadi, dengan itu dapat dikatakan bahwa secara naluriah ekonomi memang bersifat egosentris
Thankyou n_n
MOTIVASI
individu dan individu
individu yang satu memberikan pengaruh, rangsangan kepada individu lainnya
contoh : berjabat tangan
individu dan kelomopok
bentuk semacam ini menunjukan bahwa kepentingan individu berhadapan dengan kepentingan kelompok
contoh seorang penceramah dengan pendengarnya
kelompok dan kelompok
Pentingnya menghargai keanekaragam dan toleransi melihat begitu beragamnya kebudayaan yang Indonesia miliki.

1106188
Pend.IPS 5B
Kompotensi inti : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait penomena dan kejadian tampak mata.
KompetensiDasar :Membandingkan landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

Full transcript