Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Mendengarkan dalam Komunikasi Interpersonal

No description
by

Irzal Oi

on 16 April 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Mendengarkan dalam Komunikasi Interpersonal

Active listening : mampu memberikan feedback terhadap pesan



Inactive listening : tidak mampu memberikan feedback (hanya menjadi pendengar yang baik) LISTENING IN INTRAPERSONAL COMMUNICATION Muhammad Irzal A. (14030112140033)
Sriadi Lintang K. (14030112130051)
Cipta Uli Mediana (14030112110038)
Asep Virgo (14030112120019)
Wulan Septiana P. (14030112130040)
Feby Mangireta (14030112120009)
Ayu Saraswati (D2C009094) 1.  Mendengarkan Partisipatif dan Pasif Perbedaan Prilaku Nonverbal Pembicara dari budaya yang berbeda memiliki aturan yang berbeda, aturan-aturan budaya yang mengatur perilaku nonverbal Budaya dan Mendengarkan Latar belakang budaya yang berbeda akan menimbulkan makna yang berbeda antara pembicara dan pendengar Proses Mendengarkan Gaya Langsung dan Tidak Langsung Tipe-tipe mendengarkan efektif   3. Mendengarkan secara Kritis dan Tidak Menghakimi Mendengarkan adalah . . . proses fisiologis yang terjadi ketika Anda berada di sekitar getaran di udara dan getaran ini menimpa pada gendang telinga Anda. 1. Receiving (menerima)
2. Understanding (memahami)
3. Remembering (mengingat)
4. Evaluating (mengevaluasi)
5. Responding (merespons) 1. Receiving (menerima) Mendengarkan dimulai dengan menerima pesan verbal dan nonverbal, mereka terdiri dari kata serta gerak tubuh, ekspresi wajah, dan variasi dalam tingkat volume. Fokuskan perhatian Anda pada pesan verbal dan nonverbal pembicara, atas apa yang dikatakan dan apa yang tidak dikatakan.
Hindari gangguan dalam lingkungan
Fokuskan perhatian Anda pada speaker bukan pada apa yang akan Anda katakan selanjutnya
Mempertahankan peran Anda sebagai pendengar dan menghindari mengganggu 2. Understanding (memahami) Memahami adalah tahap di mana Anda mempelajari apa maksud pemikiran pembicara dan dari emosi nada. Menghubungkan informasi baru pembicara dengan apa yang sudah Anda ketahui.
Lihat pesan pembicara dari sudut pandang pembicara, hindari menilai pesan sampai Anda benar-benar memahami apa yang dimaksudkan si pembicara.
Ajukan pertanyaan untuk klarifikasi, jika perlu, minta rincian tambahan atau contoh jika dibutuhkan
Ulangi ide-ide pembicara dalam kata-kata Anda sendiri. Dalam pemahaman, cobalah untuk: 4. Evaluasi (Evaluating) Evaluasi terdiri dari menilai pesan dalam beberapa cara.

Terkadang kamu mungkin mencoba untuk mengevaluasi niat atau motif pembicara (speaker)

Di situasi lain, evaluasi tadi lebih bersifat analisis yang kritis Dalam mengevaluasi, kita mencoba untuk : Menentang evaluasi sampai kamu sepenuhnya mengerti terhadap sudut pandang pembicara.

Anggapan pembicara tersebut seseorang yang baik, dan memberi manfaat kepada pembicara.

Membedakan fakta dari kesimpulan, opini, penafsiran pribadi pembicara.

Mengidentifikasi setiap prasangka uang dapat menyebabkan pembicara condong memihak. 5. Menanggapi (Responding) Dua fase yang terjadi dalam responding
1) Tanggapan dibuat saat pembicara sedang berbicara
Tanggapan dibuat sebagai bukti kita mendengarkan pembicara berbicara
Adanya back-channeling cues
2) Tanggapan dibuat setelah pembicara selesai berbicara
Lebih rumit dan mungkin termasuk mengekspresikan rasa empati , bartanya untuk mengklarifikasi, dan menyetujui Mendukung seluruh apa yang disampaikan pembicara dengan menggunakan back-channeling cues
Mengekspresikan dukungan untuk pembicara ditanggapan akhirmu
Jujur
Menyampaikan tanggapan milikmu
Jangan menyamakan Dalam responding, kita mencoba untuk : Berbicara dan Bahasa Dalam komunikasi antar pribadi ada hal yang dapat membedakan makna dari komunikasi dua arah, yaitu berbicara dengan aksen dan bahasa yang berbeda Ini adalah kondisi bagaimana lawan bicara kita menangkap maksud dari pesan yang kita sampaikan dari gaya kita menyampaikannya. Gaya Langsung, jujur, dan langsung ke maksud.
Gaya Tidak langsung, lebih mengutamakan kesopanan dan kesantunan. Feedback/Umpan Balik Perbedaan budaya mempengaruhi cara seseorang memberikan feedback Kepercayaan Kepercayaan atau keyakinan seseorang akan berbeda dari satu budaya dengan budaya yang lainnya Perempuan umumnya membangun sebuah hubungan dan menetapkan sebuah pertemanan kemudian saling berkomunikasi dengan menjadi pendengar setia hingga akhir pembicaraan Sedangkan laki – laki hanya menunjukkan keahlian, menekanken hal – hal yang dimaksud, dan mendominasi sebuah komunikasi. 2. Mendengarkan secara empatik dan Objektif Dalam mendengarkan secara kritis , kenali beberapa kesalah persepsian berikut :
Ø Pemanggilan-nama/julukan,
Ø  Kesaksian,
Ø  Bandwagon,
Ø  Pengaturan Agenda,
Ø  Serangan Teknik Aktif Mendengarkan Mengekspresikan kepahaman atas perasaan si pembicara Menguraikan maksud dari apa yang di sampaikan oleh si pembicara Mengajukan pertanyaan Surface listening : maknanya tersirat langsung.



Depth listening : maknanya tidak tersirat secara langsung Jenis Kelamin dan Mendengarkan Thank You... Kegunaan Aktif Mendengarkan Menunjukkan bahwa kamu mendengarkan Untuk mengecek seberapa akurat kamu mendengarkan apa yang disampaikan oleh pembicara beserta maksudnya Melalui aktif mendengarkan, kamu mengekspresikan kepengertian atas perasaan si pembicara Dengan aktif mendengarkan, kamu bisa dengan tepat mengeksplorasi lebih lanjut perasaan dan pikiran si pembicara Dalam menerima, cobalah untuk : 3. Remembering (mengingat) Anda dapat menambah memori Anda dengan mengambil catatan atau dengan merekam pesan.
Apa yang Anda ingat sebenarnya bukan apa yang dikatakan tetapi apa yang Anda pikirkan, fahami (atau apa yang ingat) yang dikatakan
Dalam prosesnya, bagaimanapun, pesan sering mengalami ganguan. Dalam mengingat, cobalah untuk: Mengidentifikasi ide-ide pokok dari pesan dan garis besarnya.
Merangkum pesan dalam bentuk yang lebih mudah dimengerti, tapi hati-hati jangan merubah detail penting atau esensinya.
Ulangi nama dan konsep kunci untuk diri sendiri atau, jika sesuai, dengan lantang. Melibatkan 5 tahapan :
Full transcript