Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Copy of kritisi jurnal neuro

No description
by

eika advis

on 4 March 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Copy of kritisi jurnal neuro

Masukan Untuk Jurnal Italian Longitudinal Study on Aging Working menunjukkan ada 150.000 kasus baru demensia setiap tahunnya, dan 57% diantaranya menunjukkan AD.

Merawat seseorang dengan AD bisa jadi merupakan pengalaman yang berat dan quality of life (QOL) atau kualitas hidup baik penderita maupun yang merawatnya menjadi kurang. Latar Belakang Analisis Jurnal Metode penelitian Sebuah desain fenomenologi hermeneutik menggunakan metode kualitatif dengan menggabungkan fitur dari deskriptif (Husserlian) dan interpretatif fenomenologi (Gadamerian) digunakan untuk meneliti 32 perawat informal pada pasien dengan penyakit Alzheimer. Hasil penelitian Makna kualitas hidup dan faktor-faktor yang mempengaruhi dapat dikategorikan dalam 3 kelompok, yaitu : Kelebihan :
-Peneliti secara lugas membahas analisis dan persepsi QOL pengasuh pasien dengan penyakit Alzheimer.
-Judul sudah sesuai, sudah menggambarkan penelitian dalam jurnal ini.
-Variabel terikat dalam jurnal ini adalah QOL dan pengasuh informal pasien dengan penyakit Alzheimer.
-Abstrak jurnal sudah bagus. Semua isi jurnal tertuang dalam abstrak tanpa meninggalkan ringkasan yang dapat menarik pembaca untuk membaca lebih lanjut jurnal hingga selesai.
-Tujuan jurnal sudah sangat jelas dari awal. THANKS !
Mega Wijaya
Uzzy Lintang S
Risyda Marifatul
Rahmayani Latif

IK Reg 2
KELOMPOK 1 Quality of Life for Caregivers
of People with Alzheimer’s Disease Menurut penelitian terdahulu :

Yang meningkatkan QOL
usia, kesehatan fisik, tujuan hidup, status financial yang baik, dukungan social, kondisi spiritual yang baik.

Yang memperburuk QOL
masalah financial, kurangnya fungsi keluarga, kebiasaan pasien yang sulit,, dan masalah psikologis pengasuh itu sendiri. QOL dipengaruhi factor-faktor seperti penghasilan, tempat tinggal, fungsi fisik, kemampuan bekerja, status social ekonomi, dukungan social, tata krama, stress, beban, kebahagiaan, aktualisasi diri, gangguan mood, nilai kehidupan, makna kehidupan, dan kepuasan hidup, penyesuaian dan budaya. Tujuan
untuk mengetahui makna dari Quality of Life (QOL) bagi pengasuh pasien dengan AD dan apa saja yang dapat mempengaruhi QOL mereka. TOPIK
membahas tentang bagaimana makna dari Quality 0f Life (QOL) bagi pengasuh pasien dengan AD dan apa saja yang dapat mempengaruhi QOL mereka. IDENTIFIKASI MASALAH
Keluarga atau bisa disebut informal caregivers adalah pihak yang paling penting dalam perawatan pasien Alzheimer’s disease (AD).
Di Italia, sebanyak 80-90% pasien AD dirawat oleh keluarganya.
Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya QOL pada anggota keluarga dengan dementia adalah factor yang mempengaruhi penempatan pasien AD di panti jompo.
Prevalensi AD yang meningkat dan rendahnya QOL pada keluarga yang merawat menyebabkan biaya perawatan kesehatan yang harus dikeluarkan meningkat sehingga terjadi masalah ekonomi. Namun, walaupun terdapat penelitian mengenai situasi yang dialami pengasuh dan juga bagaimana strategi meningkatkan QOL, sayangnya belum ada penelitian yang mengeksplorasi arti dari QOL itu sendiri bagi pengasuh.
Memahami arti dari QOL bagi pengasuh akan menjadi fondasi penting untuk penelitian yang bertujuan mengungkap masalah-masalah yang dialami pengasuh dan bagaimana intervensi yang spesifik untuk meningkatkan QOL mereka. Pada 8 tahun yang lalu, terdapat sebuah penelitian di Italia yang mengungkap masalah-masalah yang dialami pengasuh pasien AD.
Penelitian ini mengidentifikasi efek dari intervensi pembelajaran psikis untuk mengurangi stress yang dialami pengasuh akibat kebiasaan klien dan memvalidasi instrument baru untuk menganalisa beban pengasuh. RESPONDEN
- 11 pria dan 21 wanita direkrut dari departemen gerontologi dari pusat medis di Roma, Italia.
- merupakan kerabat atau teman dari pasien dengan penyakit Alzheimer yang melakukan kunjungan rutin.
- telah terlibat dalam merawat keluarga atau teman yang menderita Alzheimer paling lama 2 tahun
- Status hubungan pengasuh : 21 pasangan, 9 anak-anak dan 2 orang teman pasien dengan penyakit Alzheimer.
- Usia mereka diperkirakan telah mencapai 28 hingga 83 tahun, usia rata-rata adalah 62 tahun.
- 25 dari pengasuh tinggal dengan pasien dan memperhatikan pasien selama rata-rata 15 jam / hari.
- 7 pasien memiliki skor sebesar < 3 pada Penilaian Skala Klinis Demensia (demensia sedikit atau sedang), dan sisanya memiliki skor > 3 (lanjutan demensia). Wawancara dilakukan dari November 2004 sampai Juni 2005 oleh salah satu anggota Tim penelitian.
Wawancara berlangsung masing-masing setengah jam, dan peserta diberi keyakinan bahwa semua wawancara yang dilakukan bersifat rahasia.
Wawancara dilakukan dengan memberikan pertanyaan terbuka yaitu :
•Mengingat fakta bahwa Anda merawat orang yang menderita penyakit Alzheimer, apa yang Anda pikirkan tentang Quality Of Life (QOL)?
•Menurut anda faktor apa yang meningkatkan Quality Of Life (QOL)?
•Menurut anda faktor apa yang memperburuk Quality Of Life (QOL)?
1.Makna kualitas hidup
a.Tenteram, sentosa, dan sehat psikologis
b.Kebebasan
c.Kesejahteraan umum, kesehatan dan status financial yang baik 2.Faktor yang dapat meningkatkan kualitas hidup caregiver
a.kesehatan yang baik pada pasien Alzheimer
b.Kemandirian pasien
c.Bantuan dalam memberikan perawatan
3.Faktor yang dapat memperburuk kualitas hidup caregiver
a.Kekhawatiran akan masa depan dan kelanjutan penyakit pasien
b.Stress Kekurangan
-Analisis hasil penelitian kurang efisien, proses analisis menggunakan dua bahasa, dimana transkrip wawancara diterjemahkan dalam bahasa Inggris kemudian diterjemahkan kembali dalam bahasa Italia kemudian dibandingkan.
-Hasil pengambilan data tidak disampaikan dalam bentuk tabel yang sebenarnya dapat membantu pembaca untuk mudah memahami isi jurnal.
-Membandingkan hasil dalam 2 bahasa dirasa masih kurang jelas tujuannya.
-Tidak disebutkan lokasi penelitian yang spesifik, misalnya: Rumah Sakit A, Roma, Italia. APLIKASI DI INDONESIA Jurnal ini cocok diaplikasikan di Indonesia dengan jumlah pasien Alzheimer yang lumayan besar. Dengan kata lain, dapat dipastikan jumlah pengasuh informal pasien dengan Alzheimer berbanding lurus. Selain itu, aplikasi jurnal ini juga tidak membutuhkan biaya yang sangat besar, sehingga sangat memungkinkan diaplikasikan di Indonesia. Sejauh ini, aplikasi jurnal ini masih memungkinkan diaplikasikan pada masyarakat dengan daerah yang lebih maju. Dengan persepsi yang sudah dewasa, mereka bisa saja cocok dengan aplikasi jurnal ini. Seorang pengasuh pasti membutuhkan quality of life yang baik. Tidak lupa, aplikasi jurnal ini memerlukan dukungan penuh juga dari pemerintah. Namun, terdapat juga hal yang dapat menghambat aplikasi jurnal ini di Indonesia. Latar belakang Indonesia yang terdiri dari beberapa ras dan suku memungkinkan perbedaan persepsi Quality of Life terhadap pengasuhan / perawatan orang dengan penyakit Alzheimer. Lebih mengerucut lagi, risiko kurangnya homogenitas peserta dalam analisis data aplikasi jurnal yang disampaikan penulis jurnal sendiri sebagai keterbatasan akan meningkat, sehingga menghambat tercapainya tujuan penelitian. -Alasan penelitian sudah disampaikan secara spesifik.
-Sangat jelas sekali dalam jurnal ini terdapat banyak sekali sitasi rujukan yang memungkinkan pembaca untuk menggali lebih lanjut dasar dari penelitian ini.
-Belum ditemukan kesalahan fakta pada jurnal karena penelitian dilakukan di Italia.
-Jurnal ini sangat bagus untuk meningkatkan dunia keperawatan.
-Jurnal ini sendiri sudah menyatakan keterbatasannya dalam penelitian, yaitu kurangnya homogenitas peserta dalam analisis data sehingga memungkinkan peneliti lain untuk mengembangkan penelitian pada jurnal ini.
Full transcript