Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Untitled Prezi

No description
by

Roe Satriadi Roe

on 23 April 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Untitled Prezi

Anggota:
-Avilia Destriani
-Juwita Sekar Harum
-Ryano Satriadi
-Akbar Muhammadi
-Teguh PENYAMBUNGAN FIBER
OPTIK APA SERAT OPTIK
ITU Thank's for Attention Struktur Jaringan Jaringan Telekomunikasi Judul: Jaringan Akses Kabel Optik PENGERTIAN Kabel optik adalah saluran transmisi yang
terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai
rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu
tempat ke tempat lain. Dengan diameter ±120 µm. Konstruksi fiber optik terdiri dari 3 bagian, yaitu: -Core
-Cladding
-Coating CORE Merupakan elemen inti dari fiber optik yang dibuat dari material kristal kelas
tinggi yang bebas dari air. Bagian ini sangat penting karena menentukan
karakteristik serat. CLADDING Merupakan bagian yang dilapiskan pada inti. Terbuat dari gelas (kaca), namun indeks biasnya berbeda dengan inti. COATING Sekeliling inti dari selubung dibalut dengan “plastik coating” yang berfungsi untuk melindungi serat optik dari tekanan luar.

Dibuat dari core yang relative besar, dengan di selimuti cladding. Berdiameter antara 50m-200m, dimana selubung sangat tipis. Jenis ini biasa digunakan untuk jarak yang pendek, dengan bandwidth 10-100MHz dan redaman 5-30 dB/Km. FIBER OPTIK MEMPUNYAI 3 JENIS Step index multimode
Pada jenis ini, biasanya inti memiliki diameter 50µm-125µm. Berkas cahaya yang merambat melalui kabel ini dibelokan sampai propagasinya sejajar dengan sumbu serat. Jenis ini memiliki redaman 3-10dB/Km, dan bandwidth 1GHz. Graded Index Multimode Step Index Monomode Pada jenis ini, inti memiliki diameter 2-10m. Redaman pada jenis ini 2-5dB/Km dengan bandwidth 50GHz. Teknik Penyambungan Fiber Optik dengan Metode Penyambungan Fusi (Fusion Splicing) yaitu penyambungan serat optik yang dilakukan dengan cara melakukan pemanasan pada ujung sambungan menggunakan lelehannya sebagai perekat sehingga terbentuk suau sambungan kontinu. Alat dan bahan yang dibutuhkan 1. Optical Fiber Fusion Splicer




2. Sumber Listrik
3. Gunting dan cutter
4.. Round Cable Slitter 5. Buffer Tube Stripper



6. Tisu dan Alkohol



7. Spidol dan Meteran
8. Kabel fiber optik
9.. Alat pemotong Persiapan Kabel 1.mengukur panjang kabel yang akan dikupas untuk proses penyambungan dan potong kulit kabel
2.Bersihkan alumunium tape atau lapisan alumunium yang terdapat diantara kulit kabel dan water blocking dengan menggunakan gunting.
3.Urai susunan kabel agar lebih mudah dalam proses pengupasan dan bersihkan tube dari jell menggunakan kain majun yang dibasahi dengan alkohol. 4.Potong central stregh member sisakan 10 cm, lalu kupas kulit central stregh member 5cm.
5.Buka lapisan tube dengan menggunakan alat pengupas buffer tube splitter.
6.Ikat central stregh member pada clamp yang ada di dalam join closure.
7. Pasang kabel serat optik pada join closure yang sebelumnya telah dilapisi oleh plastik elastis pada pangkalnya. Cara Penyambungan kabel Fiber Optik 1.Masukan plastik khusus yang disebut slip protection untuk melindungi bagian core yang telah di splice satu persatu.
2.Kupas coating dengan menggunakan tang pengupas (fiber stripper) dengan cara memposisikan tang agak miring, tahan lalu tarik ke ujung core secara perlahan, kupas ± 4 cm.
3.Bersihkan core dengan tisue tanpa parfum yang sudah dibasahi dengan alkohol sampai gesekannya mengeluarkan bunyi. Lakukan sebanyak 2-3 kali lalu bersihkan kembali dengan tisue kering.
4.Masukan ke dalam pemotong core (fiber cleaver) dimana menempatkan ujung coating pada skala yang ada pada alat antara 15 mm – 20 mm, lalu potong. 5.Setelah itu masukan ke dalam fusion splicer yang akan menyambung core dengan teknik fusion. Penyambungan fiber optik sesuai dengan nomor core, artinya core nomor 1 harus disambung dengan core nomor 1 pula.
6.Kemudian tekan tombol berwarna hijau yang berarti start maka splicer akan meleburkan kedua core dan menyambugnya secara otomatis. Tunggu sampai layar menunjukan bahwa proses penyambungan telah selesai dan layar akan memunculkan estimasi redaman saluran yang dihasilkan dari kabel.
7.Keluarkan core yang telah tersambung tadi kemudian geser slip protection kearah core yang tidak tertutup oleh coating dan masukan kebagian heater yang berfungsi untuk memanaskan slip protection agar mampat, kemudian tekan heat dan tunggu sampai proses selesai dan mengeluarkan bunyi. Berdasarkan Teknologi Digital Loop Carrier (DLC)

Suatu sistem JARLOKAF dengan konfigurasi dasar point to point tanpa melewati percabangan, hanya menggunakan komponen sambungan (splice) dan konektor PASSIVE OPTICAL NETWORK (PON) Suatu sistem JARLOKAF dengan konfigurasi dasar point to multipoint dan melalui percabangan sinyal pasif optik. ACTIVE OPTICAL NETWORK (AON) Suatu sistem JARLOKAF dengan konfigurasi dasar Point to multipoint yang melalui perangkat percabangan aktif. Struktur Jaringan Berdasarkan Modus Distribusi ( Letak TKO ) Fiber To The Zone -TKO terletak di suatu tempat di luar bangunan, baik dalam kabinet dengan kapasitas besar.

- Terminal pelanggan dihubungkan dengan TKO melalui kabel tembaga hingga beberapa kilometer Fiber To The Building -TKO terletak di dalam gedung dan biasanya di ruang telekomunikasi dibasement.
-FTTB dapat dianalogikan sebagai Daerah Catu Langsung (DCL) Fiber To The Curb -TKO terletak di suatu tempat di luar bangunan, di dalam kabinet dan di atas tiang dengan kapasitas lebih kecil (< 120 sst)
-Terminal pelanggan dihubungkan dengan TKO melalui kabel tembaga hingga beberapa ratus meter. -TKO terletak di dalam rumah pelanggan
- Terminal pelanggan dihubungkan dengan TKO melalui kabel tembaga indoor atau IKR hingga beberapa puluh meter Fiber To The Home Beberapa keuntungan dari sistem komunikasi optik 1.Dapat menjangkau sampai puluhan bahkan ratusan kilometer.
2.Tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik.
3.Kapasitas transmisinya sangat besar.
4.Kualitasnya lebih bagus dari sistem komunikasi lainnya.
5.Material dasar kabel optik relatif lebih murah dari kabel tembaga.
Beberapa kelemahan dari sistem komunikasi optik 1.Sulit membuat terminal pada kabel serat
2. Penyambungan serat harus menggunakan teknik dan ketelitian yang tinggi.
3.Akan ada kemungkinan kehilangan sinyal, pengiriman ke tujuan yang berbeda-beda dapat mempengaruhi besarnya informasi yang
dikirimkan,
4. Fiber masih sulit untuk disatukan dan ketika telah mencapai titik akhir maka fiber harus diterima secara akurat untuk menghasilkan transmisi yang jernih
5. Komponen FO masih sangat mahal.
Full transcript