Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

PENGERTIAN,SUBJEK, dan SASARAN EVALUASI

No description
by

cahya dwi

on 9 September 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of PENGERTIAN,SUBJEK, dan SASARAN EVALUASI

PENGERTIAN,SUBJEK, dan SASARAN EVALUASI
Disusun Oleh :

Achmad Syafi Zain (130631100097)
Cahya Dwi Nugroho (130631100109)
Ria Irmawati (130631100115)
Cyntia Desy Pratiwi (130631100140)
Indah Rodiatun M (130631100141)

Subjek Evaluasi
Contoh:
1. Untuk mengetahui evaluasi tentang hasil belajar, maka sebagai subyek evaluasi adalah guru.
2. Untuk melaksanakan evaluasi sikap yang menggunakan sebuah skala, maka sebagai subyeknya dapat meminta petugas yang ditunjuk.
3. Untuk melaksanakan evaluasi terhadap kepribadian dimana menggunakan sebuah alat ukur yang sudah distandardisir, maka subyeknya adalah ahliahli psikolog

Sasaran Evaluasi
Kesimpulan
Pengertian Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi
Dalam sebuah kegiatan pembelajaran terdapat banyak sekali hal yang harus diperhatikan oleh seorang tenaga pendidik. Yang mana dalam kegiatan pembelajaran tersebut para tenaga pendidik memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap keberhasilan pembelajaran. Bukan hanya menyoalkan tentang strategi pembelajaran yang diterapkan atau target yang telah dicapai saja tetapi seorang tenaga pendidik juga harus dapat mengevaluasi secara keseluruhan terhadap apa yang terjadi selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
Evaluasi pembelajaran merupakan sebuah kegiatan mengevaluasi atau mengoreksi hal-hal yang telah terjadi atau dilakukan selama kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Atau dengan kata lain merupakan sebuah kegiatan mereka ulang untuk mengetahui hal-hal penting baik yang berupa kelebihan maupun kekurangan yang terjadi pada kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung dengan harapan agar dapat melakukan yang terbaik pada saat kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan nantinya.
b. Transformasi
Unsur yang terdapat dalam transformsi semuanya dapat menjadi sasaran atau objek penilaian demi diperolehnya hasil pendidikan yang diharapkan. Untuk transformasi yang menjadi objek penilaian antara lain:
1. Kurikulum/materi
2. Metode dan cara penilaian
3. Sarana pendidikan/media
4. Sistem administrasi
5. Guru dan personal lainya
c. Output
Penilaian terhadap lulusan suatu sekolah dikurikulum untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pencapaian/prestasi belajar mereka selama mengikuti progam. Alat yang digunakan untuk mengukur pencapaian ini disebut tes pencapaian atau achieviment test.
Kecendrungan yang ada sampai saat ini adalah bahwa guru hanya menilai prestasi belajar aspek kognitif atau kecerdasan saja. Alatnya adalah tes tertulis. Aspek psikomotorik, apalagi afektif sangat jarang diterapkan oleh guru. Akaibatnya, dapat kita buktikan yakni bahwa para lulusan hanya mengetahui teori tetapi tidak terampil melakukan keterampilan, juga tidak mampu mengaplikasikan pengetahuan yang sudah mereka ketahui. Lemahnya pembelajaran dan evaluasi terhadap aspek afektif ini, jika kita mau introfeksi, telah berakibat merosotnya akhlak para lulusan, yang selanjutnya berdampak luas pada merosotnya anak bangsa.
1. Evaluasi pembelajaran sangat baik digunakan untuk mengetahui kekurangan-kekurangan yang terdapat pada saat pembelajaran yang telah berlangsung. Dengan mengetahui kekurangan pembelajaran yang terdahulu maka seorang tenaga pendidik akan dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran yang selanjutnya.
2. Lalu selain kekurangan tenaga pendidik juga akan menemukan kelebihan yang dengannya dapat diupayakan untuk dipertahankan atau ditingkatkan pada pembelajaran yang selanjutnya.
3. Sebagai dasar perencanaan kegiatan pembelajaran yang akan datang. Seorang tenaga pendidik dapat menjadikan hasil evaluasi pembelajaran tersebut sebagai dasar penentuan target yang hendak dicapai pada pembelajaran yang akan dilaksanakan nantinya

meliputi :
a. Input
Untuk mengetahui pribadi seorang siswa yang utuh, dapat dilakukan macam-macam bentuk tes sebagai alat untuk mengukur. Aspek yang bersifat rohani setidaknya mencakup empat hal :
1. Kemampuan
Seorang siswa yang akan mengikuti program dalam memasuki sekolah, guru akan melihat kemampuan siswa.
2. Kepribadian
Kepribadian adalah sesuatu yang biasa terdapat disetiap diri manusia dengan menampakan kepribadian itu dari sikap tingkah laku yang dimiliki manusia.
3. Sikap-sikap
Sikap juga termasuk kedalam bagian dari tingkah laku yang dimiliki manusia, namun ada hal yang lebih menonjol dari sikap dan sangat dibutuhkan dalam sebuah pergaulan agar dapat mendapatkan informasi dari pergaulannya.
4. Intelegensi
Tes intelegensi atau sering dikenal dengan intelligence anetient. Namun, sebenarnya IQ itu bukan lah intelegensi. IQ berbeda dengan intelegensi karena IQ hanyalah angka yang memberi petunjuk mengenai tinggi rendahnya intelegensi seseorang. Dengan pengertian ini maka kurang benarlah jika ada orang mengatakan “IQ JONGKOK” karena IQ hanyalah berupa angka. Mestinya Iq rendah diartikan bahwa angkanya rendah.

Evaluasi adalah proses untuk mengetahui ketercapaian sebuah tujuan, salah satu cara menuju perbaikan, kegiatan yang biasa dilakukan guru di sekolah, proses untuk mengukur dan menilai sebuah kegiatan berdasarkan parameter tertentu, atau kegiatan mengambil keputusan tentang keberlangsungan sebuah program.
Dari pembahahasan yang telah kami diskusikan tentang subjek dan sasaran evaluasi serta prisip alat evaluasi, dapat ditarik kesimpulan bahwa subjek evaluasi pada kegiatan evaluasi pengajaran bahasa Indonesia adalah guru. Sedangkan, subjeknya yaitu siswa sebagai sasaran evaluasi. Di dalam melakukan evaluasi, alat evaluasi yang digunakan berupa berbagai macam teknik atau cara, mulai dari teknik nontes sampai menggunakan teknik tes.

Evaluasi pembelajaran ini memiliki berbagai fungsi utama yang diantaranya :
Full transcript