Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Expectancy Violation Theory

it's about our presentation project for communication theory subject :)
by

Azzahra Ulya

on 1 March 2011

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Expectancy Violation Theory

Expectancy Violation Theory setiap orang melakukan komunikasi baik melalui verbal maupun non-verbal. Bahkan seringkali, penyampaian pesan secara non-verbal mempunyai makna yang dalam jika dibandingkan dengan penyampaian secara verbal. Perubahan jarak tak terduga saat melakukan percakapan di antara komunikator sebagai salah satu bentuk dari komunikasi nonverbal seringkali menimbulkan ambiguitas. Interpretasi makna di balik sebuah pelanggaran harapan akan sangat tergantung pada bagaimana “violator” atau “pelanggar” dilihat oleh orang lain. Salah satu perilaku atau tindakan orang lain (nonverbal) dalam penyampaian pesan adalah ruang. ruang, yaitu suatu jarak tertentu di mana mereka bisa melakukan komunikasi dengan nyaman. Proksemik adalah cara orang-orang menggunakan ruang dalam berkomunikasi agar sesuai dengan presepsi penggunaan ruang oleh orang lain -Jarak Intim, yaitu jarak spasial antara 0-18 inci atau sekitar 0-45,72 cm. Jarak ini berkisar dari jarak yang saling bersentuhan sampai pada jarak di mana kita dapat melihat dengan dekat karakteristik wajah seseorang -Jarak Personal, yaitu jarak spasial antara 18 inci-4 feet atau sekitar 45,72-121,92 cm. Jarak ini memungkinkan seseorang untuk merasakan panas tubuh, nafasnya, dan bau dari lawan bicara. -Jarak Sosial, yaitu jarak spasial antara 4-12 feet atau sekitar 121,92-365,76 cm. Jarak ini biasanya digunakan untuk mereka yang menjalin hubungan sebagai rekan kerja. titik terdekat untuk jarak sosial ini digunakan untuk situasi yang lebih kasual, sedangkan titik terjauhnya untuk situasi yang lebih formal. -Jarak publik, yaitu jarak spasial lebih dari 12 feet atau lebih dari 365,76 cm. Untuk mediskripsikan situasi titik terdekat dan terjauh dari jarak ini bisa menggunakan contoh diskusi di kelas untuk jarak terdekat dan presentasi di aula besar. teritolialitas :

a.Teritori Primer, yaitu sinyal dari kepemilikan secara eksklusif seseorang atas sebuah wilayah atau benda.

b.Teritori Sekunder, tidak se-eksklusif teritori primer, tetapi seseorang tersebut merasakan suatu hubungan (rasa kepunyaan) terhadap teritori tersebut.

c.Teritori Publik, yaitu suatu teritori yang sama sekali tidak ada hubungan personal, terbuka untuk semua orang seperti tempat umum. Teritorialitas selalu diikuti dengan prevensi dan reaksi mereka akan mengawasi daerah teritorinya dengan empat cara : markers(menandai daerah) label (identifikasi symbol) offensive display (mengekspresikan agresivitas dan kebiasaan) tenure (menjadi yang pertama dan terlama dalam menempati daerah teritori tersebut) ASUMSI-ASUMSI EXPECTANCY VIOLATION THEORY a.Harapan itu menuntun manusia untuk beriteraksi :

pre-interactional (pengetahuan interaksi dan kemampuan komunikator sebelum masuk ke dalam percakapan)
expectation interactional (kemampuan untuk menjalan interaksi komunikasi itu sendiri).

b.Harapan atas perilaku manusia itu dipelajari

c.Orang-orang membuat prediksi atas perilaku Expectancy Violations Theory (EVT) merupakan sebuah teori yang mempelajari tentang bagaimana orang-orang memberikan suatu penilaian atas perilaku orang lain. Menurut Burgoon setiap orang memiliki potensi, baik untuk memberikan penghargaan atau hukuman dalam percakapan dan menegaskan bahwa setiap orang membawa karakteristik positif maupun negatif dalam sebuah interaksi, dan hal inilah yang disebut dengan valensi penghargaan komunikator (communicator reward valence). ketika harapan seseorang dilanggar maka minat atau perhatian seseorang tersebut akan dirangsang sehingga ia akan menggunakan mekanisme tertentu untuk menghadapi pelanggaran yang terjadi.
THREAT THRESHOLD

Ketika arousal (rangsangan) ada, threats (ancaman) dapat muncul. Burgoon (1978) mendefinisikannya sebagai jarak di mana interactant mengalami ketidaknyamanan fisik dan psikologis dengan kehadiran orang lain.
Batas ancaman sifatnya relatif bagi masing-masing individu. Hal ini sangat tergantung dengan siapa mereka berinteraksi VIOLATION VALENCE Valensi pelanggaran merupakan penilaian positif ataupun negatif dari sebuah perilaku yang tak terduga. Konsep ini berbeda dari konsep communicator reward valence sebab konsep ini terfokus pada penyimpangan dari harapan itu sendiri. Kritik :

1.Scope (Ruang Lingkup)
Sepintas, ruang lingkup dari teori ini tampak terlalu luas. Akan tetapi, teori Burgoon ini memiliki batasan yang mana ia konseptualisasikan di dalamnya adalah salah satu kategori dari komunikasi nonverbal, yaitu personal space (jarak pribadi).

2.Testability (Kemampuan Pengujian)
Secara umum, teori ini merupakan teori yang dapat diuji. Sebab Burgoon (1978) adalah salah satu dari sedikit ahli teori yang secara jelas mendefinisikan istilah-istilah yang ia gunakan.

3.Utility (Kegunaan)
Kegunaan dari teori ini adalah jelas. Teori Burgoon ini memberikan saran dalam menghasilkan kesan yang baik dan mendiskusikan implikasi terhadap pelanggaran ruang.
Kelompok 4 :
Andhika Aldhin Adha
Anita Fitria Sari
Azzahra Ulya TERIMA KASIH :)
Full transcript