Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Manusia Purba Dunia

No description
by

Elmira Gifta

on 27 January 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Manusia Purba Dunia

Manusia Purba Dunia
Australopithecus Africanus
Australopithecus africanus ditemukan di desa Taung di sekitar Bechunaland ditemukan oleh Raymond Dart tahun 1924. Bagian tubuh yang ditemukan hanya fosil tengkorak kepala saja.

Paranthropus Robustus
Paranthropus robustus adalah spesies hominin. Ditemukan di daerah Amerika Selatan dengan ciri isi volume otak sekitar 600 cm kubik, hidup di lingkungan terbuka, serta memiliki tinggi badan kurang lebih 1,5 meter. Fosilnya pertama kali ditemukan di Afrika bagian Selatan tahun 1938 oleh Robert Broom. Spesies ini masuk kedalam genus Paranthropus.

Paranthropus Transvaalensis
Ditemukan bersamaan dengan fosil Paranthropus Robustus oleh Robert Broom pada tahun 1938 di Afrika Selatan. Memiliki ciri serupa, yaitu isi volume otak sekitar 600 cm kubik, hidup di lingkungan terbuka, serta memiliki tinggi badan kurang lebih 1,5 meter.

Sinanthropus Pekinensis
Sinanthropus pekinensis adalah manusia purba yang fosilnya ditemukan di gua naga daerah Peking negara Cina oleh Davidson Black dan Franz Weidenreich. Sinanthropus pekinensis dianggap bagian dari kelompok pithecanthropus karena memiliki ciri tubuh atau badan yang mirip serta hidup di era zaman yang bersamaan. Sinanthropus pekinensis memiliki volume isi otak sekitar kurang lebih 900 sampai 1200 cm kubik.

Djalu Amudra H.
Elmira Gifta
Ezard Mikha P.
Gennara Aisha
Ghaissani Elsa P.

Homo Heidelbergensis
Homo heidelbergensis adalah manusia purba genus Homo yang mungkin merupakan nenek moyang langsung dari Homo neandertalensis di Eropa dan Homo Sapiens Bukti terbaik yang ditemukan bagi anggota hominin ini berusia antara 600.000 dan 400.000 tahun lalu. Teknologi alat batu dari H. heidelbergensis sangat mirip dengan alat Acheulean yang digunakan oleh Homo Erectus.

Manusia Modern
Pengertian atau arti definisi manusia modern adalah manusia yang termasuk ke dalam spesies homo sapiens dengan isi volum otak kira-kira 1450 cm kubik hidup sekitar 15.000 hingga 150.000 tahun yang lalu. Manusia modern disebut modern karena hampir mirip atau menyerupai manusia yang ada pada saat ini atau sekarang.

Profil
Penemu
Manusia
Purba
Davidson Black
Lahir pada tahun 1884, di Toronto, Ontario, Kanada. Ia terkenal dalam penemuannya berupa fossil Sinanthropus Pekinensis.

Raymond Dart
Raymond Dart (4 February 1893 – 22 November 1988) adalah seorang Anatomis dan antropolog dari Australia, terkenal karena penemuan fosil Australopithecus Africanus pada tahun 1924.


Robert Broom
Robert Brom lahir pada 30 November 1866, Paisley - 6 April 1951 adalah seorang dokter dan ahli paleontologi. Dia memenuhi syarat sebagai praktisi medis pada tahun 1895 dan menerima gelar DSc pada tahun 1905 dari University of Glasglow Lalu ia dan John T. Robinson membuat serangkaian penemuan yang spektakuler, termasuk fragmen dari enam hominid di Sterkfontein, yang mereka namakan Plesianthropus transvaalensis, yang populer disebut Mrs Ples , tapi yang kemudian diklasifikasikan sebagai orang dewasa  Australopithecus africanus, serta penemuan laindi lokasi di Kromdraai dan Swartkrans . Pada tahun 1937, Broom membuat penemuan yang paling terkenal yaitu Paranthropus Robustus. 
Dr Schoetensack
Otto Karl Friedrich Schoetensack, lahir 12 Juli 1850 di Stendal , Altmark - meninggal 23 Desember 1912 Ospedaletti ( Italia), adalah seorang industrialis yang menjadi profesor antropologi dan menemukan fossil rahang pria prasejarah di Mauer yang ia namakan Homo Heidelbergensis.

Dr Schoetensack
KESIMPULAN
Manusia purba tersebar di banyak wilayah dan mempunyai ciri khas tersendiri. kontribusi para peneliti sangat membantu dalam perkembangan ilmu pengetahuan, terutama pada ilmu sejarah.
Jenis
Manusia Purba

Australopithecus Africanus
Paranthropus Robustus
Paranthropus Transvaalensis
Sinanthropus Pekinensis
Homo Heidelbergensi
Manusia Modern
TERIMAKASIH
ATAS
PERHATIANNYA
:)
Full transcript