Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Pemanfaatan Gelombang Bunyi dalam Bidang Kesehatan

No description
by

Wilsen Jefta

on 7 May 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Pemanfaatan Gelombang Bunyi dalam Bidang Kesehatan

Stetoskop Akustik
Stetoskop akustik yang paling umum digunakan, dan beroperasi dengan menyalurkan suara dari bagian dada, melalui tabung kosong berisi-udara, ke telinga pendengar. Bagian “chestpiece” biasanya terdiri dari dua sisi yang dapat diletakaan di badan pasien untuk memperjelas suara; sebuah diaphgram (disk plastik) atau “bell” (mangkok kosong). Bila diaphgram diletakkan di pasien, suara tubuh menggetarkan diaphgram, menciptakan tekanan gelombang akustik yang berjalan sampai ke tube ke telinga pendengar. Bila “bell” diletakkan di tubuh pasien, getaran kulit secara langsung memproduksi gelombang tekanan akustik yang berjalan ke telinga pendengar. Bell menyalurkan suara frekuensi rendah, sedangkan diaphgram menyalurkan frekuensi suara yang lebih tinggi. Permasalahan dengan akustik stetoskop adalah tingkatan suara sangat rendah, membuat diagnosis sulit.
Stetoskop Elektronik
Stetoskop elektronik mengatasi tingkatan suara yang rendah dengan cara memperkuat suara tubuh. Stetoskop ini mempunyai microphone di dalam diafragmanya. Stetoskop elektronik ini adalah jawaban sebagai alat kedokteran terbaik untuk menangkap suara yang rendah dari dalam tubuh manusia.


USG Transabdominal
Sebelum transduser ditempelkan di permukaan perut, permukaan kulit dilapisi dengan suatu ultrasound gel agar-agar khusus. Lalu transduser digerakkan keatas dan kebawah. Pada saat itu juga komputer akan menerjemahkan gelombang suara kedalam suatu bentuk gambar. Sebelum menjalani pemeriksaan ultrasonografi ini, pasien diminta untuk meminum air putih dalam jumlah yang cukup banyak, untuk memudahkan pemeriksaan karena gelombang suara merambat lebih baik dalam air.
Stetoskop
Kacamata Tuna Netra
Non Destructive Test
Pemanfaatan Gelombang Bunyi dalam Bidang Kesehatan
Stetoskop adalah sebuah alat medis akustik untuk memeriksa suara dalam tubuh. Dia banyak digunakan untuk mendengar suara jantung dan pernapasan, meskipun dia juga digunakan untuk mendengar intestine dan aliran darah dalam arteri dan “vein”. Ada dua jenis stetoskop, yaitu akustik dan elektronik.

Efek Dopler dalam Bidang Kesehatan
Dalam kedokteran, efek Dopler digunakan untuk mengukur kelajuan aliran darah. Dengan menggunakan gelombang ultrasonik 5 – 10 MHz yang diarahkan ke pembuluh nadi dan suatu penerima R akan mendeteksi sinyal hamburan pantul. Frekuensi tampak sinyal pantul yang diterima bergantung pada kecepatan aliran darah.
Pengukuran kelajuan aliran darah dengan metode efek Dopler ini efektif untuk mendeteksi trombosis atau penyempitan pembuluh darah karena trombosis akan menyebabkan perubahan yang signifikan dalam kelajuan aliran darah. Keunggulan metode ini dibandingkan dengan metode konvensional adalah lebih murah dan hanya menyebabkan sedikit tidak nyaman pada pasien.

Kacamata tuna netra dilengkapi dengan penerima dan pengirim ultrasonik sehingga tuna netra dapat menduga jarak benda yang ada di depannya.
Gelombang ultrasonik dipancarkan frame kacamata dan mengenai benda objek di sekitar, gelombang ultrasonik dipantulkan dan diterima kembali oleh alat penerima pada kacamata. Ultrasonik berada pada frame kacamata yang mengirimkan sinyal getaran pada telinga tuna netra. Orang penyandang tuna netra memiliki pendengaran yang lebih tajam atau sensitif dibanding orang bermata normal.


USG
USG atau ultrasonografi adalah alat bantu diagnostik di bidang kedokteran untuk menampilkan gambaran struktur bagian dalam tubuh manusia yang bekerja dengan menggunakan bantuan teknologi gelombang suara frekuensi tinggi seperti yang dimiliki kelelawar (ultrasonik). Alat ini terdiri atas monitor dan transducer
Transduser merupakan alat yang akan mentransfer pantulan gelombang suara menjadi sebentuk gambar yang akan tampil di layar monitor, hasilnya disebut sonogram

USG Transvaginal
Biasanya cara yang kedua ini dilakukan pada kehamilan muda. Sebelum menjalani pemeriksaan, pasien diminta untuk mengosongkan kantung kemih sehingga mempermudah masuknya transduser kedalam rahim. Pada awalnya, metode Ultrasound yang dikembangkan adalah metode Ultrasound dua dimensi. Ada dua macam Ultrasound dua dimensi, yaitu Ultrasound Doppler dan Ultrasound berwarna. Ultrasound Doppler hanya menampilkan gambar hitam putih, dan biasa digunakan untuk mengamati denyut jantung janin. Ultrasound dengan warna masih menampilkan gambar dua dimensi, tetapi dalam warna-warna khusus yang biasanya ditujukan untuk memperbaiki kualitas gambar. Namun bukan berarti warna organ yang ditampilkan pada monitor adalah warna organ yang sesungguhnya
Dalam bidang kedokteran, teknik pulsa gema seperti sonar juga digunakan. Pulsa bunyi diarahkan ke tubuh pasien dan pantulan dari batas antarmuka antara organ dan struktur lainnya dapat dideteksi. Dengan menggunakan teknik ini, tumor dan pertumbuhan abnormal lainnya atau kantong cairan dapat dibedakan. Selain itu, aktivitas jantung, perkembangan janin, dan informasi tentang organ tubuh lainnya, seperti otak, ginjal, dan hati dapat dipantau. Untuk memeriksa tubuh, ultrasonik dipandang sebagai metode yang tidak mengganggu atau merusak material yang dilewati. Oleh karena itu, pemeriksaan atau tes dengan ultrasonik dikenal dengan Non Destructive Test (NDT).
Full transcript