Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

PEMETAAN (MAPPING) JARINGANUNTUK PROSES ADMINISTRASI PADA RU

No description
by

D-Nnÿ Affariauz

on 7 July 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of PEMETAAN (MAPPING) JARINGANUNTUK PROSES ADMINISTRASI PADA RU

PEMETAAN (MAPPING) JARINGANUNTUK PROSES ADMINISTRASI PADA RUANG RAWAT INAP & GEDUNG UTAMA LANTAI 1
RSUD Dr. SAIFUL ANWAR MALANG

PEMBAHASAN
Menindaklanjuti permasalahan yang ada di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, akhirnya dapat dipecahkan dengan cara membuat Pemetaan (Mapping) jaringan untuk proses administrasi pada ruang Rawat Inap & Gedung Utama lantai 1 RSUD Dr. Saiful Anwar Malang
1. Pengenalan dan pengarahan dari pembimbing
LATAR BELAKANG
ITIKOM (Instalasi Teknologi Informasi dan Komunikasi) adalah pusat server yang terhubung dengan banyak client yang tersebar di beberapa titik di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang.
Pada pengerjaan projek kali ini terdapat informasi bagaimana sebuah jaringan komputer yang terdapat di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, serta mengetahui semua komputer billing atau device lainnya seperti hub/switch, dan kabel yang terhubung dengan server ITIKOM sehingga akan mempermudah kita untuk mengetahui struktural sebuah gambaran jaringan komputer pada RSUD Dr. Saiful Anwar Malang.
Selain itu menganalisa bagaimana jaringan yang ada di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang terutama di Rawat Inap dan Gedung Utama Lantai 1. Dari analisa tersebut maka akan terlihat dimana letak kekurangan pada jaringan di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang terutama di Rawat Inap dan Gedung Utama Lantai 1.

2. Analisis Situasi
4. Pengumpulan data hasil survey
Sandy Perdana K.
Nomadeni Fitroh A.
Avis Candra P.

3. Survey lapangan
Studi Lapangan
6. Pemetaan jaringan
5. Pemantapan hasil survey
Hasil survey lapangan pada Ruang Rawat Inap & Gedung Utama Lantai 1
Hasil pemetaan menggunakan
Ms. Visio 2013
Hasil pemetaan menggunakan
Packet Tracert
Keterangan IP Address untuk setiap PC
Keterangan Switch yang terhubung
Analisa dari
pemetaan jaringan
Tipe jaringan LAN (local Area Network) yang ada pada RS. AL Dr.Mintohardjo menggunkan metode Client-Server, Client yaitu komputer yang terhubung ke komputer server yang dapat menggunakan segala sumber daya yang dimiliki server.
* Segi sisi client
Start IP DHCP : 192.168.2.0 / 24
Gateway : 192.168.2.254
DNS : 192.168.2.1
Jenis Topologi : Topologi hybird
Kabel PC > Switch : Kabel Straight
Kabel Switch > PC : Kabel Cross
* Segi Keamanan
Komputer server mengatur segala aktifitas pengguna komputer client, client harus Log On terlebih dahulu. Komputer server akan memeriksa database dari pengguna jaringan, apabila data dan password yang dibuat oleh pihak Administrator sama maka pengguna jaringan tersebut dapat menggunakan segala sumber daya yang ada di server.
Perbandingan analisa jaringan
Saran dan Pengembangan
Disarankan untuk menggunakan kabel fiber optic karena kecepatan transmisi datanya yang tinggi, selain itu fiber optik mampu mentrasnfer data pada jarak yang cukup jauh yaitu mampu mencapai jarak 1 kilometer tanpa menggunakan perangkat repeater dan juga data memiliki kelebihan dalam ketepatan dan keamanan transmisi data. Selain itu untuk setiap PC agar diberi UPS (Uninterruptible power supply) yang memberikan energi listrik sementara ketika terjadi kegagalan daya pada listrik utama. Selanjutnya untuk topologi yang digunakan di ruang rawat inap & gedung utama lantai 1 RSUD Dr. Saiful Anwar Malang agar lebih ditata sesuai tata letak ruangan yang ada.
Pemecahan selanjutnya, memberikan pelatihan kepada staff ITIKOM RSUD Dr.Saiful Anwar Malang agar dapat membaca pemetaan jaringan untuk proses administrasi pada ruang rawat inap & gedung utama lantai 1 RSUD Dr. Saiful Anwar Malang. Dalam pelatihan ini, kami mempresentasikan hasil pembuatan program ini di hadapan beberapa staff ITIKOM.
Dengan demikian, program yang telah kami buat dapat membantu untuk untuk mengetahui struktur jaringan komputer dan konfigurasinya serta mengetahui semua komputer billing atau device lainnya seperti hub/switch dan kabel yang terhubung dengan server ITIKOM. Projek ini juga dapat dikembangkan lagi oleh staff ITIKOM agar pemanfaatannya menjadi lebih baik lagi.
Full transcript