Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Copy of ANALISIS AKTIVITAS OPERASI

No description
by

doni andra

on 18 December 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Copy of ANALISIS AKTIVITAS OPERASI

ANALISIS AKTIVITAS OPERASI
Pengukuran Laba
Laba merupakan ringkasan hasil aktivitas operasi usaha yang dinyatakan dalam istilah keuangan. Laba merupakan pengukuran atas perubahan kekayaan pemegang saham (perubahan nilai) maupun estimasi laba pada masa depan. Namun perlu untuk dibedakan antara laba akuntansi dan laba ekonomi.
Pos yang Tidak Berulang
pos yang tidak berulang terbagi menjadi empat bagian, yaitu :
Pengakuan Pendapatan Keuntungan
di dalam pengakuan pendapatan keuntungan terdapat tiga point di dalamnya yaitu :
Beban Tangguhan
Beban tangguhan merupakan biaya yang telah terjadi yang ditanggung karena diharapkan manfaatnya dapat dirasakan pada periode masa depan. Makin rumitnya aktivitas usaha memperluas jumlah dan bentuk beban tangguhan.
Manfaat Analisis Aktivitas Operasi?
menganalisis pengakuan pendapatan dan beban serta resikonya terhadap analisis laporan keuangan
menjelaskan kompensasi tunjangan karyawan dan menganalisis pengungkapan opsi saham karyawan
menguraikan dan menginterprestasi biaya bunga dan akuntansi untuk pajak penghasilan
menganalisis dan menginterprestasikan data laba perlembar saham
Konsep Laba Ekonomi
Laba ekonomi, biasanya merupakan arus kas tambahan dengan perubahan nilai wajar aktiva. Laba ekonomi mengukur perubahan nilai pemegang saham, karenanya laba ekonomi berguna jika tujuan analisis adalah menentukan tingkat pengembalaian pada pemegang saham yang tepat untuk periode berjalan.
Laba Permanen, laba permanen juga disebut sebagai laba berkelanjutan atau laba yang dinormalkan, atau dengan kata lain merupakan rata-rata laba stabil yang ditaksirdapat diperoleh perusahaan sepanjang umurnya.
Konsep Laba Akuntansi
Laba akuntansi diukur berdasarkan akuntansi akrual. Meskipun laba akuntansi mencakup baik aspek laba ekonomi maupun laba permanen. Namun laba ini bukan merupakan pengukuran laba secara langsung seperti kedua laba lainnya. Laba akuntansi ditentukan dengan mengakui pendapatan dan biaya terkait. Karenanya, pendapatan serta beban merupakan komponen utama laba akuntansi. Laba akuntansi ditentukan dengan mengakui pendapatn dan biaya terkait.
Pos Luar Biasa
Pos luar biasa dapat dibedakan dari sifat tidak biasa dan jarang terjadi. Sebagian besar pos luar biasa terkait dengan keuntungan dan kerugian dari pelunasan awal utang. Kedua sifat pos luar biasa dapat dijelaskan sebagai berikut :
Bersifat tidak biasa, suatu kejadian atau interaksi yang sangat tidak normal dan tidak terkait, atau hanya terkait secara kebetulan dengan aktivitas biasa dan umum dilakukan perusahaan
Tidak sering terjadi, suatu kejadian atau interaksi yang sewajarnya tidak diharapkan terjadi pada masa depan yang dekat
Pos Penghentian Segmen
• Operasi yang dihentikan
Perusahaan kadangkala melepas suatu divisi atau lini produk. Saat pelepasan yang terkait dengan segmen usaha yang bisa diidentifikasi secara terpisah ini terjadi, diperlukan perlakuan akuntansi khusus pada laporan laba rugi
• Akuntansi operasi yang dihentikan
Untuk dapat diklasifikasikan sebagai operasi yang dihentikan, aktiva dan aktivitas usaha dari segmen yang dihentikan harus dapat dipisahkan dengan jelas (baik secara fisik maupun operasional) dari aktiva dan aktivitas usaha entitas yang lainnya.
• Analisis operasi yang dihentikan
Penyesuaian bersifat langsung dalam menganalisis operasi yang dihentikan untuk tahun berjalan maupun untuk dua tahun sebelumnya karena perusahaan diwajibkan menyajikan kembali laporan laba rugi dan melaporkan laba atau rugi operasi yang dihentikan secara terpisah
Perubahan Akuntansi
Perubahan prinsip akuntansi terjadi saat perusahaan berpindah dari satu prinsip akuntansi yang berlaku umum ke prinsip akuntansi yang berlaku umum lainnya. Istilah prinsip akuntansi mengacu ke standar akuntansi dan praktik yang digunakan serta metode pengaplikasian standar tersebut. Perusahaan dapat mengubah metode akuntansi dan asumsi yang mendasari laporan keuangan karena beberapa alasan, yaitu :
1. Adanya standar akuntansi baru
2. Untuk dapat mencerminkan aktivitas atau kondisi usaha yang berubah dengan lebih baik
3. Untuk mempercantik laporan keuangan terutama melakukan manajemen laba
Pos Khusus
Pos khusus mengacu pada transaksi dan kejadian yang tidak biasa atau tidak sering terjadi, tetapi bukan keduanya. Pos ini biasanya dilaporkan sebagai baris terpisah dalam laporan laba rugi sebelum laba dari usaha yang masih berlangsung. Pos khusus merupakan tantangan bagi analisis karena beberapa alasan yaitu tidak ada panduan GAAP yang jelas mengenai pos khusus, implikasi ekonomi pos khusus seperti beban restrukturisasi sangat rumit dan banyak pos khusus bersifat opsional sehingga dapat digunakan untuk tujuan manjemen laba
Panduan Pengakuan Pendapatan
Dari perspektif analisis, pengakuan pendapatan akrual yang tidak layak dapat menyebabkan dua hal yang tidak diinginkan yaitu:
1. Jika perusahaan mengakui pendapatan sebelumnya atau terlambat, maka pendapatan akan diakui pada periode yang salah
2. Jika perusahaan mengakui pendapatan sebelum adanya kepastian realisasi yang layak, maka pendapatan akan diakui pada satu periode dan kemudian dibatalkan atau dibalik pada periode lain.
Ketidakpastian Penagihan Pendapatan
Perusahaan menyisikan cadangan untuk piutang tak tertagih untuk mencerminkan ketidakpastian penagihan piutang dari penjualan kredit. Suatu perusahaan melakukan penilaian berdasarkan kondisi, saat tidak lagi memiliki keyakinan yang layak mengenai kemungkinan tertaginya piutang.
Implikasi Pengakuan Pendapatan Terhadap Analisis Laporan Keuangan
Pengakuan pendapatan merupakan titik kritis penentuan laba, maka harus ada metode yang memastikan bahwa metode tersebut mencerminkan realita ekonomi secara layak.
Kompensasi Untuk Karyawan
didalam kompensasi untuk karyawan terbagi menjadi dua point yaitu :
Tujuan Atas Komponen Tambahan untuk Karyawan
Beberapa dari komponsasi tambahan untuk karyawan adalah sebagai berikut :
1. Kontrak kompensasi tangguhan, merupakan perjanjian untuk membayar karyawan masa depan, beberapa dengan syarat tertentu.
2. Hak apresiasi saham, merupakan hak atas jumlah tertentu saham yang diberikan kepada karyawan
3. Kompensasi saham junior,yakni memberikan karyawan hak untuk membeli saham jenis tertentu pada harga pasar yang lebih rendah dari harga saham perusahaan karena tidak memilik hak suara.
Kompenasi Karyawan Berbasis Saham
Kompensasi karyawan berbasis saham merupakan bentuk kompensasi intensif yang paling terkenal. Banyak alasan untuk itu, dan salah satu diantaranya yaitu ,perusahan berpendapat bahwa ESO meningkatkan kinerja dengan memberikan karyawan kepemilikan pada perusahaan dan karenanya menyatukan insentif karyawan dan perusahaan.
Biaya dan Pajak
Biaya Bunga
Bunga merupakan kompensasi atas penggunaan uang. Bunga merupakan kelebihan kas yang dibayar atas jumlah uang pokok yang dipinjam atau dipinjamkan. Bunga ditentukan oleh berbagai faktor dan yang terpenting adalah resiko kredit dari pinjaman.
Pajak Penghasilan
Akuntansi dan standar pelaporan pajak penghasilan mewajibkan pndekatan aktiva dan kewajiban. Aktiva pajak tangguhan dan kewajiban pajak tangguhan disesuaikan dengan efek perubahan tarif pajak dan perubahan hukum. Pajak yang dibayar atas penghasilan kena pajak diatur oleh peraturan pajak.
kelompok 3
Inggiana Noor Fadhillah 10090310071
Molly Cania Sinon 10090310093
Nur Najmi Millatina 10090310158
Dita Zafira 10090310160
Full transcript