Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

ANALISIS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE SHOP FASHION

No description
by

Grimas Shaladza

on 14 August 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of ANALISIS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE SHOP FASHION

Pemanfaatan Internet saat ini telah berevolusi menjadi sarana Informasi dan komunikasi Global dalam dunia bisnis. Salah satu kegunaannya adalah sebagai Advertising Tool yang berfungsi untuk mempromosikan produk atau beriklan melalui Internet.

Selain sebagai media promosi, Internet kini juga telah berkembang menjadi media untuk melakukan kegiatan jual beli serta informasi suatu brand yang disebut sebagai
E-Commerce.

Untuk di Indonesia Sendiri, Industri yang berperan penting dalam meningkatkan pangsa pasar
e-commerce
adalah Industri
fashion
. dengan hasil riset yang dilakukan oleh
upright Decision
bahwa 105 dari 344 responden melakukan pembelian melalui media sosial. dan barang yang dibeli terutama adalah produk
fashion
. (upright Decision : 2012)
LATAR BELAKANG PENELITIAN
1. Bagaimana penggunaan Instagram sebagai media promosi Online shop fashion?

2. Bagaimana Sistem SFS (Shoutout for Shoutout) yang digunakan para pemilik Online shop fashion dalam kegiatan promosi yang dilakukan?
PERUMUSAN MASALAH
Penggunaan Instagram sebagai media baru dalam mencari Informasi kian marak saat ini, dengan memiliki lebih dari 300 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri Instagram setidaknya memiliki lebih dari 3 juta pengguna aktif, hal ini menunjukan bahwa instagram tumbuh menjadi 215 persen dibandingkan tahun lalu.

Dengan hal tersebut Instagram menjadi sebuah media sosial yang memiliki peluang besar dalam melakukan kegiatan promosi dan pemasaran. dengan memanfaatkan fitur instagram sebagai media Sharing foto, para penjual dapat memudahkan para konsumennya melihat produk yang ditawarkan serta memberikan komentar mengenai produk tersebut.
ANALISIS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE SHOP FASHION
LATAR BELAKANG PENELITIAN
GRIMAS P. SHALADZA
Faktor yang menjadikan Instagram diminati sebagai media promosi adalah fitur sharing foto yang dapat dihubungkan dengan sosial media lainnya seperti facebook dan twitter.

Iklan di Instagram juga dinilai tidak mengganggu pengguna media ini. Karena konten yang di promosikan terlihat sebagai postingan biasa dan menjadi satu kesatuan elemen dengan platform ini. Inilah yang tidak dimiliki facebook dan twitter.

Dikutip dari digital trends 2013 lalu, simply measured menyatakan bahwa tidak banyak penolakan di Instagram dibanding jejaring sosial lainnya. Hal tersebut dikarenakan pengguna media ini merasa lebih nyaman dengan Brand yang beriklanb dengan menampilkan foto yang menarik.(kompas : 2013)
LATAR BELAKANG PENELITIAN
LATAR BELAKANG PENELITIAN
Para pemilik online shop pun kini dapat sharing dan bisa membuat circle antar penjual dalam upaya saling mempromosikan brand satu sama lain. hal tersebut dinilai sebagai efisien dalam mempererat hubungan antar pemiliki online shop. metode promosi lewat media instam ini disebut SFS (
Shoutout for Shoutout
)

SFS adalah konsep kerjasama antar sesama pebisnis online dengan memanfaatkan Instagram. Tujuannya adalah untuk mempromosikan bisnis mereka satu sama lain. konsep SFS biasanya dilakukan oleh para pebisnis online yg telah memiliki banyak followers dan dilakukan oleh para pebisnis online shop yang menjual produk berbeda.
untuk mengetahui penggunaan Instagram sebagai media promosi online shop fashion
mengetahui manfaat dari sistem SFS lewat media Instagram yang dilakukan para pemilik online shop fashion
TUJUAN & MANFAAT PENELITIAN
Mampu membuktikan bagi pengembangan ilmu komunikasi khususnya dalam bidang periklanan tentang penerapan komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah konsumen.
Diharapkan dapat bermanfaat bagi pelaku bisnis online sebagai tolak ukur akan penyampaian strategi pemilihan media dalam melakukan kegiatan promosi di era moderen saat ini.
BAB I (Pendahuluan) : Latar belakang permasalahan, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika penulisan
BAB II (Kerangka Pemikiran) : Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Visual, New Media, Online Shop, Fashion, Media sosial, promosi orientasi konsumen, pemasaran media sosial, dan Instagram sebagai media promosi
BAB III (Metodologi Penelitian) : Paradigma Penelitian, Pendekatan Penelitian, Metode Penelitian, Sifat penelitian, Objek analisis, teknik pemilihan informan, teknik pengumpulan data, teknik pengambilan informan metode analisis data, teknik keabsahan data, keterbatasan penelitian dan kelemahan penelitian.
BAB IV (Objek Penelitian) : Profil Instagram, Popularitas pengguna Instagram, Instagram di Indonesia, Promosi melalui Instagram, Kegiatan-Kegiatan promosi para Informan.
BAB V (Analisis dan Intepretasi Data) : Analisis, Wawancara, Deskripsi Informan, Analisis data wawancara, Intepretasi data penelitian,
BAB VI (Penutup) : Kesimpulan dan Saran. Baik secara Akademik maupun praktis
SISTEMATIKA PENULISAN
Salah satu definisi New Media adalah teknologi informasi dan komunikasi dan konteks-konteks sosial yang terkait, serta infrastruktur yang terdiri dari 3 komponen yaitu :

Alat yang digunakan dalam melakukan kegiatan komunikasi atau penyampaian informasi
Aktivitas dimana orang-orang terlibatuntuk komunikasi atau membagikan informasi
Pengaturan sosial atau bentuk organisasional yang berkembang melalui alat dan aktivitas tersebut. (Lievrouw & Livingstone : 2006)
KERANGKA PEMIKIRAN
Karakteristik New Media :
Digital
Interaktif
Hypertextual
Virtual
Simulasi
Networked
Menurut Michael Kroeger Komunikasi Visual adalah teori dan konsep melalui tema visual dengan menggunakan warna, bentuk dan garis serta penjajaran.

Komunikasi visual adalah komunikasi dengan menggunakan bahasa visual, dimana unsur dasar bahasa visual menjadi kekuatan utama dalam penyampaian pesan dan hal tersebut dapat dilihat dan dapat dipakai untuk menyampaiakan arti, makna atu pesan (Adi Kusrianto : 2007)

Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa : Komunikasi visual adalah bentuk pengiriman pesan atau berita dengan menggunakan simbol,gambar, atau bentuk nonverbal lain, sehingga dapat diterima dengan menggunakan Indra penglihatan
KERANGKA PEMIKIRAN
Pada umumnya online shop memiliki pemahaman sebagai sebuah toko yang menjajakan barang dengan metode online atau menggunakan jaringan internet dalam melakukan kegiatan bisnisnya.

Menurut Parker-Hall, 2009. Online shop didefinisikan sebagai proses pengambilan keputusan oleh pelanggan dalam membeli sebuah produk atau jasa dengan melalui Internet. Dengan kata lain, Konsumen dapat membeli barang saat waktu luang dengan kenyamanan dirumah mereka sendiri. Konsep itulah yang ditawarkan oleh Online shop.

Berikut alasan konsumen dalam menggunakan metode online dibandingkan berbelanja lewat metode offline :

Praktis dan mudah
kenyamanan
tidak ada batasan
Murah
Kualitas
diskon dan penawaran
kedekatan
KERANGKA PEMIKIRAN
Perkembangan Online shop di Indonesia sangatlah berkembang, Hal tersebut didukung oleh akses Internet yang mudah didapatkan di Indonesia saat ini. Hal tersebut tentunya akan menambah persaingan para pebisnis Online shop. Kegiatan Promosi tentunya harus terus di gencarkan, penggunaan dan pemilihan media dalam berpromosi harus dirancang se kreatif mungkin guna meraih pangsa pasar.

Dilansir oleh liputan6.com, Asosiasi E-Commerce Indonesia (iDEA) mengungkapkan bahwa " Perkembangan online shop di Indonesia bahkan lebih terasa dibandingkan negara maju seperti Amerika Serikat. Lantaran Akses beli barang lewat toko offlinedi Indonesia relatif sulit." Budi Gandasoebrata menambahkan. " Saat ini pengguna layanan belanja online mencapai 13 Juta jiwa. Dan diperkirakan pada tahun 2016 mendatang akan tumbuh 20 persen dibandingkan tahun 2015. (liputan6.com : 2014)
KERANGKA PEMIKIRAN
Fashion dalan bahasa Inggris berarti bentuk dari suatu hal, gaya busana, perilaku dan sebagainya. Fashion juga sering disebut sebagai trend. Sesuatu yang dilakukan atau digunakan oleh suatu komunitas tertentu dalam jangka waktu tertentu. Fashion tidak selalu berhubungan dengan gaya berpakaian atau asesoris. Namun juga dapat menjadi suatu konsep, gaya hidup, musik, perilaku, jargon dan sebagainya.


Majunya teknologi dan arus Informasi membuat masyarakat Indonesia saat ini lebih terbuka pada pengetahuan global. Tidak dapat dipungkiri bahwa trend mode di Indonesia banyak dipengaruhi oleh gaya barat. Tetapi dengan kreatifitas yang makin tinggi, para pelaku industri fashion terus mengembangkan produk dengan style Indonesia.
KERANGKA PEMIKIRAN
Konsumen di Indonesia sekarang dinilai cukup cerdas dalam memilih sebuah gaya yang sesuai untuk mereka. Sehingga fashion di Indonesia memiliki potensi yang akan terus berkembang di masa yang akan datang.

Tahun 2008 silam, Ellen, pemilik dari butik Lyla menyatakan bahwa. produk Fashion yang paling pesat perkembangannya adalah produk baju, karena baju lebih cepat mengalami pergantian modelnya dan baju merupakan salah satu produk fashion yang paling sering dibeli oleh masyarakat dibandingkan produk fashion lainnya.

Dikutip dari lintas.me , " perkembangan trend fashion dpengaruhi oleh berbagai faktor. Antar lain. Teknologi, budaya, bahkan perubahan iklim juga turut mempengaruhi perubahan fashion di dunia." (lintas.me : 2014)
KERANGKA PEMIKIRAN
sosial media adalah media yang di desain untuk memudahkan interaksi sosial yang bersifat interaktif atau dua arah. Media sosial berbasis pada teknologi internet yang mengubah pola penyebaran Informasi dari yang awalnya bersifat satu ke banyak audiens menjadi banyak audiens ke banyak audiens. (Paramitha : 2011)

Berikut 6 jenis sosial media menurut Tim Grahl :
Social Network
Bookmarking SItes
Social News
Media Sharing
Micro Blogging
Blog Comments & Forum
KERANGKA PEMIKIRAN
Manfaat sosial Media :
Personal branding
smartphone sebagai media marketing
manfaat sebagai media interaksi
manfaat viral effect
KERANGKA PEMIKIRAN
Manfaat Sosial media dalam bisnis :
Revenue
Brand developement
attracting customer
research
networking
recruitment
search engine Discoverability
Media online marketing adalah suatu proses mendapatkan traffic yang tinggi pada website atau perhatian dari masyarakat melalui situs media sosial. (Tratter C & Kappe F :2013). Sedangkan Fortune Public Relation menyatakan bahwa " Sosial media marketing memungkinkan para pelaku pasar untuk berkomunikasi dengan sesamanya, pelanggan, dan calon pelanggan. Sosial media memberi " Identitas" kepada brandtau merek yang dipasarkan dan membantu untuk menyebarkan pesan dengan cara yang santai dan komunikatif.

Sosial media marketing juga sebagi bentuk dari beragam komunikasi pemasaran dalam konteks bisnis dan memiliki berbagai cara dengan menggunakan sosial media.

Hal ini dilakukan untuk menentukan formula yang tepat dalam menyebarkan informasi yang dibutuhkan untuk mengharahkan eksposure bisnis dan peningkatan traffic.

Kekuatan promosi media online antara lain :
berbagi aktifitas
berbagi pengetahuan
jejaring & komunitas
penyebaran Informasi
KERANGKA PEMIKIRAN
Situs marketing.co.id pun menyampaikan " Kini internet telah berkembang menjadi media yang menghubungkan hubungan antar sosial. Media sosial mengalami pertumbuhan luar biasa dalam beberapa tahun terakhir."

berikut kekuatan promosi lewat media online :
Media sosial dapat membangun hubungan dengan pelanggan dan menawarkan jangkauan yang luas
kekuatan viral marketing
Traffic yang dihasilkan para pelaku bisnis dapat ditargetkan
alat media sosial tergolong murah
KERANGKA PEMIKIRAN
Keuntungan promosi online dengan sosial media :
Promosi di sosial media mudah dilakukan
Promosi di sosial media tidak perlu modal besar
cara singkat untuk mengenalkan toko online
sosial media bekerja dengan sangat cepat dlm menyebarkan berita
Bentuk kegiatan promosi di Instagram merupakan kegiatan promosi yang berorientasi pada konsumen. kegiatan nya antara lain :
Promosi price-off
paket bonus
kontes dan undian
KERANGKA PEMIKIRAN
Shrimp dalam buku periklanan promosi aspek tambahan menyatakan bahwa " semua komunikasi pemasaran harus dirancang sesuai dengan "pasar sasaran" tertentu diciptakan untuk mencapai tujuan khusus dan dilaksanakan untuk memenuhi tujuan menuju pasar sasaran dalam kendala anggaran.
KERANGKA PEMIKIRAN
Kelebihan Instagram sebagai media promosi online :
memiliki target pasar yang melek teknologi
peggunaan gadget yang mendukung aplikasi Instagram
DIsplay simple
Hashtag
Instagram tentunya memberikan sentuhan pribadi melalui sajian visual yang menarik dan beragam. dengan demikina penting untuk media promosi mendukung komunitas sebaik mungkin dalam rangka mempertahankan tingkat pertumbuhan bisnis dan membangun interaksi dengan calon pembeli
SFS merupakan sistem promosi yang dilakukan secara bersama-sama oleh para pelaku bisnis online dalam kegiatan promosi di media Instagram guna meningkatkan pangsa pasar dan brand awareness
KERANGKA PEMIKIRAN
Kelebihan SFS :
Beriklan secara Gratis dan hemat biaya
menambah jumlah followers
menambah omset penjualan
mengenal sesama owner secara lebih dekat
Paradigma
dalam penelitian ini adalah
Konstruktivis.
Yaitu peneliti memandang kenyataan berdasarkan hasil konstruksi atau bentukan dari Informan sendiri
Pendekatan Kualitatif
: menjaskan fenomena-fenomena dengan sedalam-dalamnya. tidak mengacu pada banyaknya populasi atau data sampel dan ditekankan kepada kedalaman kualitas data.
Sifat penelitian : Deskriptif.
yaitu bertujuan untuk menghasilkan gambaran yang akurat tentang sebuah fenomena, mekanisme dan proses dari kegiatan promosi Online shop fashion dengan cara memaparkan data yang di peroleh.
METODOLOGI PENELITIAN
Teknik Pemilihan Informan : Purposive sampling.
memilih para informan dengan pertimbangan tertentu dan dianggap memiliki pengetahuan mengenai hal-hal yang terkait dengan penelitian tersebut.
Teknik Pengumpulan data :
Wawancara & Observasi
Metode analisis data :
Open Coding, Axial Coding dan Selective Coding.
Teknik Keabsahan data :
Uji kredibilitas, Uji Kebergantungan, Uji kepastian
METODOLOGI PENELITIAN
Instagram adalah sebuah aplikasi smartphone dengan fitur utama sebagai media sharing foto dan layanan jejaring sosial yang memungkinkan pemakainya untuk berbagi dengan orang lain lewat berbagai media sosial lainnya. seperti facebook, twitter,tumblr dan flickr.

Instagram berasal dari pengertian "Insta" yang berarti Instant dan "gram" dari kata telegram yang cara kerjanya untuk mengirimkan informasi dengan cepat.
OBJEK PENELITIAN
Kesimpulan :
Penggunaan Instagram untuk lebih dekat dan mengetahui karakteristik penggunanya lewat aktivitas yg dilakukan oleh para konsumen
Fitur foto di Instagram merupkan Tool Marketing di Era moderen saat ini
Instagram membetuk Viral Effect dimana dapat memperluar pangsa pasar
Instagram memiliki efek langsung sebagai media untuk meningkatkan brand awareness secara cepat dan dapat menjadi media reminding bagi para konsumen
Kegiatan-kegiatan promosi yang dilakukan di Instagram adalah menggunakan promosi yang berorientasi pada konsumen. seperti Diskon, Undian dan kontes
Sistem SFS yang dilakukan masih cenderung menggunakan influencer atau endorser dibandingkan dengan sistem sfs pada umunya yg mempromosikan brand satu sama lain.
Sistem Promosi SFS di Instagram memiliki fungsi untuk meningkatkan Brand Awareness

PENUTUP
Full transcript