Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

SIKLISASI MONOSAKARIDA

No description
by

Doni Wahyu Prabowo

on 18 March 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of SIKLISASI MONOSAKARIDA

Monosakarida seperti glukosa mengandung gugus aldehid dan gugus hidroksil yang dapat menghasilkan hemiasetal dalam air dalam bentuk segi enam (piranosa) dan segi lima (furonosa).
Berdasarkan pada gugus fungsinya, Monosakarida terbagi menjadi 2 :
aldosa jika mengandung gugus aldehid (misalnya glukosa, ribosa, dan deoksiribosa)
ketosa jika mengandung gugus keton (misalnya fruktosa).
MONOSAKARIDA
b. Siklisasi Monosakarida Menurut Rumus Haworth dan Rumus Konformasi
Molekul glukosa kelima atom karbon yang pertama dengan atom oksigen dapat membentuk cincin segienam. Oleh karena itu, ia mengusulkan penulisan rumus struktur karbohidrat sebagai bentuk cincin furan dan piran.
Menurut perjanjian, suatu rumus Haworth digambar dengan oksigen cincin berada pada sisi terjauh dari cincin dan karbon 1 berada di sebelah kanan. Gugus CH2OH ujung ditempatkan di atas bidang cincin untuk deret-D, dan dibawah bidang cincin biasanya tidak ditampakkan dalam proyeksi Haworth. Konfigurasi α bila gugus hidroksil (OH) pada karbon anomerik (karbon 1) diproyeksikan ke bawah dan β jika gugus hidroksil pada karbon anomerik diproyeksikan ke atas (Lihat Gambar 4). Rumus Haworth yang datar itu tidak merupakan pemaparan yang seluruhnya benar dari suatu cincin piranosa. Suatu piranosa seperti sikloheksana dapat mengalami tekukan cincin agar mencapai keadaan yang stabil, keadaan ini dapat ditunjukkan oleh rumus konformasi
a.Siklisasi Monosakarida Menurut Proyeksi Fischer
Dalam proyeksi Fischer untuk hemiasetal siklik, karbon 1 (karbon aldehida), yang tidak bersifat kiral pada rantai terbuka menjadi kiral dalam siklik.
KIMIA ORGANIK II
SIKLISASI MONOSAKARIDA
Meskipun proyeksi Fischer berguna dalam pembahasan karbohidrat rantai terbuka, tetapi untuk senyawa siklik proyeksi ini janggal. Maka dari itu rumus glukosa ditulis ulang untuk menunjukkan rumus yan lebih penting dari reaksi siklisasi yaitu reaksi yang menghasilkan cincin enam anggota.
Dalam proyeksi Fischer untuk hemiasetal siklik, perhatikan bahwa karbon 1 (karbon aldehida), yang tidak bersifat kiral dalam struktur rantai terbuka menjadi kiral dalam siklisasi. Oleh karena itu dihasilkan sepasang diastereomer dari siklisasi itu. Karena semua struktur hemiasetal berada dalam kesetimbangan dengan aldehida dalam larutan air, maka mereka juga berada dalam kesetimbangan satu dengan yang lain.
Proyeksi Fischer dari beberapa monosakarida penting
Penggambaran struktur siklik dengan baik ditampakkan dengan rumus perspektif Haworth. Rumus ini menghilangkan ikatan-ikatan melengkung yang terkesan dibuat-buat pada oksigen cincin. Untuk memaparkan struktur siklik gula dengan lebih baik, dikembangkan rumus perspektif Haworth.
Rumus Haworth yang datar itu tidak merupakan pemaparan yang seluruhnya benar dari suatu cincin piranosa (meskipun itu cukup benar untuk cincin furanosa yang lebih datar). Suatu piranosa seperti sikloheksana dapat mengalami tekukan cincin agar mencapai keadaan yang stabil, keadaan ini dapat ditunjukkan oleh rumus konformasi.
Alfiyan Wahyudianto S (K3312005)
Atika Nurohma (K3312011)
Doni Wahyu Prabowo (K3312023)
Maya Sih Hika P. (K3312045)
Nailil Magfiroh (K3312049)
Nurya Khusna (K3312059)
Dilla Mulya Pratiwi (K3310027)

PENDIDIKAN KIMIA
FKIP UNS
Full transcript