Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

PENANGKAL PETIR DAN GENERATOR VAN DE GRAAFF

No description
by

wiwi kiki

on 21 March 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of PENANGKAL PETIR DAN GENERATOR VAN DE GRAAFF

Sebuah generator Van de Graaff beroperasi dengan mentransfer muatan listrik dari sabuk pindah ke terminal. Tegangan tinggi yang dihasilkan oleh generator Van de Graaff dapat digunakan untuk mempercepat partikel subatomik dengan kecepatan tinggi, membuat generator alat yang berguna untuk penelitian fisika dasar.
Generator Van De Graff ini ditemukan oleh fisikawan Amerika Robert J. Van de Graaff pada tahun 1929.
Penangkal petir adalah rangkaian jalur yang difungsikan sebagai jalan bagi petir menuju ke permukaan bumi, tanpa merusak benda-benda yang dilewatinya. Ada 3 bagian utama pada penangkal petir:

1. Batang penangkal petir
2. Kabel konduktor
3. Tempat pembumian
Penangkal Petir
Batang Penangkal Petir

Batang penangkal petir berupa batang tembaga yang ujungnya runcing. Dibuat runcing karena muatan listrik mempunyai sifat mudah berkumpul dan lepas pada ujung logam yang runcing. Dengan demikian dapat memperlancar proses tarik menarik dengan muatan listrik yang ada di awan. Batang runcing ini dipasang pada bagian puncak suatu bangunan.

BAGIAN-BAGIAN PENANGKAL PETIR
Van de Graaff-generator sederhana terdiri dari sabuk sutra, atau setara fleksibel dielektrik material, berjalan di atas dua katrol logam, salah satu yang dikelilingi oleh sebuah bola logam berongga. [1] Dua elektroda , (2) dan (7 ), dalam bentuk baris sisir berbentuk titik logam tajam, masing-masing ditempatkan di dekat bagian bawah katrol rendah dan di dalam bola, lebih dari katrol atas. Sisir (2) terhubung ke bola, dan sisir (7) ke tanah. Potensi DC yang tinggi (terhadap bumi) diterapkan untuk rol (3); potensi positif dalam contoh ini.
Pengertian
Cara Kerja
PENANGKAL PETIR DAN GENERATOR VAN DE GRAAFF
generator Van de Graaff adalah Generator elektrostatik yang menggunakan sabuk yang bergerak untuk mengumpulkan jumlah yang sangat tinggi dari potensial listrik pada dunia logam berongga di bagian atas berdiri.perbedaan potensial dicapai dalam yang modern generator Van de Graaff bisa mencapai 5 megavolt. Sebuah versi meja dapat menghasilkan pada urutan 100.000 volt dan dapat menyimpan energi yang cukup untuk menghasilkan percikan terlihat.
Generator Van De Graff
Kabel Konduktor

Kabel konduktor terbuat dari jalinan kawat tembaga. Diameter jalinan kabel konduktor sekitar 1 cm hingga 2 cm . Kabel konduktor berfungsi meneruskan aliran muatan listrik dari batang muatan listrik ke tanah. Kabel konduktor tersebut dipasang pada dinding di bagian luar bangunan.

Tempat Pembumian

Tempat pembumian (grounding) berfungsi mengalirkan muatan listrik dari kabel konduktor ke batang pembumian (ground rod) yang tertanam di tanah. Batang pembumian terbuat dari bahan tembaga berlapis baja, dengan diameter 1,5 cm dan panjang sekitar 1,8 - 3 m .

CARA KERJA PENANGKAL PETIR
Saat muatan listrik negatif di bagian bawah awan sudah tercukupi, maka muatan listrik positif di tanah akan segera tertarik. Muatan listrik kemudian segera merambat naik melalui kabel konduktor , menuju ke ujung batang penangkal petir. Ketika muatan listrik negatif berada cukup dekat di atas atap, daya tarik menarik antara kedua muatan semakin kuat, muatan positif di ujung-ujung penangkal petir tertarik ke arah muatan negatif. Pertemuan kedua muatan menghasilkan aliran listrik. Aliran listrik itu akan mengalir ke dalam tanah, melalui kabel konduktor, dengan demikian sambaran petir tidak mengenai bangunan. Tetapi sambaran petir dapat merambat ke dalam bangunan melalui kawat jaringan listrik dan bahayanya dapat merusak alat-alat elektronik di bangunan yang terhubung ke jaringan listrik itu, selain itu juga dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan. Untuk mencegah kerusakan akibat jaringan listrik tersambar petir, biasanya di dalam bangunan dipasangi alat yang disebut penstabil arus listrik (surge arrestor).
Cara Kerja Generator Van De Graff
Sebagai sabuk lewat di depan sisir rendah, ia akan menerima muatan negatif yang lolos dari poin, karena adanya pengaruh medan listrik di sekitar katrol lebih rendah, yang mengionisasi udara pada titik-titik. Sebagai sabuk menyentuh roller yang lebih rendah (6), tersebut mengalihkan beberapa elektron, meninggalkan roller dengan muatan negatif (jika terisolasi dari terminal), yang ditambahkan ke muatan negatif di sabuk menghasilkan medan listrik yang cukup untuk mengionisasi udara pada titik-titik dari sisir atas.
Elektron kemudian bocor dari sabuk ke sisir atas dan ke terminal, meninggalkan sabuk bermuatan positif karena kembali turun dan terminal bermuatan negatif. Bola perisai roller atas dan sisir dari medan listrik yang dihasilkan oleh muatan yang menumpuk pada permukaan luar dari itu, menyebabkan debit dan perubahan polaritas sabuk di atas roller terjadi hampir seolah-olah terminal yang membumi. Sebagai sabuk terus bergerak, konstan 'arus pengisian' perjalanan melalui sabuk, dan bola terus menumpuk muatan negatif sampai tingkat yang mengisi sedang hilang (melalui kebocoran dan pelepasan korona ) sama dengan saat pengisian. Semakin besar lingkup dan semakin jauh itu dari tanah, semakin tinggi akan potensi akhir.
Ada Pertanyaan?
Terima Kasih Atas Perhatiannya
Keterangan dan Bagian Bagian
Oleh
Alvin Baskoro Adhi
M Haqqul Syifa M H
M Naufal Ananda P
M Unggul Lintang N
M Zuhdi Faturrahman
R Satrio Wibowo
Full transcript