Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

BAURAN PEMASARAN BISNIS JASA pada PELAYARAN KABUPATEN KARIMUN

tugas kelompok Manajemen Pemasaran STIA LAN Bandung
by

Erni Nurhaeni

on 19 September 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of BAURAN PEMASARAN BISNIS JASA pada PELAYARAN KABUPATEN KARIMUN

Notes
Ideas
Ideas
Ideas
Sifat Khusus Pemasaran Jasa Pelayaran
Pemasaran jasa pelayaran mempunyai sifat-sifat khusus, diantaranya :
1. menyesuaikan dengan selera konsumen -> internal marketing
2. keberhasilan pemasarannya dipengaruhi oleh jumlah pendapatan penduduk
3. tidak ada fungsi penyimpanan
4. mutu jasa dipengaruhi oleh perlengkapannya
5. marketing jasa tidak memerlukan saluran distribusi

2. Advertising
Merupakan bentuk penyajian penyediaan jasa dalam memasarkan jasa / layanan angkutan laut kepada konsumen, yang biasanya dipasang di media komunikasi yang secara umum banyak dibaca oleh masyarakat.
Misalnya : Surat kabar, majalah, tabloid, brosur, ataupun internet dalam media online, dengan diberi komentar / ajakan yang bertujuan untuk menarik selera masyarakat.
Penerapan Marketing
Penerapan marketing pada jasa pelayaran antara lain terdiri dari :
1.Pemasaran dan penjualan ruangan kapal seoptimal mungkin.
2. Pemasaran dan penjualan system bisnis angkutan laut modern
3. Penyesuaian Markering Mix dalam usaha pelayaran dan angkutan laut
Conclusion
Bisnis jasa Pelayaran bisa bersaing dengan lebih baik apabila menerapkan unsur Bauran Pemasaran Jasa juga sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal yang berada diluar kendali perusahaan.
Kebijakan pemerintah dan hubungan diplomatik, pertumbuhan ekonomi negara yang mempengaruhi nilai mata uang juga sangat diperhitungkan. untuk meningkatkan kinerja pemasaran melalui peningkatan usaha-usaha dan implementasi strategi bauran pemasaran serta meningkatkan orientasi stratejik telah banyak memberikan kekuatan dan pengetahuan untuk memanfaatkan peluang yang ada dan mengantisipasi hambatan dapat yang timbul.

BAURAN PEMASARAN BISNIS JASA
pada PELAYARAN di KABUPATEN KARIMUN
Kelompok 1 :
Satrio 12.1.0.23.1.023
Erni Nurhaeni 12.1.0.23.1.027
Dadah Darliah 12.1.0.23.1.024
Putri Wardhani 12.1.0.23.1.029
Secara administratif Kabupaten Karimun merupakan daerah kepulauan, sebagian wilayah merupakan perairan, mencakup 251 buah pulau. Dari keseluruhan jumlah pulau dimaksud, pulau yang telah dihuni sebanyak 54 buah dan sisanya sebanyak 197 buah masih belum berpenghuni.
Kondisi iklim Kabupaten Karimun dipengaruhi oleh perubahan musim kemarau terjadi pada bulan Maret hingga dengan bulan Mei, sebagian musim hanya terjadi pada bulan September sampai dengan bulan Desember, dengan suhu rata – rata berkisar antara 300C dengan tingkat kelembaban udara 80%. rata – rata curah hujan adalah sekitar 2.200 mm.
Sebagian besar wilayah daratannya landai di pesisir pantai, dengan ketinggian yang bervariasi antara 2 meter sampai dengan 500 meter di atas permukaan laut. Untuk meningkatkan pendapatan Daerah pemerintah Kabupaten Karimun dibagi beberapa wilayah Pertanian, Pariwisata, Peternakan, Industri serta wilayah pengembangan Perikanan dan Kelautan, dan wilayah pengembangan berbagai jenis komoditas lainnya.

Kabupaten Karimun sangat berpotensi dalam pengembangan Usaha Transportasi pelayaran. Didukung wilayah laut yang luas dibandingkan daratan. Maka Sebagai Kabupaten yang berada di Provinsi Kepulauan Riau ini telah dicanangkan sebagai wilayah maritim. Pembangunan yang dilakukan lebih diarahkan pada peningkatan sarana dan prasarana guna memperlancar pelaksanaan kegiatan di semua aspek diantaranya aspek pengembangan Transportasi pelayaran.
Usaha di bidang jasa pelayaran di Kabupaten ini memang berkembang pesat dengan adanya pemekaran provinsi Kepulauan Riau yang mana ini sangat di butuhkan jasa pelayaran sebagai akses Tranportasi untuk menghubungkan jarak dari satu pulau ke pulau lainya.
Hubungan antara pulau yang dimaksud adalah hubungan dari Kecamatan- kecamatan, antar Kabupaten-kabupaten, antar Provinsi bahkan luar negeri Seperti, Malaysia, Singapura.
Berada di wilayah Provinsi Kepulauan Riau maka akan terbayangkan luas laut yang akan menjadi kegiatan kita sehari-hari untuk mengarunginya. Jadi agar hubungan antar daerah Kepulauan ini tidak menjadi hambatan dalam menjalani kehidupan kita sehari-hari bahkan pergerakan roda pemerintahan bagi pelayanan Publik. Ini harus menjadi perhatian yang khusus bagi pemerintah Provinsi, maupun Kabupaten. Maka hal ini juga tidak menutup kemungkinan adanya peluang usaha yang sangat besar spesialisasinya di bidang Jasa Pelayaran untuk ikut sertakan para pengusaha-pengusaha yang ingin mengembangkanya tentu saja sesuai dengan aturan yang ada.
Pada Sidang Terbuka Promosi Doktor di Ruang Sidang Gedung Pascasarjana Unpad, HM. Thamrin AR memaparkan disertasinya yang berjudul "Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan Terhadap Nilai yang Dirasakan serta dampaknya pada Kepuasan Penumpang Kapal".
Menurutnya, bauran pemasaran yang dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan, harus dilakukan untuk menghadapi semakin menurunnya jumlah penumpang pada kapal laut dibandingkan dengan alat trasportasi lain.
Adanya perilaku pindah penumpang disebabkan pesawat telah memberikan harga yang murah dalam waktu tempuh yang sangat cepat.
Kepuasan penumpang merupakan tanggapan emosional pada evaluasi terhadap pengalaman konsumsi suatu produk atau jasa. Beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan :
1. Merespon komplain
2. Nilai yang dirasakan -> nilai jasa, nilai personal, dan nilai image
3. Pemeliharaan alat" dan fasilitas kapal
4. SDM
Beberapa cara yang dilakukan oleh perusahaan jasa angkutan laut dalam memasarkan jasanya, antara lain:

1. Personal Selling
Yang dilakukan didalam Personal Selling disini adalah dengan memberdayakan petugas sebagai :
a. Penjual tiket
b. Petugas yang memberikan informasi kepada konsumen
3. Publicity
diminati media massa
bertumpu pada penciptaan ajang- ajang events yang memiliki nilai berita
bisa disiarkan secara cuma-cuma atau dengan biaya yang rendah
Pada dasarnya Usaha dibidang Jasa Pelayaran bukanlah hal yang baru di dunia usaha namun bila dilihat masih banyak hal-hal yang perlu di lakukan dalam pelaksanaanya seperti; Dalam Manajemen Pemasaran masih sangat tradisional sehinga untuk bersaing di era sekarang selalu jauh dari target atau keinginan si pengusaha itu sendiri. Masalah yang banyak dihadapi oleh pengusaha jasa pelayaran adalah:
1. Faktor Saingan
2. Faktor Kondisi Peralatan
3. Faktor Lain-Lain
TARIF JASA ANGKUTAN LAUT :
1. Dapat menutup seluruh biaya / COST RECOVERY
2. Dapat meningkatkan margin yang wajar kepada perusahaan, agar mampu mengembalikan investasi.
3. Dapat menumbuhkan perkembangan perusahaan.
4. Mampu mendorong peningkatan pelayanan dan produktivitas pelabuhan.
5. Dapat menunjang pertumbuhan ekonomi regional dan nasional.
6.Dapat mendorong persaingan perdagangan dalam menghadapi era globalisasi.

FUNGSI PENERAPAN JASA ANGKUTAN LAUT BAGI MANAJEMEN :

1. Merupakan fungsi pokok bagi kelangsungan hidup pengusahaan angkutan laut.
2. Sebagai alat pengendali untuk menjamin dan penggunaan sumber daya secara optimal.
3. Sebagai alat bagi manajemen untuk mengendalikan operasional dan pengembangan usaha jasa angkutan laut.

JENIS JENIS TARIF ANGKUTAN LAUT YANG DIATUR OLEH MANAJEMEN :
1. Tarif jasa bongkar muat barang
2. Tarif jasa pengurusan transportasi
3. Tarif jasa ekspedisi muatan kapal laut.
4. Tarif jasa angkutan Perairan Pelabuhan
5. Tarif jasa Penyewaan Peralatan Angkutan Laut.
6. Tarif jasa Penyewaan Peralatan penunjang Angkutan Laut.
7. Tarif jasa Depo Peti Kemas.
IDEAS:
Di kabupaten Karimun sektor kelautan akan menjadi salah satu primadona lima tahun kedepan. Setelah ditetapkan undang-undang pelayaran yang menyatakan pemerintah daerah boleh mengelola pelabuhan. Dengan demikian pemerintah daerah harus menyiapkan Badan Usaha Milik Pelabuhan yang ditunjang dengan SDM yang memiliki kemampuan di sektor maritim. Dan juga harus punya lokasi yang telah disetujui pemerintah pusat yaitu Dirjen Perhubungan Laut. Namun, itu saja tak cukup untuk menarik investor untuk ikut menanam modalnya di kabupaten karimun, jika masyarakat sendiri tidak bisa meyakinkan pelaku usaha sektor pelayaran bahwa saat ini dalam keadaan kabupaten karimun sangat kondusif untuk jasa pelayaran
Hasil dari implementasi Marketing Mix strategy ini belum dapat dijadikan garis finish dari suatu pertumbuhan perusahan jasa . Kemajuannya harus terus dipantau dan ditingkatkan. Para pesaing juga tidak akan tinggal diam melihat perkembangan ini. Oleh karena itu perusahaan dituntut untuk terus meningkatkan usahanya, mempertahankan keunggulannya dan terus memperbaiki kondisi yang sudah ada. Hubungan dan kedekatan dengan pelanggan maupun supplier harus tetap dijaga.
Terima Kasih :)
Full transcript