Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Copy of Menganalisis jenis koloid pada pembuatan Es Krim

No description
by

Dinda Chan

on 17 May 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Copy of Menganalisis jenis koloid pada pembuatan Es Krim

Menganalisis jenis koloid pada pembuatan Es Krim

kelompok 6
eva fauziah feni kiki Syambada wulfram hedi p dasar teori Sistem Koloid adalah suatu bentuk campuran yang keadaannya terletak antara larutan dan suspensi.







Es Krim adalah Es krim adalah sebuah makanan beku dibuat dari produk dairy seperti krim (atau sejenisnya), digabungkan dengan perasa dan pemanis. Es krim termasuk kelompok hidangan beku yg memiliki tekstur semipadat dan memiliki nilai gizi tinggi.







Es Krim modern komersial terbuat dari campuran :

- o10-16% lemak susu
- o9-12% milk solids-not-fat: komponen ini, juga dikenal dengan serum solids, mengandung protein (casein dan whey protein) dan karbohidrat (laktosa) ditemukan dalam susu
- o12-16% pemanis: biasany kombinasi dari sukrosa dan/atau pemanis sirup corn berdasarkan-glukosa
- o0.2-0.5% stabilizer dan emulsifiers e.g., agar atau carrageenan diambili dari rumput laut
- o55%-64% air yang berasal dari susu padat atau bahan lainnya








Struktur dan kandungan es krim

Es krim tidak lain berupa busa (gas yang terdispersi dalam cairan) yang diawetkan dengan pendinginan. Walaupun es krim tampak sebagai wujud yang padu, bila dilihat dengan mikroskop akan tampak ada empat komponen penyusun, yaitu padatan globula lemak susu, udara (yang ukurannya tidak lebih besar dari 0,1 mm), kristal-kristal kecil es, dan air yang melarutkan gula, garam, dan protein susu











Es krim adalah buih setengah beku yang mengandung lemak teremulsi dan udara. Sel-sel udara yang ada berperanan untuk memberikan texture lembut pada es krim tersebut. Tanpa adanya udara, emulsi beku tersebut akan menjadi terlalu dingin dan terlalu berlemak










Komposisi es krim Jumlah (%)
Lemak 10.0-12.0
Protein 3.8-4.5
Karbohidrat 20.0-21.0
Air 62.0-64.0
Total Padatan 36.0-38.0
Stabilizer 0.2-0.5
Emulsifier 0-0.3
Mineral 0.8










Es Krim merupakan salah satu contoh menarik dari penambahan koloid liofil ke dalam liofob, dimana koloid liofob terbungkus tidak mengumpul, seperti pembuatan es krim agar tidak menggumpat ditambahkan gelatin. Demikian pula halnya dengan cat dan tinta memiliki koloid pelindung agar tidak mengendap atau menggumpal.











Pada pembuatan es krim tidak boleh ada pembentukan kristal es yang kasar, maka untuk mencegah hal tersebut terjadi maka dibutuhkan sistem koloid yang disebut koloid pelindung, Koloid pelindung adalah suatu sistem koloid yang ditambahkan pada sistem koloid lainnya agar diperoleh koloid yang stabil.
Manfaat Es Krim Bagi Kesehatan 1. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi makanan yg kaya akan flavonoid berhubungan erat dgn rendahnya angka kematian yg disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Diduga, kandungan flavonoid pada cokelat justru menjaga kesehatan jantung karena menghambat oksidasi LDL. Flavonoid pada cokelat juga berperan sebagai antioksidan yg dapat mencegah penuaan dini.
2. Merangsang sistem kekebalan tubuh

Dgn memproduksi lebih banyak sitokin (protein yg diproduksi sebagai bagian dari sistem imun tubuh), maka cokelat bermanfaat dalam merangsang sistem kekebalan tubuh.

3. Menurunkan risiko terkena kanker payudara

Berdasarkan penelitian Institute of Community Medicine, Universitas Tromso, Norwegia, dalam International Journal of Cancer, mengonsumsi 3 gelas atau lebih susu setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara pada wanita pramenopause.
Alat dan Bahan Blender.
475 ml cream/kepala susu
lemari es (kulkas n freezer)
2. 125 ml Susu cair (atau bisa juga santan kelapa)
panci kecil
3. 4 butir telur
wadah es krim
100 ml gula (lebih bagus lagi kalau gula halus)
Kompor
1 sendok teh vanilli

fram's design
Empat langkah mudah membuat ice cream dengan cara manual
Prosedur pembuatan es krim

Kocok kuning telur dan gula
Tuangkan adonan susu yg sudah dingin, sedikit demi sedikit sambil terus dikocok agar kuning telur mengembang. Jika ada campuran bahan tambahan, masukkan pada tahap kedua ini, misalnya jus buah, coklat, kopi cair, esens, dll.
Teruskan mengocok sampai adonan mengembang, tutup dengan plastik agar tidak terbentuk langit2 (lapisan keras), lalu bekukan di dalam freezer sampai 3-4 jam.
Setelah ½ beku , keluarkan, kocok lagi sampai adonan ice cream mengembang (karena udara banyak masuk), bekukan kembali sampai 3-4 jam lagi. Lakukan hal yg sama sampai 2-3 jam kali pengocokan

Pembahasan Selama proses pengocokan, lakukanlah di dalam wadah berisi potongan2 es batu agar tetap dingin
Pada waktu adonan ice cream dibekukan, gunakanlah wadah tertutup dari plastik
Jika akan membuat casasta (ice cream lapis) cetaklah di dalam lloyang bolu segiempat yg dilapisi plastik terlebih dahulu
Bila es krim tidak disimpan dengan baik, sebagian es krim yang mencair akan membentuk kristal es yang lebih besar dan ketika kembali dimasukkan ke pendingin kristal esnya akan tumbuh membesar. Hal ini akan mengakibatkan teksturnya menjadi semakin kasar dan tidak enak di mulut. Selain itu, sebenarnya pengasaran tekstur ini bisa juga diakibatkan karena laktosa (gula susu) akan mengkristal dari larutan dan sukar melarut kembali. Maka untuk itu dapat ditaburkan sedikit gum atau serbuk selulosa di atas es krim. Serbuk-serbuk itu akan menyerap kuat air yang mencair sehingga pembentukan kristal es yang besar dapat dicegah. Kesimpulan Sistem Koloid adalah suatu bentuk campuran yang keadaannya terletak antara larutan dan suspensi.
Es krim tidak lain berupa busa (gas yang terdispersi dalam cairan) yang diawetkan dengan pendinginan
Es krim adalah buih setengah beku yang mengandung lemak teremulsi dan udara
thank you :)
Full transcript