Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

KASUS ANCAMAN TERHADAP IPOLEKSOSBUDHANKAM

No description
by

Kiffa Adams

on 3 September 2016

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of KASUS ANCAMAN TERHADAP IPOLEKSOSBUDHANKAM

KASUS ANCAMAN TERHADAP IPOLEKSOSBUDHANKAM
Ekonomi
Sosial budaya
sosial budaya
pertahanan dan keamanan
sosial budaya
pengertian ancaman & kasus ancaman
Politik
adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatankeputusan, khususnya dalam negara
KORUPTOR
PERTAHANAN
KEAMANAN
keamanan adalah bebas dari bahaya
jenis jenis kasus ancaman
KASUS ANCAMAN TERHADAP IDEOLOGY
- KASUS ANCAMAN DARI LUAR
PERANG DINGIN ANTARA A.S DAN UNI SOVIET
MASUKNYA BERBAGAI BUDAYA DAN PAHAM BARU DARI LUAR NEGRI
ADANYA CAMUR TANGAN POLITIK BADAN BADAN ASING DI DALAM NEGRI
MARAKNYA MEDIA PROPAGANDA ASING
ADU DOMBA YANG DILAKUKAN OLEH PIHAK ASING
PEMBERLAKUAN ATURAN – ATURAN TERTENTU YANG DILAKUKAN OLEH PIHAK ASING YANG MERUGIKAN NEGARA
contoh kasus ancaman sosbud:
1.  Munculnya gaya hidup konsumtif dan selalu mengkonsumsi barang-barang dari luar negeri.
2.  Munculnya sifat hedonisme, yaitu kenikmatan pribadi dianggap sebagai suatu nilai hidup tertinggi. Hal ini membuat manusia suka memaksakan diri untuk mencapai kepuasan dan kenikmatan pribadinya tersebut, meskipun harus melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat. Seperti mabukmabukan, pergaulan bebas, foya-foya dan sebagainya.
3. Adanya sikap individualisme, yaitu sikap selalu mementingkan diri sendiri serta memandang orang lain itu tidak ada dan tidak bermakna. Sikap seperti ini dapat menimbulkan ketidakpedulian terhadap orang lain, misalnya sikap selalu menghardik pengemis, pengamen dan sebagainya.
4.  Munculnya gejala westernisasi, yaitu gaya hidup yang selalu berorientasi kepada budaya barat tanpa diseleksi terlebih dahulu, seperti meniru model pakain yang biasa dipakai orang-orang barat yang sebenarnya bertentangan dengan nilai dan norma-norma yang berlaku misalnya memakai rok mini, lelaki memakai anting-anting dan sebagainya.
5.  Semakin memudarnya semangat gotong royong, solidaritas, kepedulian dan kesetiakawanan sosial.
6.  Semakin lunturnya nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat.
kelompok 5
Syahrul - Diana - Reihan - Kiffa - Aldythia - Reza - Ririn - Shanni
ANCAMAN ADALAH SETIAP USAHA DAN KEGIATAN BAIK DARI DALAM NEGERI MAUPUN LUAR NEGERI YANG DINILAI MMBAHAYAKAN KEDAULATAN NEGARA, KEUTUHAN, WILAYAH NEGARA, DAN KESELAMATAN SEGENAP BANGSA.
KASUS ANCAMAN ADALAH KASUS KASUS ATAU HAL YANG TERJADI SERTA DAPAT MEMBAHAYAKAN KEUTUHAN SUATU NEGARA.
-KASUS ANCAMAN DARI DALAM
MUNCULNYA PAHAM RADIKALISME
MUNCULNYA BERBAGAI ALIRAN SESAT
PROVOKASI DARI KELMPOK MASYARAKAT YANG MENGANDUNG UNSUR SARA D. SIKAP APATIS TERHADAP PEMERINTAH
SIKAP MAU MENANG SENDIRI DALAM MASYARAKAT DI SUATU NEGARA
KURANGNYA KECINTAAN TERHADAP PRODUK SENDIRI
PEMBERONTAKAN DAN GERAKAN SEPARATIS
Ancaman militer berkaitan ancaman di bidang pertahanan dan keamanan. Ancaman militer adalah ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisasi yang dinilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa. Ancaman militer dapat berupa agresi/invasi, pelanggaran wilayah, pemberontakan bersenjata, sabotase, spionase, aksi teror bersenjata, dan ancaman keamanan laut dan udara.
Konflik etnis adalah konflik yang terkait dengan permasalahan mendesak mengenai politik, ekonomi, sosial, budaya, dan teritorial di antara dua kelompoketnis atau lebih. Enam hal tersebut antara lain:
Kepentingan yang sama diantara beberapa pihak
Perebutan sumber daya
Sumber daya yang terbatas
Kategori atau identitas yang berbeda
Prasangka atau diskriminasi
Ketidakjelasan aturan (ketidakadilan).
Bom Sarinah merupakan serentetan peristiwa bom sebanyak enam ledakan dan juga teror penembakan di daerah sekitar Plaza


Berasal dari bahasa Yunani
POLIS: Negara/ Kota
TETA : Urusan
Polites – Politeia – Politika - Politikos
POLITIKOS: yang berkaitan dengan warga
negara (kewarganegaraan)
Menurut para ahli
1. Aristoteles :
“usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan berama”
2. Robert :
“seni memerintah dan mengatur masyarakat”
3. Litre :
“ilmu memerintah dan mengatur negara”
Perilaku Politik
Ikut serta dalam pesta politik
Menjalankan hak untuk memilih pimpinan politik
Menjalankan hak untuk mengikuti parpol, atau organisasi lainnya
Mengemukakan kritik untuk bersama
Ancaman Bidang Politik
• Luar Negeri :
1. Intimidasi
2. Provokasi
3. Blokade Politik
• Dalam Negeri:
1. Separatisme
Macam – Macam Kasus yang Mengancam Politik
• POLITIK SARA
Judul : Defisit Demokrasi • KOMUNISME
Judul : KOMUNISME tetap ancaman Nasional • Ketidak Sinambungan antara lembaga negara. Judul : 2016, KPK di Bawah Ancaman
Djoko Susilo - Anas Urbaningrum - Ratu Atut Chosiyah - Suryadharma Ali
Arti dalam Pengertian Ekonomi, menurut bhs datang dari bhs Yunani yakni Oikos bermakna keluarga atau rumah tangga sedang Nomos bermakna aturan atau peraturan. Sedang menurut istilah yakni manajemen rumah tangga atau aturan rumah tangga. Pengertian Ekonomi yaitu satu diantara bagian pengetahuan sosial yang mengulas serta pelajari mengenai aktivitas manusia terkait segera dengan distribusi, mengkonsumsi serta produksi pada barang serta layanan.
Ancaman ekonomi merupakan salah satu penentu posisi tawar setiap negara dalam pergaulan ekonomi.
Ancaman terbagi menjadi 2; ancaman internal dan eksternal. Contoh kasus Ancaman dari internal dapat berupa inflasi, pengangguran, infrastruktur yang tidak memadai, dan sistem ekonomi yang tidak jelas. Ancaman dari eksternal dapat berbentuk kinerja ekonomi yang buruk, daya saing rendah, ketidaksiapan mengahadapi globalisasi dan tingkat ketergantungan terhadap pihak asing.
Sejarah telah membuktikan, ketika terjadi krisis moneter yang menjadi tulang pungguang perekonomian Indonesia adalah UMKM dan Koprasi. Pertukaran arus barang dan jasa di dalam negeri akan mengurangi resiko pelemahan nilai mata uang bangsa Indonesia, karena arus distribusi barang kita tidak terpengatuh oleh bangsa asing.

Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat MEA (masyarakat ekonomi asean), hal ini juga bisa menjadi ancaman ekonomi karena pihak luar negri yang bisa memanfaatkan perdagangan bebas terjadi di negara kita. Dan hal yang terburuk disaat kurs dolar melonjak tinggi terhadap rupiah sehingga menghambat aktifitas ekspor dan impor.
Suatu hal yang sangat menyedihkan bahwa di indonesia banyak sekali masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan atau yang biasa disebut pengangguran. Hal ini di sebabkan banyak perusahaan asing yang sudah menguasai perdagangan di indonesia dan menelantarkan para calon pekerja. Hal ini juga disebabkan karena daya saing yang rendah dan terlalu bergantung pada negara lain.
Merupakan suatu kewajiban kita untuk mengubah image ekonomi indonesia dan tidak bergantung lagi pada negara lain. Berusaha untuk meningkatkan kinerja ekonomi dan meningkatkan infrastuktur yang lebih memadai. Jangan biarkan negara lain menguasai negara indonesia ini, membuka lapangan pekerjaan untuk para pengangguran dan melatihnya untuk menciptakan produk ekonomi yang baik.

proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat atau perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, mencakup perubahan budaya yang di dalamnya terdapat perubahan nilai-nilai dan tata cara kehidupan dari tradisional menjadi modern.
menurut wax weber :
Pengertian perubahan sosial budaya menurut pendapat Max Weber bahwa perubahan sosial budaya adalah perubahan situasi dalam masyarakat sebagai akibat adanya ketidaksesuaian unsur-unsur di dalamnya

menurut kingsley davis:
perubahan yang mencakup segenap cara berpikir dan bertingkah laku, yang timbul karena adanya interaksi yang bersifat komunikatif.

menurut w. kornblum:
perubahan suatu budaya masyarakat secara bertahap dalam jangka waktu lama.

menurut selo soemardjan:
semua perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat,di mana perubahan tersebut memengaruhi sistem sosialnya. Perubahan sosial yang dimaksud mencakup nilai-nilai dan pola-pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

menurut jl gillin dan jp gillin:
variasi dari mode atau cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan kondisi geografis, dalam kebudayaan materil, komposisi penduduk atau ideologi, maupun disebabkan oleh difusi atau penemuan-penemuan baru dalam kelompok
proses;
Akulturasi merupakan proses bertemunya dua budaya atau lebih dimana unsur-unsur budaya lama masih ada. 
Contoh : Sunan Kalijaga menggunakan budaya Wayang untuk mengajar keagamaan

Asimilasi adalah proses bertemunya dua budaya atau lebih yang bercampur dan menghasilkan budaya yang baru. Tidak seperti Akulturasi yang masih ada unsur lamanya. Jadi bisa disimpulkan bahwa budaya yang lama pastinya hilang. Namun proses asimilasi ini berlangsung lama namun terus menerus.

Difusi adalah proses penyebaran unsur budaya dari seseorang ke orang lain atau kelompok masyarat ke masyarakat lain. Prinsip yang pertama dari difusi adalah unsur-unsur kebudayaan itu pertama-tama akan diambil alih masyarakat yang paling dekat hubungannya atau letaknya paling dekat dari sumbernya. Baru kemudian, kebudayaan baru tersebut diambil oleh masyarakat yang jauh hubungan atau letaknya jauh dari sumber unsur budaya baru.
Acaman terhadap Sosial Budaya mempunyai 2 bentuk yaitu:
• Ancaman di dalam negeri. Contohnya adalah pemberontakan yang berasal atau terbentuk dari masyarakat Indonesia.
• Ancaman dari luar negeri. Contohnya adalah infiltrasi, subversi, dan interversi dari kekuatan kolonialisme dan imperialisme dari luar negeri.
Full transcript