Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Ayat-Ayat Alqur'an Tentang Perkembangan IPTEK

No description
by

on 14 January 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Ayat-Ayat Alqur'an Tentang Perkembangan IPTEK

Interests
Education
Skills
Experience
References
ANDROID
XII IPA 2
ANDROID
.
.
Education:
Work Experience
PLATFORMS
Social
SOCIAL
SEO
Kelompok 1
1. Anggun Ragil P.
2.Lisa Dyah Kusumawardani
3.Merina Rachmadina
4.M. Afchohi Burhan
5.Nur Fahmi Fauziati
6.Putri Ramadhani

Ayat-Ayat Alqur'an Tentang Perkembangan IPTEK
Q.S. Yunus 101
Kandungan Surah Yunus {10}
Ayat 101

a. Adanya langit dan bumi serta segala isinya merupakan tanda kekuasaan Allah
. Kita harus memikirkan bahwa itu semua adalah sarana untuk menggali ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).
b.Untuk dapat menembus alam perlu adanya kekuatan berupa ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, sebagai orang beriman kita harus mencari dan meningkatkan ilmu pengetahuan, baik umum maupun agama, termasuk teknologi.
c.Apabila memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi maka kita dapat melakukan perubahan dunia yang lebih maju. Jelasnya, ayat di atas menjelaskan bahwa dengan adanya langit dan bumi, menuntut orang yang beriman untuk menggali ilmu pengetahuan dan teknologi agar ia mampu melakukan perubahan di dalam dunia ke arah yang lebih maju. Jangan seperti orang yang tidak beriman karena mereka tidak memanfaatkan hal itu untuk mengembangkan ipteknya
Kandungan Surah
Al-Baqarah Ayat 164
a.Allah menciptakan alam dan seisinya untuk kepentingan manusia karena manusia telah dijadikan sebagai khalifah di muka bumi.
b. Sebagai khalifah di bumi, manusia diberi bekal ilmu pengetahuan dan teknologi, bukan berupa materi kebendaan ataupun keturunan yang menjadi pegangan.
c.Allah menurunkan air hujan sehingga tanah yang tadinya tandus menjadi subur. Kemudian dengan teknologi, tanah tersebut ditanami berbagai jenis tumbuhan yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Di samping itu, di atas tanah juga ditebarkan berbagai macam binatang, yang kesemuanya itu merupakan tanda-tanda kebesaran dan ke-Esaan Allah
Menelusuri pandangan Al-Quran tentang teknologi, mengundang kita menengok sekian banyak ayat Al-Quran yang berbicara tentang alam raya. Menurut sebagian ulama, terdapat sekitar 750 ayat Al-Quran yang berbicara tentang alam materi dan fenomenanya, dan yang memerintahkan manusia untuk mengetahui dan memanfaatkan alam ini. Secara tegas dan berulang-ulang Al-Quran menyatakan bahwa alam raya diciptakan dan ditundukkan Allah untuk manusia.
Hubungan antara tanda-tanda kebenaran di dalam Al Qur’an dan alam raya dipadukan melalui mukjizat Al Qur’an (yang lebih dahulu daripada temuan ilmiah) dengan mukjizat alam raya yang menggambarkan kekuasaan Tuhan. Masing-masing mengakui dan membenarkan mukjizat yang lain agar keduanya menjadi pelajaran bagi setiap orang yang mempunyai akal dan hati bersih atau orang yang mau mendengar. Beberapa dalil kuat telah membuktikan bahwa Al Qur’an tidak mungkin datang, kecuali dari Allah. Buktinya tidak adanya pertentangan diantara ayat-ayatnya, bahkan sistem yang rapi dan cermat yang terdapat di alam raya ini juga tidak mungkin terjadi, kecuali dengan kehendak Allah yang menciptakan segala sesuatu dengan cermat.
Sebagian orang yang rendah pengetahuan keislamannya beranggapan bahwa al-Qur'an adalah sekedar kumpulan cerita-cerita kuno yang tidak mempunyai manfaat yang signifikan terhadap kehidupan modern, apalagi jika dikorelasikan dengan kemajuan IPTEK saat ini.
Anggapan di atas merupakan indikasi bahwa orang tersebut tidak mau berusaha untuk membuka al-Qur'an dan menganalisis kandungan ayat-ayatnya. Oleh karenanya maka anggapan tersebut adalah sangat keliru dan bertolak belakang dengan semangat al-Qur'an itu sendiri. Bukti-bukti di bawah ini menunjukkan yang sebaliknya :
1. Bahwa wahyu yang pertama sekali diturunkankan oleh Allah SWT kepada Nabi-Nya Muhammad SAW adalah perintah untuk membaca/belajar (QS 96/1-5) dan menggunakan akal, bukan perintah untuk shalat, puasa atau dzikrullah. Demikian tinggi hikmah turunnya ayat ini, menunjukkan perhatian Islam yang besar terhadap ilmu pengetahuan.
2. Bahwa Allah SWT mengangkat manusia (Adam as) sebagai khalifah-Nya dimuka bumi dan bukan para malaikat-Nya sebab adanya ilmu pengetahuan (QS 2/31-33). Yang dengan kelebihan ilmu pengetahuan itu juga, Allah SWT memuliakan Adam as, sehingga memerintahkan para malaikat-Nya untuk bersujud kepada Adam as.

3. Manusia yang memiliki derajat yang paling tinggi disisi ALLAH SWT, adalah manusia yang memiliki iman dan ilmu (QS 58/11). Karena iman membawa manusia kepada ketinggian di akhirat (fil akhirati hasanah), dan ilmu membawa manusia kepada ketinggian di dunia (fid dunya hasanah).
4. Syarat manusia yang berhak diangkat menjadi pemimpin dalam Islam ada 2 hal : ilmu yang tinggi dan fisik yang sehat (QS 2/247). Ini menunjukkan betapa tinggi penghargaan Islam kepada nilai-nilai ilmu dan nilai-nilai kesehatan.
5. Bahkan Allah SWT melarang manusia untuk melakukan suatu pekerjaan/ perbuatan tanpa memiliki ilmunya (QS 17/36). Artinya bahwa Islam sangat menghargai spesialisasi dalam berbagai bidang ilmu dan menganjurkan ummatnya untuk menjadi seorang yang profesional sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing (menjadi expert dalam bidangnya).
Beberapa Bukti Kebenaran Al Qur'an dalam IPTEK
Kemudian Dia menuju langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". Keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati" (QS. 41:11)

Ayat tentang asal mula alam semesta dari kabut/nebula
" Ayat tentang urutan penciptaan (QS 79/28-30): Kegelapan (nebula dari kumpulan H dan He yang bergerak pelan), adanya sumber cahaya akibat medan magnetik yang menghasilkan panas radiasi termonuklir (bintang dan matahari) pembakaran atom H menjadi He lalu menjadi C lalu menjadi O baru terbentuknya benda padat dan logam seperti planet (bumi), panas turun menimbulkan kondensasi baru membentuk air baru mengakibatkan adanya kehidupan (tumbuhan).

" Ayat tentang teori ekspansi kosmos (QS 51/47).
" Ayat bahwa planet berada pada sistem tata surya terdekat (sama' ad-dunya) (QS 37/6).
" Ayat yang membedakan antara planet sebagai pemantul cahaya (nur/kaukab) dengan matahari sebagai sumber cahaya (siraj) (QS 71/16).
" Ayat tentang gaya tarik antar planet (QS 55/7).
" Ayat tentang revolusi bumi mengedari matahari (QS 27/88).
Ayat-ayat Al-Qur'an tidak ada yang menghambat kemajuan iptek, bahkan sebaliknya Al-Qur'an selalu menantang manusia menggunakan akalnya, contoh dalam QS.Ar-Rohman: 33

"
Hai sekalian jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (malintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan
."
Kekuatan yang dimaksud disini adalah penguasaan IPTEK tentang ilmu peroketan. Al-Qur'an memang tidak membicarakan tentang ilmu peroketan dan ilmu tentang pesawat luar angkasa, namun manusia dituntut untuk menggunakan akalnya agar diperoleh suatu ilmu tentang peroketan.
Ilmu pengetahuan dan teknologi tumbuh berkembang engan cepat, manusia sebagai mahluk yang diberi kelebihan dan dijadikan penguasa di




bumi dengan tugas, kewajiban dan segala tangguang jawabnya , untuk itu ia harus benar-benar mengetahui dan memahami sifat dan kelakuan alam sekitar.
Sains dan teknologi sangat berpengaruh terhadap pemahaman ayat-ayat Al-Qur'an yang menyangkut akidah alam gaib, perintah ibadah harus menggunakan Al-Qur'an dan hadist, begitu juga tentang ayat yang menyangkut alam fisis yang dapat diinderakan harus mencari penafsiran dengan ayat Allah.
TERIMAKASIH
Full transcript