Loading presentation...
Prezi is an interactive zooming presentation

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Gangguan Mood

No description
by

Dandy Wiradinata

on 17 November 2012

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Gangguan Mood

Gangguan Mood Gangguan mood merupakan gangguan yang terjadi pada keadaan emosional atau mood seseorang dalam bentuk depresi ekstrem, gembira yang berlebihan atau kombinasinya. Euphoria yaitu perasaan senang yang berlebihan Dysphoria yaitu kesedihan yang berlebihan Karateristik utama gangguan depresi Sebelum mempelajari lebih dalam perlu diketahui kata2 penting yaitu:

Episode adalah periode waktu yang terbatas ketika simtom gangguan yang spesifik dan kuat terjadi.

Episode manic adalah ledakan dari simtom ekstrem yang melibatkan peningkatan level berpikir, berperilaku, dan emosional yang abnormal menyebabkan gangguan pada fungsi social atau pekerjaan

Episode campuran adalah episode yang ditandai dengan perubahan yang cepat antara periode manic dan periode depesif yang terjadi bersamaan yang belangsung setidaknya selama 1 minggu.

Episode hipomanik adalah keadaan euphoria dengan intensitas yang kurang dan kurang mengganggu. Mendokumentasi tingkat keparahan dari episode dengan hal-hal yang spesifik(ringan,sedang, parah).
Mendokumentasi dari episode pertama ke berikutnya apakah berulang kali atau tidak. Jika iya berarti klien telah pulih.
Hal-hal yang spesifik dapat mencerminkan sifat dasar dari serangkaian simtom yang mencolok. Langkah-langkah untuk membuat karateristik episode mood: 1. Gangguan depresi mayor Gangguan depresi mayor mencakup simtom depresi yang akut, tetapi pada waktu terbatas sebagai episode depresi mayor. Gangguan depresi Karateristik diagnostic episode depresi mayor
1. mood depresi
2. hilangnya minat atau kesenangan
3. turunnya berat badan secara signifikan
4. insomnia atau hipersomnia
5. gerakan psikomotorik yang meluap-luap
6. kelelahan atau hilangnya energy
7.putus asa dan rasa bersalah tanpa sebab
8. kesulitan konsentrasi
9. Munculnya pikiran ingin bunuh diri
 Simtom yang diperlihatkan bukan dari episode campuran dan tidak berhubungan kondisi medis
Simtom menyebabkan stress dan impairment yang signifikan. - Karateristik melankolis yaitu kehilangan minat pada sebagian besar aktivitas atau mengalami kesulitan untuk bereaksi pada peristiwa dalam kehidupan mereka yang biasanya memberikan kesenangan. (bagi orang dengan episode depresif).
- Sedangkan orang yang episodenya menunjukan pola musiman, mengembangkan episode depresif pada waktu yang sama setiap tahunnya.

National Comorbidity study menunjukkan usia yang lebih muda berusia 18-29 (cohort) lebih sering menderita depresi dibandingkan usia 30-44. Jenis-jenis depresi Karateristik:
Selama 2 tahun mengalami mood depresi, berdasarkan pengamatan orang lain
Mengalami: (min 2) turun atau naiknya selera makan, insomnia atau hipersomnia,konsentrasi yang buruk, putus asa.
Selama 2 tahun(dewasa) 1 tahun (remaja & anak-anak) individu mengalami simtom ini selama 2 bualn erturut turut
Individu belum pernah mengalami: episode depresi mayor, manic,campuran, gangguan cyclothymic, pengaruh obat-obatan.
Stress dan gangguan yang signifikan 2. Gangguan Distimik Gangguan distimik adalah depresi kronis yang tidak terlalu parah Gangguan distimik Gangguan bipolar Gangguan yang melibatkan perubahan mood Gangguan bipolar melibatkan pengalaman kegembiraan ekstrem yang kuat dan sangat mengganggu (eurofia), karena adanya perubahan dalam episode depresi mayor. -Stress dan gangguan yang signifikan Karateristik diagnostik episode manik Karateristik diagnostik episode hipomanik:
Peningkatan mood yang terus menerus secara abnormal selama 4 hari
Min ada 4: harga diri meningkat, turunnya kebutuhan tidur, senang bicara, mudah terpengaruh, aktivitas meningkat.
episode yang terjadi tidak terlalu parah
Simtom tidak berpengaruh dengan kondisi medis Gangguan cyclothymic melibatkan perubahan antara dysphoria dan briefer. Gangguan bipolar I yaitu individu mengalami satu atau beberapa periode manik, dan mengalami 1 atau beberapa episode depresif mayor.
Gangguan bipolar II yaitu individu mengalami satu atau beberapa periode hipomanik, dan mengalami 1 atau beberapa episode depresif mayor. Jenis gangguan bipolar Perspektif biologis
Genetik:
gangguan depresi mayor yang diturunkan diperkirakan antara 31-42%
anggota keluarga yang memiliki gangguan depresi mayor berpotensi 2kali mengembangkan ganggaun depresif
Faktor biokimia
Catecholamine hypothesis
Indolamine hypothesis
Monoamine depletion model
Stress hormone Teori dan treatmen gangguan mood Teori psikodinamika

Perspektif gangguan mood yang lebih kontemporer yang menekankan aspek perilaku, kognitif,dan interpersonal.
Dalam perspektif perilaku, diamsusikan bahwa depresi adalah hasil dari reduksi penguat positif, kurangnya keterampilan sosial, atau gangguan yang disebsabkan oleh kejadian dalam kehidupan yang menekan.
Menurut perspektif kognitif, orang yang depresi bereaksi terhadap kejadian hidup yang menekan dengan mengaktifkan serangkaian pikiran yang disebut segitiga kognitif: suatu pandangan negatif terhadap diri, dunia, dan masa depan.
Distorsi kognitif adalah kesalahan menarik kesimpulan Perspektif psikologis Perspektif sosiokultural dan interpersonal
Teori interpersonal melibatkan suatu pola pemahaman gangguan mood yang menekankan fungsi sosial yang terganggu. - Treatmen psikologis MAOI
TCA
SSRI
ECt Treatmen

- Treatmen biologis Orang yang berada pada titik dimana tidak punya sumber daya rentan untuk bunuh diri. Tetapi tidak semua perilaku bunuh diri untuk mengakhiri hidupnya, melainkan untuk memperoleh pertolongan orang lain Bunuh diri - Faktor-faktor resiko:
- Faktor faktor protektif Terdapat beberapa faktor resiko dan protektif bunuh diri Pria memiliki kemungkinan yang 5 kali lebih besar untuk bunuh diri dibandingkan wanita. Namun rata-rata pria kulit putih lebih rentan untuk bunuh diri.
Gangguan yang sering ditmukan pada orang yang melakukan percobaan bunuh diri adalah gangguan depresi berat , penyalahgunaan atau ketergantungan alkohol dan skizofrenia Siapakah yang melakukan bunuh diri? 2
P
A
0
3 Yohanes Dimas W. N (17511550) Lucky Saputra (14511136) Nurul Anisha (15511383) Dandy Kelompok 8: Gangguan Mood (11511715) Perspektif psikologis
Perilaku mengambil kehidupan seseorang sebagai usaha pada komunikasi interpersonal. Mereka yang mencoba bunuh diri berusaha untuk mengkomunikasikan frustasi akan kebutuhan psikologis kepada orang-orang yang penting dalam hidup mereka (Shneidman 1984) Perspektif biologis
Statistik mengenai sejarah keluarga pelaku bunuh diri mendukung dugaan bahwa faktor biologis mungkin menyebabakan suatu kondisi klinis tertentu pada banyak individu yang mendorong munculnya bunuh diri. Mengapa orang melakukan bunuh diri? Asesmen dan treatmen bunuh diri
Memeriksa niat bunuh dirinya seseorang,lalu dievaluasi apakah tinggi resikonya atau tidak (biasanya dilakukan oleh klinisi). Suicidal lethality adalah tingkat bahaya metode yang diniatkan seseorang untuk mencapai kematian.
Tingkat bahaya yang tinggi biasanya dengan menombinasikan barbiturat dosis tinggi dengan alkohol, gantung diri, menembak diri sendiri dan loncat dari tempat tinggi.
Tingkat bahaya rendah biasanya dengan mengkonsumsi obat-obatan berlebihan, memotong urat nadi. Perspektif sosiokultural
Suatu alasan utama perilaku bunuh diri adalah anomie atau perasaan terasing dari masyarakat.
Full transcript