Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Sistem Presidensial Amerika Serikat

No description
by

on 12 November 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Sistem Presidensial Amerika Serikat

Sistem Presidensial Amerika Serikat
Sistem Pemerintahan Amerika Serikat
Amerika menganut sistem pemerintahan presidensial, dimana presiden berlaku sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan.
Jalannya Pemerintahan
Di Amerika memiliki Presiden sebagai lembaga eksekutif, kongres yang terdiri dari House of Representatif dan senat sebagai lembaga Legislatif, serta Mahkamah Agung sebagai Lembaga Yudikatif.
Eksekutif
Di Amerika, Presiden adalah pemegang kepala negara dan kepala pemerintahan. Presiden juga bisa berlaku sebagai legislatif ketika membuat undang-undang dengan persetujuan parlemen.
Legislatif
Kongres adalah cabang legislatif pemerintah federal. Kongres memiliki dua kamar, yaitu Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat. DPR terdiri dari 435 anggota yang memiliki hak suara, tiap anggota itu mewakili sebuah distrik kongres dan bertugas selama dua tahun. Selain 435 angggota berhak suara, terdapat juga lima anggota tanpa hak suara, yaitu empat orang perwakilan dan seorang komisioner residen.
Yudikatif
Supreme of Court adalah pemegang lembaga yudikatif di Amerika Serikat yang bebas dan merdeka.
Pemilu
Pemilu di Amerika Serikat menganut sistem 2 partai, yaitu partai demokrat dan partai republik. Pada pemilu, rakyat memilih Presiden dan House of Representatif.
Sistem Pemerintahan Indonesia
Pemerintahan Indonesia
Indonesia menjalankan pemerintahan republik presidensial multipartai yang demokratis. Seperti juga di negara-negara demokrasi lainnya, sistem politik di Indonesia didasarkan pada Trias Politika yaitu kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif.
Legislatif
Kekuasaan legislatif dipegang oleh sebuah lembaga bernama Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
Eksekutif
Lembaga eksekutif berpusat pada presiden, wakil presiden, dan kabinet. Kabinet di Indonesia adalah Kabinet Presidensial sehingga para menteri bertanggung jawab kepada presiden dan tidak mewakili partai politik yang ada di parlemen.
Yudikatif
Lembaga Yudikatif sejak masa reformasi dan adanya amandemen UUD 1945 dijalankan oleh Mahkamah Agung, Komisi Yudisial, dan Mahkamah Konstitusi, termasuk pengaturan administrasi para hakim. Meskipun demikian keberadaan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tetap dipertahankan.
Sistem Pemerintahan Inggris
Pemerintahan Inggris
Negara Inggris adalah salah satu negara kesatuan di benua Eropa yang menganut bentuk kerajaan (monarki).
Badan Eksekutif di Inggris tidak seperti badan eksekutif di Indonesia yang hanya terdiri dari satu bentuk wewenang yang dipegang seorang kepala negara saja. Di negara Inggris badan eksekutif terdiri atas dua bagian, yaitu :
Eksekutif
1. Kekuasaan yang dipegang oleh Ratu/Raja, dimana kekuasaan ini bersifat mutlak dan simbolis dari kerajaan. Sehingga kedudukan seorang ratu atau raja di Inggris tidak dapat di ganggu gugat oleh hal apapun.
Kendati demikian seorang raja/ratu yang memerintah harus memberi persetujuan secara formal terhadap pengesahan undang-undang yang dibuat oleh perlemen. Serta bertanggung jawab dalam penunjukkan perdana menteri yang baru ataupun pembubaran parlemen sebelum masa peralihan.
2. Kekuasaan yang dipegang oleh seorang perdana menteri. Perdana menteri adalah kepala atas satuan kabinet/menteri-menteri yang diangkat dari badan legislatif.
Legislatif
Badan legislatif diisi oleh m
ajelis rendah
dan majelis tinggi. Majeli
s rendah
merupakan badan perwakilan
rakyat yang
dipilih langsung oleh rak
yat Inggris.
Sedangkan majelis tinggi m
erupakan badan

yang orang-orangnya berasal dari golongan bangsawan dan sebagian besar diwariskan secara turun-temurun.
Yudikatif
Inggris mengenal 3 badan yudikatif yaitu Pengadilan Tinggi Kehakiman, Pengadilan Mahkota, dan Mahkamah Agung Britania Raya.
Full transcript