Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

PUBLICATION and INFORMATION TECHNOLOGIES

No description
by

Syaripah Nurfatia

on 4 October 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of PUBLICATION and INFORMATION TECHNOLOGIES

PUBLICATION and INFORMATION TECHNOLOGIES
Syaripah Liza Nurfatia
Salma Hirzi Amrina
M. Ghifari Akbar
Information Generation
Information Explosion
Information Sources
- Primary : Artikel jurnal, makalah, buku

- Secondary : Jurnal abstrak, indeks, bibliografi

- Tertiary : buku panduan, buku teks, review

- informasi insidentil

- pengetahuan popular


Scholarly Communication
Collaboratories (kerja sama)
Peer Review (Penelitian Sejawat)
Open Access (Akses Bebas)
Bibliometric and Citation Analisys
Publikasi dan Analisis Kutipan
Kopling Bibliografi dan Analisis ko-sitasi
Hukum Bibliometrik
Webometric
Web Data Sources
Link Analysis
The Social Sciences Link Analysis Methodology
Future Direction for Link Analysis
Web-Based Citation Analysis

Search Engine Evaluation

Blog Search Engines

Social Network

Next Steps in Webometrics

Di masyarakat jumlah informasi saat ini sangat meningkat. Namun, masyarakat belum bisa memanfaatkan informasi yang ada dengan efisien.
Assosiasi dari perguruan tinggi dan Peneliti Perpustakaan (2009) mendefinisikan komunikasi ilmiah sebagai “sistem di mana penelitian dan tulisan-tulisan ilmiah lainnya diciptakan , dievaluasi untuk kualitas , disebarluaskan kepada masyarakat ilmiah , dan dilestarikan untuk penggunaan masa depan "
Pada tahun 1989 William Wulf , di National Science Foundation , menciptakan istilah collaboratory dengan menggabungkan kata-kata kolaborasi dan laboratorium . Ia didefinisikan sebagai " pusat tanpa dinding , di mana pengguna dapat melakukan penelitian mereka tanpa memperhatikan lokasi geografis -berinteraksi dengan rekan kerja, mengakses instrumentasi , berbagi data dan sumber daya komputasi , dan mengakses informasi dalam perpustakaan digital " ( Komite Menuju Collaboratory Nasional , 1993 , hlm. vii ) .
Dalam peer review orang yang bertugas adalah editor atau penyunting. Penerbit berfungsi dalam menyaring informasi yang akan disebarluaskan, guna mencegah ledakan informasi. Peer review merupakan sebuah cara untuk membaca, mengomentari dan membuat rekomendasi mengenari karya yang dikirimkan untuk publikasi.
Open Access (OA) adalah akses online gratis tak terbatas untuk semua pengguna dan biasanya digunakan untuk penelitian ilmiah.
The green route
the gold route
dengan biaya gratis.
bersedia membayar untuk mempublikasikan artikelnya.
Secara harfiah bibliometrik berarti pengukuran buku.
Bibliometrik berkaitan dengan scientometric dan informetric.
Analisis publikasi menyangkut analisis kuantitatif koleksi dokumen. Misalnya , jumlah publikasi penulis, jurnal, lembaga, dan negara-negara
Dokumen dikatakan bibliographically ditambah jika mereka berbagi satu atau lebih referensi bibliografi.
. Hukum Zip (1935, 1949) menyatakan bahwa ketika kata dalam pidato bahasa alami atau teks berdasar frekuensi penggunaan peringkat, frekuensi setiap kata berbanding terbalik dengan peringkat frekuensi.

Hukum Lotka ini (loyka 1926) menyatakan bahwa jumlah penulis membuat n kontribusi adalah sekitar 1: na dari mereka membuat satu kontribusi, dimana sering hampir dua. Dengan demikian, jumlah penulis masing-masing memberikan kontribusi n artikel
Webometrics berkaitan dengan aspek-aspek pengukuran web: situs web, halaman web, bagian dari halaman web, kata-kata dalam halaman web, hyperlink, serta hasil pencarian dari mesin pencari web (Thelwall, 2009).
Statistik web skala besar dapat diperoleh dari mesin pencari komersial, dipinjam dari database web link, atau diperoleh secara langsung dengan link crawler atau spider-program komputer yang bergerak metodis melalui world wide web dan ekstrak link itu counter.

Analisis Jaringan Sosial( Wasserman & Faust , 1994) . Park ( 2003) menciptakan istilah " hyperlink jaringan - analisis " untuk penggunaan analisis jaringan sosial ( SNA ) teknik untuk jaringan yang dibentuk oleh hubungan antara halaman web .

Berbagai kegunaan yang terbuat dari web ( Burnett & Marshall, 2002) berarti intuisi kita tentang bagaimana web link seharusnya digunakan dalam konteks tertentu bisa salah.

Web akan selalu berkembang, oleh karena itu penting untuk tahu bagaimana semua jenis hasil analisis link web dari waktu ke waktu.

Blog adalah buku harian online yang dikelola oleh jutaan pengguna web. Blog sangat mudah digunakan dan sangat mudah untuk dikelola

Blog Analisis Link


Keuntungan dari analisis kutipan berbasis web melalui analisa link adalah bahwa kutipan mungkin lebih banyak daripada link dan lebih mungkin untuk merespon konteks yang benar-benar ilmiah
Evaluasi mesin pencari web adalah penelitian webometrik yang mungkin paling banyak berguna sebagai latar belakang pengetahuan untuk informasi.

Banyak sekali mesin pencari yang dapat kita gunakan, Google, Blog Search, Technorati, atau IceRocket.Apapun yang ingin kita ketahui tentang sesuatu, akan mudah bila kita menggunakan mesin pencari ini.

Kekuatan ini membuat analisis link alat penelitian baru praktis Ini akan menjadi logis bagi para ilmuwan informasi menggunakan analisa link sebagai bagian dari penelitian kolaboratif dengan para ilmuwan sosial lainnya ( Thelwall , Wouters , & Fry , 2008 )

www.babyorganics.co.id
THANK YOU
Full transcript