Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Strategi Implementasi Nilai-nilai Budaya Organisasi

No description
by

Nanda Sukma

on 9 March 2016

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Strategi Implementasi Nilai-nilai Budaya Organisasi

Budaya Organisasi.
Photos
Menilai Strategis Kesesuaian Strategi-Budaya
Budaya Organisasi
Budaya organisasi menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam tatanan organisasi untuk mencapai tujuan perusahaan. Budaya ini dapat memberikan pengaruh yang postif maupun yang negatif (Morgan, 1977).
Dalam merumuskan strategi perusahaan, organisasi didesain dengan mengembangkan budaya yang cocok dengan keadaan lingkungannya. Hubungan yang pas antara nilai-nilai budaya, strategi perusahaan dan lingkungan bisnis dapat memperkuat keberhasilan perusahaan (Daniel R. Denison). Suatu studi yang dilakukan oleh Profesor Daniel R. Denison, menunjukkan bahwa ada empat jenis budaya yang dapat dikembangkan perusahaan sehubungan dengan strategi dan keadaan lingkungan.
Kategori yang dikembangkan oleh Denison, didasarkan oleh dua faktor, yaitu :
1. Keadaan lingkungan kompetitif memerlukan tindakan: mengubah atau mendiamkan.
2. Fokus strategi:internal dan eksternal

PENGERTIAN BUDAYA ORGANISASI.
budaya perusahaan mempunyai pengaruh besar terhadap suksesnya implementasi strategi, maka pihak manajemen harus melakukan analisis untuk menilai kesesuaian antara rumusan strategi dengan budaya perusahaan. Untuk itu pihak manajemen dapat mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut.
a. Apakah strategi yang dirumuskan sesuai dengan budaya perusahaan saat ini?
b. Jika strategi baru tidak sesuai dengan budaya perusahaan saat ini, dapatkah budaya tersebut dimodifikasi dengan mudah sehingga lebih cocok dengan strategi yang baru?
c. Jika budaya perusahaan tidak dapat berubah dengan mudah dalam menyesuaikan dengan strategi baru, apakah pihak perusahaan bersedia dan mampu membuat perubahan organisasional yang besar dan menerima kemungkinan penundaan dalam mengimplementasi strategi baru dan menerima kemungkinan meningkatnya biaya?
d. Jika pihak perusahaan tidak bersedia membuat perubahan organisasional yang besar yang menuntut dilakukannya perubahan dalam mengelola budaya perusahaan, apakah seluruh SDM dalam perusahaan tersebut masih mempunyai komitmen untuk mengimplementasikan strategi tersebut?

Terbentuk Dari Unsur-unsur Ini:
budaya perusahaan mempunyai pengaruh kuat terhadap perilaku seluruh pegawai, maka budaya perusahaan juga berpengaruh besar dalam mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mengubah arah strateginya. Perubahan dalam misi, sasaran, strategi atau kebijakan suatu perusahaan, kemungkinan akan gagal jika dalam perusahaan tersebut ada pihak yang melakukan oposisi secara kuat terhadap budaya yang dianut.
Nim:43112110158
Nama:Nanda Sukma
like comment share
Strategi Implementasi Nilai-nilai Budaya Organisasi.
1.Nilai-nilai dominan yang didukung oleh organisasi.
2. Falsafah yang menuntun kebijaksanaan organisasi terhadap pegawai danpelanggan.
3. Cara pekerjaan dilakukan di tempat itu.
4. Asumsi dan kepercayaan dasar yang terdapat di antara anggota organisasi
Tugas Individu Kelompok 1.Budaya Organisasi. Dosen: Maharani S.Sos,MM
Budaya Organisasi.

Pengaruh Budaya Terhadap Strategi Perusahaan.
Budaya terbentuk dalam organisasi seiring dengan berjalannya waktu dan dapat pula dirasakan manfaatnya dalam memberi kontribusi bagi efektivitas organisasi secara keseluruhan
Budaya
Budaya merupakan produk dari suatu komunitas, terdiri dari nilai-nilai yang diyakini dan dijalankan oleh individu dalam suatu organisasi / komunitas dan dijadikan perekat dan pedoman dalam kehidupan dan pemecahan dalam masalah.
Budaya juga merupakan pembeda antara suatu komunitas dengan komunitas lainnya.
budaya organisasi juga telah mempengaruhi praktik manajemen di perusahaan guna menentukan strategi -strateginya.
Budaya organisasi yang terbentuk, dikembangkan, diperkuat atau bahkan diubah, memerlukan praktik yang dapat membantu menyatukan nilai budaya anggota dengan nilai budaya organisasi. Praktik tersebut dapat dilakukan melalui induksi atau sosialisasi, yaitu melalui transformasi budaya organisasi.
Budaya organisasi untuk efektifitas manajemen perusahaan
Budaya organisasi berpengaruh terhadap kesuksesan dan kegagalan perusahaan dalam tindakan-tindakan praktis seperti merger, stretegi penggabungan, pengambil-alihan perusahaan dll.
Budaya organisasi dengan pengubahan prosedur untuk survive perusahaan
Budaya organisasi juga telah mempengaruhi praktik manajemen di perusahaan guna menentukan strategi -strateginya.
Menurut Schein (1992), budaya organisasi adalah pola dasar yang diterima
oleh organisasi untuk bertindak dan memecahkan masalah,membentuk karyawan yang mampu beradaptasi dengan lingkungan dan mempersatukan anggota - anggota organisasi. Untuk itu harus diajarkan kepada anggota termasuk anggota yang baru sebagai suatu cara yang benar dalam mengkaji, berpikir dan merasakan masalah yang dihadapi.

Strategi Organisasi
manajemen adalah unsur yang terpentig bagi proses pengambilan keputusan dan pembentukan strategi organisasi (Lee, 2004).

Analisis dan pemilihan strategi sebagian besar melibatkan pengambilan keputusan subyektif berdasarkan informasi objektif.

Analisis dan pemilihan strategi berusaha menentukan tindakan alternatif yang paling baik yang akan dijalankan didalam mewujudkan misi dan tujuan perusahaan.
Strategi Organisasi
Terdapat hubungan LANGSUNG dan TIDAK LANGSUNG antara budaya organisasi dengan efektifitas pengelolaan perusahan.

Budaya Oragnisasi akan memberikan sumbangan yang penting dalam pengambilan keputusan untuk menentukan strategi.

Budaya organisasi mempengaruhi keunggulan kompetitif perusahaan yang pada akhirnya memberi 'kemudahan' dalam mencapai tujuan perusahaan
Stategi Perusahaan
Perusahaan selalu bergerak dinamis dengan cara mem-push budaya organisasi dalam pengelolaan sumber dayanya sehingga mempengaruhi kinerja perusahaan dan pencapaian tujuan perusahaan dengan optimal.

Manajer berperan untuk menskinkronkan budaya organisasi kepada staff dan pelaku perusahaan dalam rangka menyamakan persepsi dan tujuan perusahaan.
Strategi Perusahaan
Budaya organisasi memungkinkan diferensiasi layanan. Organisasi yang telah mencapai semacam ini diferensiasi cenderung lebih sukses ( Berry , 2000) , selama diferensiasi ini unik dan memberikan nilai ekstra untuk konsumsi produk atau layanan .
Budaya organisasi tidak bersifat global. Setiap perusahaan mempunyai budaya organisasi yang unik. Budaya yang tepat adalah budaya yang sesuai dengan lingkungan organisasi.
Strategi Organisasi
Dari seluruh penjelasan tersebut makan terdapat 7 dimensi  penting dalam menentukan strategi yang didasarkan pada budaya organisasi,yaitu :
1.perhatian terhadap detail
2.orientasi pada hasil
3.orientasi pada manusia
4.orientasi pada tim
5.orientasi pada keproaktifan
6.orientasi pada stabilatas
7.orientasi pada inovasi dan pengambilan resiko
Praktik Budaya Organisasi
Setiap organisasi akan memiliki nilai-nilai, simbol-simbol, mitos-mitos, dan praktek-praktek yang akan berkembang sepanjang usia organisasi tersebut.

Hal-hal tersebut dalam derajat yang berbeda akan mempengaruhi bagaimana orang-orang dalam organisasi tersebut melihat dan merespon isu-isu dan masalah-masalah dalam kehidupannya.

Pengaruh tersebut seringkali akan ditunjukkan dalam bentuk bagaimana orang-orang dalam organisasi tersebut mengkonsep, mendefinisikan, menganalisa, dan memecahkan berbagai isu.
Dalam kaitan dengan fungsi manajemen, Robbins, Bregman, Stagg, Coulter (2003) memberikan bentuk budaya organisasi yang diindikasikan dari bagaimana fungsi-fungsi manajemen tersebut dipraktekan adalah sebagai berikut :

Perencanaan

Kepemimpinan

Pengorganisasian

Pengendalian
Praktik Budaya Organisasi.
Studi Kasus Perusahaan Telekomunikasi
Penyedia layanan telekomunikasi muncul setiap saat dan hampir semuanya datang dari sektor bisnis yang berbeda.
Akhirnya bidang ini perlu diperlambat lajunya karena sementara dianggap sebagai memonopoli regulasi secara penuh.
Studi Kasus Perusahaan Telekomunikasi
Beberapa budaya organisasi pada industri telekomunikasi dapat di deskripsikan pada beberapa kasus yang terjadi pada perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi, beberapa kasus yang terdapat hubungan antara budaya organisasi dengan efektifitas manajemen pada industri telekomunikasi adalah :

Perubahan Perilaku Organisasi.
Kesalahan dalam Praktek Pelaksanaan Organisasi
Koordinasi antara budaya Organisasi dan strategi.
Budaya Organisasi.
Full transcript