Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

ASPAL EMULSI

No description
by

Aditya Wibawa Mukti Chitarrista

on 27 November 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of ASPAL EMULSI

ASPHALT EMULSI

1. Aditya Wibawa Mukti
2. Rizkite Ade Putra
3. Wibi Santosa
4. Windi Dewi Asaryanti
5. Gea Iman Setiawan
6. Fiqri Purnama Ede
7. Muhammad Adi Gunawan
8. Agus Setiono

design by Dóri Sirály for Prezi
ASPAL EMULSI ???
Aspal emulsi adalah suatu campuran aspal dengan air dan bahan pengemulsi berdasarkan muatan listrik yang dikandung emulsinya.
b. Katonik
Merupakan aspal emulsi yang bermuatan positif berdasarkan sifat bekerja dapat dibedakan atas :
- (MCK) Bekerja Cepat : Cepat bereaksi dengan batuan pada terjadinya kontak dengan permukaan jalan maupun batuan sehingga tidak dapat batuan sebelum dihampar.
- (MSK) Bekerja Kurang Cepat : Reaksi kurang cepat dengan batuan menyebabkan jenis ini dapat digunakan untuk pekerja, pencampuran dengan bantuan bergradasi kasar dan bersih.
- (MLK) Bekerja Lamban : Karena reaksi lamban sekali maka jenis ini dapat dipergunakan untuk menampung dengan batuan bergradasi halus mis : glury dan tidak bersih.

c. Nonionik
Merupakan aspal emulsi yang tidak mengalami ionisasi berarti tidak menghantarkan listrik. Selain pengelompokan menurut apa yang disebut di atas aspal emulsi dibagi juga menurut viscositasnya. Berdasarkan geologi maka pembagian aspal emulsi akan menyangkut kadar bitumen atau kadar air dan kandungannya karena kadar air mempengaruhi viscositas.
- (RS) Rapid Setting aspal yang mengandung sedikit bahan pengemulsi sehingga pengikatnya yang terjadi cepat.
- (MS) Medium Setiing
- (SS) Slow Setting, jenis aspal emulsi yang paling lambat menguap.

Keunggulan Asphalt Emulsi
1. Fleksibel
Aspal Emulsi mempunyai penggunaan yang cukup luas yaitu untuk konstruksi tipis, tebal, structural dan non-struktural. Selain itu Aspal Emulsi dapat dicampur dengan bahan Aggregate dengan menggunakan peralatan yang kompleks seperti AMP dan Central Mixing Plant maupun peralatan sederhana seperti Pan Mixer, Beton Molen atau secara manual
2. Ramah Lingkungan
Isu lingkungan dewasa ini menjadi perhatian yang serius. Penggunaan Aspal Emulsi akan menjadi pilihan karena bebas dari pencemaran udara akibat asap dan kebisingan yang dihasilkan seperti pada produksi Hot Mix. Untuk lokasi tertentu dapat menghindari penebangan kayu sebagai bahan bakar untuk memanaskan aspal
3. Tanpa Proses Pemanasan
Pada konstruksi jalan, aspal diencerkan dengan cara memanaskannya atau mencampurnya dengan minyak tanah atau bensin. Dengan Aspal Emulsi tidak diperlukan pemanasan lagi, karena memiliki keenceran tertentu untuk langsung digunakan dalam kondisi dingin. Sehingga kendala terbuangnya material karena masalah penurunan temperatur seperti pada Hot Mix tidak akan dijumpai pada campuran Aspal Emulsi.
4. Hemat Bahan Bakar
Bahan bakar yang dipakai untuk memproduksi campuran Aspal Emulsi relative sangat kecil dibanding dengan produksi Hot Mix. Penghematan ini lebih nyata bila produksi menggunakan peralatan yang sederhana seperti Pan Mixer atau Beton Molen
5. Campuran Dapat Disimpan
Hasil campuran Aspal Emulsi dengan aggregate seperti DGEM, OGEM, Sand Mixes dan Cold Mixes merupakan bahan ready mix yang dapat disimpan hingga beberapa hari. Bahkan cold mixes dapat distok hingga dua minggu. Sehingga kendala terbuangnya material karena pemakaian untuk patching merupakan pilihan tepat.
6. Praktis dan Aman
Karena sifatnya yang siap pakai, maka Aspal Emulsi lebih praktis dan cepat dalam penggunaanya, serta aman bagi pekerja dari akibat bahaya pemanasan dan pembakaran.

GOLONGAN ASPHALT EMULSI
a. Kationik
Disebut juga aspal elmulsi alkali, merupakan aspal emulsi yang bermuatan arus listrik negatif. Berdasarkan sifat labil dibedakan atas :
- (ML), labil Memisah dengan cepat, tidak dapat dipergunakan untuk campuran sebelum dihampar.
- (MS) Agak Stabil, mempunyai kestabilan sehingga dapat dipergunakan untuk campuran dengan jenis-jenis batuan dan gradasi tertentu sebelum dihampar.
- (ML) Stabil, dapat dicampurkan dengan semua jenis batuan yang bisa digunakan segala macam gradasi termasuk gradasi filler semen portland.

GOLONGAN ASPHALT EMULSI
GOLONGAN ASPHALT EMULSI
DI Lapangan
Full transcript