Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Asuhan Kebidanan

No description
by

Rosdiana Meliani

on 11 September 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Asuhan Kebidanan

Asuhan Kebidanan
di susun oleh :
Elis Rohanah ( D3E512001)
Selviana Solihah (D3E512003)
Rosdiana Meliani (D3E512004)
Siti Maemanah (D3E512007)
pengertian
Asuhan kebidanan adalah aktifitas atau intervensi yang di berikan oleh bidan kepada klien yang mempunyai kebutuhan atau permasalahan khususnya dalam persalinan.

Praktek kebidanan didasarkan pada pemahaman bahwa kehamilan dan melahirkan membawa arti penting bagi seorang wanita, keluarga dan masyarakat. bidan berusaha untuk meningkatkan pengalaman, memberikan kontinuitas perawatan atau asuhan kepada seorang wanita dan keluarganya.

Alasan Terjadinya Asuhan
Dikarenakan seorang wanita hamil itu mempunyai psikologis yang lemah maka di perlukannya bimbingan, dukungan, intervensi konseling, dan medis yang di perlukan dalam asuhan kebidanan.

Dengan adanya asuhan kebidanan bidan dapat memantau perkembangan kondisi seorang ibu atau bayi nya itu sendiri secara khusus/ detail, sehingga apabila terjadi hal yang tak terduga bidan dapat mengambi tindakan secara tepat dan cepat.
Selain bidan memberikan motivasi yang tinggi kepada ibu yang hamil dengan resiko tinggi antara bidan dan klien harus mempunyai keterbukaan satu sama lain.
Proses Memberikan Asuhan
Penjelasan bidan dalam suatu kelompok menunjukan bahwa bidan harus menggunakan pengetahuan yang luas dan pengalaman yang ada untuk mengubah lingkungan persalinan, untuk menyeimbangkan tindakan proses bersalin yang lebih baik.
Dalam penelitian di temukan 3 konstituen perawatan atau asuhan kebidanan yang ideal. Pertama sebagai bidan yang bermartabat harus mempunyai kenyakinan, melindungi seorang wanita yang mempunyai resiko tinggi untuk melahirkan dan bertanggung jawab. Kedua bidan memiliki pengetahuan teoritis, praktis, intuitif, dan reflektif.

Yang ketiga perawat-bidan memiliki tanggung jawab khusus untuk menyeimbangkan prespektif medis dalam memberikan asuhan atau perawatan kepada perempuan beresiko tinggi, dan mempromosikan untuk menjadi seorang ibu yang melahirkan dengan alami atau normal.

Model Asuhan Kebidanan
Model asuhan kebidanan adalah suatu bentuk pedoman atau acuan yang merupakan kerangka kerja seorang bidan dalam memberikan asuhan kebidanan dengan tidak terlepas dari teori yang mempengaruhinya.

7 Model Asuhan Di Indonesia
1). Primeri care, yaitu dalam memberikan pelayanan bidan bertanggung jawab sendiri di mulai dari saat hamil sampai melahirkan sesuai dengan kewenangan bidan.
2). Kontinuiti of care, yaitu sekelompok bidan mempunyai standar praktek yang sama filosofinya dan proses pelayanannya dalam berkomitmen.

3). Kolaboratif of care, yaitu perlunya kolaborasi dengan professional lain untuk menjamin kliennya menerima pelayanan yang baik.
4). Informed choice, yaitu bidan di Indonesia menghargai hak perempuan untuk memilih tentang semua aspek dalam asuhan kebidanan.

5). Kesejahteraan ibu dan anak, yaitu bidan meningkatkan kesejahteraan ibu, bayi , dan keluarga dengan mendukung aspek social, emosional, budaya, dan aspek fisik.
6). Pemilihan tempat persalinan, yaitu bidan harus trampil menolong persalinan di berbagai tempat pelayanan baik rumah sakit, puskesmas, atau rumah klien.

7). Evidence base practice, yaitu bidan di Indonesia di harapkan untuk selalu memperbaharui ilmunya berdasarkan hasil penelitian tentang kesejahteraan ibu dan anak
Kesimpulan
Asuhan kebidanan yaitu pelayanan yang di berikan kepada pasien yang membutuhkan khususnya seorang wanita hamil dan wanita hamil yang beresiko tinggi. Dalam memberikan pelayanan asuhan kebidanan seorang bidan harus memberikan perhatian yang maksimal, memberikan motivasi kepada pasien atau seorang wanita yang hamil.
Full transcript