Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Presentation

No description
by

Belinda Prissy Farossa

on 15 December 2012

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Presentation

Kelompok 2 Pengaruh Frekuensi terhadap Tegangan pada Rangkaian R-L-C Abstrak Tinjauan Pustaka Analisa Data dan Pembahasan Telah dilakukan percobaan yang berjudul Pengaruh Frekuensi terhadap Tegangan pada Rangkaian RLC. Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh frekuensi terhadap tegangan pada rangkaian RLC yang disusun secara seri, paralel, dan seri parallel serta untuk mempelajari karakteristik rangkaian RLC. Percobaan ini terdiri dari 3 rangkaian yaitu rangkaian seri RLC, rangkaian paralel L dan C, serta rangkaian seri C dengan paralel C dan L. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa besar sumber frekuensi berpengaruh terhadap besar nilai tegangan pada rangkaian RLC seri yaitu semakin besar nilai frekuensi semakin besar nilai tegangan induktornya, namun semakin kecil nilai tegangan kapasitornya. Pada rangakaian pararel LC, besar frekuensi tidak berpengaruh secara langsung terhadap tegangan induktor dan kapasitor karena pada rangakaian pararel, tegangan yang dihasilkan tiap komponennya sama. Pada rangkaian seri C pararel LC, pada kapasitor seri besar frekuensi berbanding terbalik dengan nilai tegangan kapasitornya. Sedangkan pada komponen kapasitor dan induktor yang tersusun pararel, besar frekuensi tidak berpengaruh secara langsung terhadap tegangan induktor dan kapasitor. Pendahuluan Kelompok 2 1. Alfiana Ramdhan
(1110100005)
2. Afida Kholifatunnisa
(1111100011)
3. Filza Amalina
(1111100025)
4. Syah Reza Mbolosi
(1111100039)
5. Belinda Prissy Farossa
(1111100059)
6. Adis Prasetyo
(1111100067)
7. Novanto Adhisasmita Kusuma
(1111100077) Latar Belakang Dalam kehidupan sehari-hari pastinya selalu berhubungan dengan listrik. Apalagi di zaman yang semakin canggih dengan peralatan yang serba elektronik. Ada dua macam arus listrik yaitu AC (Alternating Current) dan DC (Dirrect Current). Apabila ada suatu rangkaian yang menggunakan lampu pijar dengan memberi sumber teganngan AC dan DC ,maka sumber tegangan tersebut mempengaruhi nyala lampu yaitu redup ataupun terangnya suatu lampu.

Dalam elektronika juga terdapat rangkaian RLC yaitu rangkaian elektronik yang terdiri dari komponen resistor, induktor, dan kapasitor, yang dihubungkan dengan cara seri atau paralel. Apabila digunakan osiloskop untuk mengukur tegangan pada rangkaian seri, paralel, dan rangkaian seri-paralel RLC maka pada frekuensi yang berbeda akan menunjukkan tegangan yang berbeda-beda pada rangkaian tersebut. Melalui praktikum ini akan diketahui pengaruh frekuensi terhadap tegangan pada rangkaian RLC yang disusun secara seri, paralel, dan seri paralel. Rumusan Masalah 1. Bagaimana mengetahui pengaruh frekuensi terhadap tegangan pada rangkaian RLC yang disusun secara seri, paralel, dan seri paralel?

2. Bagaimana mengetahui karakteristik rangkaian RLC? Tujuan Penelitian 1. Untuk mengetahui pengaruh frekuensi terhadap tegangan pada rangkaian RLC yang disusun secara seri, paralel, dan seri paralel.
2. Untuk mempelajari karakteristik rangkaian RLC. Resistor Induktor Kapasitor OSILOSKOP Generator Sinyal Metodologi Resistor atau hambatan berfungsi sebagai penghambat arus, pembagi arus dan tegangan. Resistor menerima energi dengan cara menyerap sehingga menimbulkan panas. Nilai resitor tergantung dari hambatan jenis, bahan resistor, panjang resistor dan luas penampang. Sebuah induktor atau reaktor adalah sebuah komponen elektronika pasif, yang dapat menyimpan energi pada medan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melintasinya. Kapasitor adalah suatu komponen elektronika yang dapat menyimpan muatan listrik. Osiloskop adalah salah satu alat ukur listrik yang dapat mengukur dan menampilkan bentuk isyarat listrik yang berubah-ubah, baik tegangan atau frekuensinya. Generator sinyal adalah salah satu alat elektronik yang dapat menghasilkan bentuk gelombang. Rangkaian Seri R-L-C Rangkaian Paralel R-L-C Alat dan Bahan Alat :
satu buah generator sinyal
satu buah osiloskop, dua buah kabel BNC – probe jepit, dua buah kabel jepit buaya, satu buah breadboard, satu meter kabel jumper. Bahan :
dua buah induktor senilai 2.5 mH, dua buah kapasitor senilai 470 pF, dan satu buah resistor senilai 47 ohm. SKEMA KERJA Cara Kerja 1. Alat dan bahan dirangkai seperti pada Skema Kerja.

2. Frekuensi generator sinyal diubah untuk mencari nilai tegangan Vo maksimal dan atau minimum. Nilai tegangan Vo maksimal dan atau minimum tersebut dicatat.

3. Pada frekuensi yang menyebabkan tegangan Vo maksimal dan atau minimum tersebut, besarnya tegangan induktor dan kapasitor dicatat.

4. Variasi frekuensi yang digunakan pada generator sinyal adalah sebesar 100 Hz, 150 Hz, dan 200 Hz. Rangkaian Seri RLC Rangkaian Pararel LC Rangkaian seri C pararel LC Kesimpulan 1. Besar sumber frekuensi berpengaruh terhadap besar nilai tegangan pada rangkaian RLC seri yaitu semakin besar nilai frekuensi semakin besar nilai tegangan induktornya. Namun semakin kecil nilai tegangan kapasitornya.

2. Pada rangakaian pararel LC, besar frekuensi tidak berpengaruh secara langsung terhadap tegangan induktor dan kapasitor karena pada rangakaian pararel, tegangan yang dihasilkan tiap komponennya sama.

3.Pada rangkaian seri C pararel LC, pada kapasitor seri besar frekuensi berbanding terbalik dengan nilai tegangan. Sedangkan pada komponen kapasitor dan induktor yang tersusun pararel, besar frekuensi tidak berpengaruh secara langsung terhadap tegangan induktor dan kapasitor.
Full transcript