Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP PROGR

No description
by

Meyske Theresya

on 5 December 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP PROGR

PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN (TJSL) PADA EVALUASI PERUSAHAAN DAN ASOSIASI PRODUK
(STUDI PADA PERUSAHAAN PETROCHINA INTERNATIONAL (BERMUDA) LTD DI SORONG - PAPUA BARAT)

Nancy Caroline Teljoarubun
125001875

Latar Belakang Masalah
2004
2007
2013
2010
2001
1998
WHAT IS CSR??
Corporate Social Responsibility (CSR) atau di Indonesia lebih dikenal dengan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang selanjutnya disebut TJSL secara mendasar merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan, tidak hanya bertanggung jawab untuk meningkatkan ekonomi kepada pemilik perusahaan, tetapi bertanggung jawab juga kepada masyarakat dan lingkungannya.

Dalam perusahaan ekstraktif, TJSL merupakan tanggung jawab moral perusahaan terhadap masyarakat khususnya yang berada di sekitar daerah operasi perusahaan.
Melalui TJSL ini, perusahaan dituntut untuk memperhitungkan konsekuensi keberadaannya terhadap masyarakat lokal melalui berbagai kegiatan sosial sebagai suatu bagian dari segala kegiatan bisnis yang bertujuan meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat
Salah satu perusahaan yang menerapkan Program TJSL dalam strategi bisnis untuk membangun citra yang positif adalah PetroChina Internasional Companies in Indonesia yang bergerak di bidang eksplorasi dan eksploitasi Sumber Daya Minyak dan Gas bumi.
Perusahaan ini mempunyai 3 lapangan minyak yang ada di Indonesia yakni:
1. Di Daerah Jabung (Sumatera Selatan),
2. Daerah Tuban (Jawa Timur)
3. Daerah Sorong (Papua Barat).
Pada industri tambang dan migas, program TJSL menjadi semakin penting dan menjadi bagian strategi perusahaan, hal ini disebabkan karena:
Perusahaan adalah bagian dari masyarakat dan oleh karenanya wajar bila perusahaan memperhatikan kepentingan masyarakatnya.
Kalangan bisnis dan masyarakat sebaiknya memiliki hubungan yang bersifat simbosis mutualisme.
Kegiatan tanggung jawab sosial merupakan salah satu cara meredam atau bahkan menghindari konflik sosial.
Perusahaan sebagai salah satu pelaku ekonomi memiliki peranan penting terhadap kelangsungan hidup perekonomian dan masyarakat secara luas.

Dalam konteks pembangunan saat ini, perusahaan tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab yang berpijak pada aspek keuntungan secara ekonomis semata, yaitu nilai perusahaan yang direfleksikan dalam kondisi keuangan, namun juga harus memperhatikan aspek sosial dan lingkungannya.
Terdapat beberapa contoh kasus, terkait permasalahan yang muncul dikarenakan perusahaan dalam melaksanakan operasinya kurang memperhatikan kondisi lingkungan dan sosial di sekitarnya, khususnya perusahaan yang aktivitasnya berkaitan dengan pengelolaan sumber daya alam (ekstraktif).

PT. Freeport Indonesia
PT Newmon Minahasia Raya (NMR)
PT Caltex Pacific Indonesia (CPI)

Rumusan Masalah
1. Bagaimana pengaruh TJSL yang di persepsikan, kepercayaan masyarakat dan kesadaran masyarakat terhadap program TJSL pada Evaluasi Perusahaan PetroChina Internasional (Bermuda) Ltd di daerah Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat ?

2, Bagaimana pengaruh TJSL yang di persepsikan, kepercayaan masyarakat dan kesadaran masyarakat terhadap program TJSL pada Asosiasi Produk Perusahaan PetroChina Internasional (Bermuda) Ltd di daerah Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat ?

3. Bagaimana hubungan TJSL yang di persepsikan dan kepercayaan masyarakat terhadap program TJSL yang di laksanakan oleh Perusahaan PetroChina Internasional (Bermuda) Ltd di daerah Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat?

4. Bagaimana hubungan Demografi masyarakat,Usia, Jenis kelamin dan Pendidikan terhadap Evaluasi Perusahaan PetroChina Internasional (Bermuda) Ltd di daerah Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat ?
5. Bagaimana hubungan Demografi masyarakat, Usia, Jenis kelamin dan Pendidikan terhadap Asosiasi Produk Perusahaan PetroChina Internasional (Bermuda) Ltd di daerah Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat ?
Pada penelitian ini penulis fokus meneliti pada perusahaan PetroChina di daerah Sorong (Papua Barat).

Tujuan Penelitian
menganalisis pengaruh TJSL yang di persepsikan, kesadaran dan kepercayaan masyarakat mengenai program TJSL terhadap Evaluasi Perusahaan dan Asosiasi produk.

menganalisis hubungan antara TJSL yang di persepsikan dan kepercayaan masyarakat terhadap program TJSL yang dilaksanakan oleh perusahaan PetroChina International (Bermuda) Ltd di daerah Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat

menganalisa hubungan antara Demografi masyarakat, usia, Jenis kelamin dan pendidikan terhadap Evaluasi Perusahaan dan Asosiasi produk.

Manfaat penelitian
Manfaat Akademik
Perusahaan pada artikel terdahulu adalah perusahaan yang bergerak di Bidang Manufaktur sedangkan pada penelitian ini penulis mencoba meneliti dari bidang yang berbeda yakni Bidang Ekstraktif (migas) di Perusahaan PetroChina Internasional ( Bermuda) Ltd. Sehingga dapat di peroleh informasi tentang pengaruh TJSL yang di persepsikan, kepercayaan dan kesadaran masyarakat tentang program TJSL yang dilaksanakan oleh perusahaan PetroChina International (Bermuda) Ltd di daerah Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat.

Manfaat Manajerial
Penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengetahui dan menilai tanggapan masyarakat terhadap program TJSL sehingga dapat diaplikasikan dalam program TJSL yang sedang berjalan atau yang akan dilaksanakan dalam program berikutnya dan juga dapat lebih meningkatkan Citra Perusahaan di masa yang akan datang.

Tinjauan Konseptual
Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)
dan Pemasaran

Manfaat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)
bagi Perusahaan

Manfaat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bagi masyarakat

PEMBANGUNAN RUMAH KAMPUNG KLAYAS
Program-Program TJSL yang di laksanakan oleh perusahaan PetroChina Internasional (Bermuda) Ltd
PROGRAM KEBUN BUAH MASYARAKAT ADAT MARGA SAKAJA
Full transcript