Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

HOTEL BISNIS Di SENAYAN

No description
by

aristo lim

on 21 October 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of HOTEL BISNIS Di SENAYAN

HOTEL BISNIS Di SENAYAN
design by Dóri Sirály for Prezi
Kata ‘hotel’ berasal dari bahasa Prancis kuno, yakni ‘hostel’. Hostel berarti tempat penampungan untuk pendatang. Hostel dapat juga berarti bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum.Berikut ini merupakan beberapa kutipan mengenai pengertian hotel:
a. Menurut Prof. Fred Lawson—dalam bukunya yang berjudul Hotel, Motels and Condominiums—hotel adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa akomodasi serta pelayanan makan dan minum bagi para pelancong dengan memberi imbalan jasa kepada pemilik jasa akomodasi.
b. Berdasarkan kamus Oxford—The Advance Learner’s Dictionary—hotel adalah bangunan yang menyediakan layanan kamar, makan dan minum bagi tamu.
c. Menurut Steadmon dan Kasavana—The American Hotel and Motel Association—hotel dapat didefinisikan sebagai sebuah bangunan yang dikelola secara komersial dan menyediakan fasilitas umum dengan memberikan satu atau lebih pelayanan. Pelayanan tersebut berupa jasa\mencuci pakaian serta memanfaatkan perabot dan peralatan yang ada.
d. Menurut SK Menparpostel no.KM37/PW.340/MPPT-87, tentang
peraturan usaha dan pengelolaan hotel, menyebutkan bahwa hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman,
serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial.
Dari keempat kutipan mengenai pengertian hotel tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa hotel merupakan bangunan yang dikelola secara komersial dan diperuntukkan secara umum. Bangunan komersial tersebut menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa lainnya—seperti fasilitas olahraga, toko cindera mata, maupun ruang pertemuan—yang juga dikelola secara komersial.
Menurut data BPS :
Apa itu hotel bisnis?
Analisis Programing
Kenapa Hotel ??
Lokasi Tapak??
Kriteria klasifikasi hotel di Indonesia secara resmi terdapat pada peraturan pemerintah, yaitu SK: Kep-22/U/VI/78 oleh Dirjen Pariwisata. Hotel dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa faktor, seperti:
Jenis Hotel
1) City/Bisnis Hotel
Hotel yang berlokasi di pusat kota, biasanya diperuntukkan bagi wisatawan yang bermaksud untuk tinggal sementara (dalam jangka waktu pendek). City hotel juga disebut sebagai transit hotel karena biasanya dihuni oleh para pelaku bsnis yang memanfaatkan fasilitas dan pelayanan bisnis yang disediakan oleh hotel tersebut.
2) Resort Hotel
Hotel Resort adalah hotel yang terletak dikawasan wisata, dimana sebagian besar tamu yang menginap tidak melakukan kegiatan usaha.
3) Residential Hotel
Hotel yang berlokasi di daerah pinggiran kota besar yang jauh dari keramaian kota, tetapi mudah mencapai tempat-tempat kegiatan usaha. Hotel-hotel ini berlokasi di daerah-daerah tenangm, terutama karena diperuntukkan bagi tamu yang ingin tinggal dalam jangka waktu lama.
4) Motor Hotel
Hotel yang berlokasi di pinggiran atau sepanjang jalan raya yang menghubungkan satu kota dengan kota besar lainnya, atau di pinggiran di jalan raya dekat dengan pintu gerbang atau batas kota besar. Hotel ini diperuntukkan sebagai tempat istirahat sementara bagi mereka yang melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum atau mobil sendiri. Oleh karena itu hotel ini menyediakan fasilitas garasi untuk mobil.

Dari segi lamanya tamu hotel tinggal
a. Transit hotel merupakan hotel dengan lama tinggal tamu rata-rata semalam.
b. Residential hotel merupakan hotel dengan lama tinggal tamu yang cukup lama
c. Semi-residential hotel merupakan hotel dengan lama tinggal tamu lebih dari satu hari tetapi tetap dalam jangka waktu pendek.
Dari segi aktivitas tamu hotel dan segi lainnya :
a. Sport hotel merupakan hotel yang merupakan bagian dari satu kompleks olah raga, misalnya The Century Park Hotel – Senayan.
b. Convention hotel merupakan hotel yang menjadi bagian dari komplek konvensional.
c. Budget hotel merupakan motel yang biasa pembangunannya relatif rendah.
Dari segi jumlah kamar (kapasitas):
a. Small hotel merupakan hotel dengan jumlah kamar yang kecil (maksimum 25 kamar). Hotel ini biasanya dibangun di daerah dengan angka kunjungan yang rendah.
b. Medium hotel merupakan hotel dengan jumlah kamar yang sedang (sekitar 29-299 kamar). Hotel ini biasanya di daerah dengan angka kunjungan sedang.
c. Large hotel merupakan hotel dengan jumlah kamar yang besar (minimum 300 kamar). Hotel ini biasanya dibangun di daerah dengan angka kunjungan yang tinggi.
Hotel bisnis
Hotel bisnis didefenisikan sebagai hotel yang banyak digunakan para usahawan, dimana hotel ini memiliki fasilitas yang lengkap untuk para pebisnis. Biasanya terletak di pusat kota, ataupun area bisnis dan berfungsi menyediakan fasilitas, layanan dan kemudahan akomodasi yang disesuaikan dengan karakter para pelaku bisnis. Perkembangan Hotel Bisnis secara Umum Dulunya hotel hanya berfungsi sebagai tempat untuk menginap, tetapi kini hotel telah memiliki fungsi ganda, dari tempat menginap, hingga sarana bisnis. Tidak sedikit hotel yang menyediakan sarana bisnis, terutama hotel- hotel berbintang. Hotel jenis ini dinamakan hotel bisnis. Pada hotel ini tersedia tempat yang dapat digunakan sebagai ruang pertemuan, ruang rapat, maupun ruang seminar. Para pebisnis bisa memanfaatkan hotel bisnis sebagai sarana untuk mempromosikan produk perusahaan, rapat kerja maupun seminar.
Karakteristik Hotel Bisnis Hotel Bisnis memiliki berbagai karakteristik, di antaranya:
• Memiliki fasilitas yang mendukung kegiatan bisnis seperti ballroom dan banquet hall
• Berada di pusat kota dan berdekatan dengan pusat bisnis
• Keberadaannya dapat menaikkan prestis dan citra kota
Karakteristik Tamu Hotel Bisnis Usaha di bidang perhotelan mempunyai sasaran pelayanan jasa akomodasi bagi para pebisnis baik dari dalam maupun luar, yang terdiri dari:
• Pedagang
• Pengusaha
• Peserta konvensi/ konferensi
• Pejabat pemerintah, dll.
Karakteristik tamu hotel bisnis yaitu:
• Bepergian seorang diri atau berkelompok
• Menginap dalam jangka waktu relatif singkat
• Ingin cepat menyelesaikan tugasnya, sehingga pertimbangan terhadap jarak pencapaian ke objek tujuan harus sedekat mungkin.
• Pertimbangan ekonomi dan fasilitas
• Dalam hal ini, rekreasi tidak diprioritaskan

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Berbintang di Jakarta bulan Juni 2014 mencapai 60,41 persen naik sekitar 0,79 poin dari TPK bulan Mei 2014. Masih untuk bulan Juni 2014, jika diamati menurut klasifikasi hotel berbintang, TPK hotel bintang dua merupakan yang tertinggi yaitu mencapai 63,47 persen. Sedangkan yang terendah adalah TPK hotel bintang satu yang hanya mencapai 54,74 persen.

Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya tingkat hunian hotel berbintang bulan Juni 2014 yang dirinci menurut klasifikasi hotel, TPK hotel bintang satu, dua, dan lima mengalami peningkatan masing-masing sebesar 5,21 poin; 5,25 poin; dan 1,24 poin. Sebaliknya hotel bintang tiga dan empat mengalami penurunan masing-masing sebesar 1,55 poin dan 1,42 poin. Sementara itu jika dibandingkan dengan bulan Juni 2013, TPK gabungan semua hotel berbintang untuk bulan Juni 2014 mengalami peningkatan sebesar 1,17 poin.
berdasarkan data maka hotel bisnis menjadi pilihan sebagai Tema Proyek.
Pada triwulan I/2014, pertumbuhan yang terjadi didorong oleh pertumbuhan yang diberikanoleh sektorpengangkutan‐komunikasi, sektor keuangan‐real estate‐jasa perusahaan, sektorperdagangan‐hotel‐restoran, sektor jasa‐jasa, sektor konstruksi dan sektor industri pengolahan. Sektor-sektor tersebut mampu menyumbang cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta.Sedangkan sektor pertanian, sektor pertambangan‐penggalian, dan sektor listrik‐gas bersihmenyumbang pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta sangat kecil.
Data wisatawan - pengguna hotel
Data pertumbuhan ekonomi di jakarta
Hotel
Berdasarkan literatur dan studi kasus maka pada design hotel akan dimasukan 4 jenis tipe kamar:
Standard 40m2 = 520
Deluxe 46m2 = 215
Suite room 58m2 = 38
President suite100 = 1 total : 774kamar
Berdasakan perhitungan kasar KLB:
total jumlah luasan untuk kamar
35.913m2
total jumlah luasan untuk lobby dan front office
28.458m2
total jumlah luasan untuk staff
1198m2
total jumlah luasan untuk housekeeping dan fasilitas pendukung
13.729m2
Full transcript