Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Dampak Positif Dan Negatif Keberagaman Budaya

No description
by

dhena din

on 28 January 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Dampak Positif Dan Negatif Keberagaman Budaya

Dampak Positif Dan Negatif Keberagaman Budaya
design by Dóri Sirály for Prezi
NAMA KELOMPOK :
1. ARINDA NUKY A. (06)
2. DANU AZIZ I. (07)
3. DIAN NITAMI (08)
4. DIANA ARIF S. (09)
5. DINA RISQIANI (10)

KELAS XII AKUNTANSI 3
1. Rentan terhadap Konflik
Perbedaan nilai-nilai budaya dan norma dasar akan sulit disesuaikan antara masing-masing agama, akan selalu bertentangan dan ini akan memudahkan munculnya sebuah konflik.

2. Munculnya sikap etnosentrisme
Yaitu sikap atau pandangan yang berpangkal pada masyarakat dan kebudayaan sendiri, biasanya disertai dengan sikap dan pandangan yang meremehkan masyarakat dan kebudayaan lain.

3. Munculnya sikap fanatisme dan ekstrim
Fanatisme atau fanatik adalah suatu keyakinan yang kuat terhadap agama, kebudayaan, kelompok dan lain-lain. Ekstrim adalah sangat kuat, keras yang solidaritas terhadap persamaan atau kelompoknya sendiri
TUGAS IPS
1.Terus menerus sikap mental yang berpartisipatif terhadap pembangunan.
2.Mengembangkan budaya daerah yang bernilai luhur dalam rangka membentuk budaya.
3.Memeratakan pendidikan dan pengajaran keseluruhan wilayah Indonesia.
4.Meningkatkan sumber daya manusia menjadi manusia yang cerdas, bertanggung jawab.
Cara mengatasi akibat keberagaman budaya di Indonesia. Dampak mengatasi akibat keberagaman budaya di Indonesia antara lain :
Dampak Negatif Keberagaman Budaya
Kebudayaan masyarakat Indonesia sangat beraneka ragam karena terdiri atas bermacam-macam suku bangsa, ras, agama, bahasa, adat istiadat, golongan politik dan sebagainya. Keragaman kebudayaan inilah yang menyebabkan masyarakat di Indonesia menjadi unik dan berbeda dengan masyarakat lainnya di dunia.

Namun keberagaman tersebut menyebabkan kehidupan masayarakat Indonesia menjadi rawan konflik. Masyarakat majemuk atau multikultural memiliki karakteristik heterogen dengan pola hubungansosial antarindividu bersifat toleran dan harus menerima kenyataan untuk hidup berdampingan secara damai satu sama lain dengan perbedaan-perbedaan yang melekat pada tiap entitas sosial dan politiknya.

Kebesaran kebudayaan sauatu masyarakat atau bangsa terletak pada kemampuannya untuk menampung berbagai perbedaan dan keberagaman dalam satu ikatan yang berdasarkan prinsip-prinsip hak asasi manusia dan demokrasi.
Manfaat keberagaman budaya suku-suku bangsa adalah sarana untuk menengahi setiap ada isu konflik separatis dan disintegrasi sosial.
Manfaat Keberagaman Budaya
Usaha mencapai persatuan dalam kehidupan masyarakat yang majemuk dengan aneka ragam kebudayaan dilakukan dengan mengembangkan sikap toleransi dan sikap empati pada diri setiap warga. Toleransi adalah adanya sikap tenggang rasa yang bertujuan memberikan kebebasan orang lain untuk menjalankan haknya. Sikap toleransi sangat bertolak belakang dengan sikap etnosentrisme yang memandang rendah kebudayaan lain. Sikap toleransi, menunjukkan luasnya pola pikir seseorang sekaligus menunjukkan pemahamannya mengenai kondisi alam semeseta yang sangat beraneka ragam ini. Sikap toleransi merupakan landasan utama seseorang dalam membangun kehidupan yang penuh ketenangan di lingkungan masyarakat yang beragam budaya.

Adapun empati adalah suatu sikap yang menunjukkan turut merasakan apa yang dialami oleh orang lain. Praktiknya adalah dengan mencoba menempatkan dirinya dalam kondisi orang lain. Sifat empati ini hakikatnya ditunjukkan dalam bentuk perasaan “senasib dan seperjuangan”. Sikap empati ini berarti bukan sekedar toleransi yang ditunjukkan dalam kehidupan masyarakat beragam budaya, melainkan juga semangat kegotongroyongan atau kerja sama tanpa memandang perbedaan yang ada.
Sikap Terhadap Keragaman Budaya Yang Diharapkan
Kenyataan bahwa budaya yang terdapat antara umat manusia sangat beraneka ragam. Hal itu dapat menimbulkan beberapa dampak positif dan negatif pada perubahan kebudayaan dan kehidupan masyarakat.
Dampak Positif Keberagaman Budaya
1. Tidak mengurangi ruang gerak pemerintah dalam kebijakan ekonomi guna mendukung pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

2. Tidak berseberangan dengan desentralisasi.

3. Mengenal budaya asing sebagi ruang pembelajaran.

4. Kemajuan dalam bidang teknologi

5. Mempercepat terwujudnya pemerintahan yang demokratis dan masyarakat madani dalam skala global.
6. Bukan penyebab krisis ekonomi.

7. Meningkatkan kreatifitas dan ruang berkarya

8. Memperkaya keberagaman budaya.

9. Peningkatan dalam bidang sistem teknologi, Ilmu Pengetahuan, dan ekonomi.

10. Terjadinya pergeseran struktur kekuasaan dari otokrasi menjadi oligarki.
Contoh dampak kebudayaan yang positif adalah mencuci tangan dan berdoa sebelum makan, membuang sampah pada tempatnya, kemudian juga kebudayaan-kebudayaan tradisional seperti tarian-tarian tradisional yang merupak asset dan nilai jual dari Negara kita, Indonesia. Untuk saya pribadi kebudayaan yang membawa dampak positif terhadap diri saya adalah kebudayaan saling menghormati terhadap orang yang lebih tua, dan saling menghargai terhadap orang yang sebaya atau lebih muda, agar terjalinnya silaturahmi yang baik antar umat manusia.
Contoh Dampak negatif kebudayaan yang negatif dan saat ini sedang trend di Indonesia, yakni budaya korupsi, budaya korupsi ini merugikan negara dan dapat merusak sendi-sendi kebersamaan bangsa. Pada hakekatnya, korupsi adalah “benalu sosial” yang merusak struktur pemerintahan, dan menjadi penghambat utama terhadap jalannya pemerintahan dan pembangunan pada umumnya. Oleh karena itu sebagai pemuda dan penerus bangsa kita harus bias memilah kebudayaan-kebudayaan yang baik, karena kebudayaan memiliki kekuatan yang mampu mengontrol, membentuk dan mencetak individu. Apalagi manusia di samping makhluk individu juga sekaligus makhluk sosial, maka perkembangan dan perilaku individu sangat mungkin dipengaruhi oleh kebudayaan.
Contoh - Contoh Dampak Positif Dan Negatif
Full transcript