Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Presentasi Kimia: Minyak Bumi

Minyak Bumi
by

Fatimah Zahra

on 12 July 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Presentasi Kimia: Minyak Bumi

Minyak Bumi dan Gas Alam Apa Itu Minyak Bumi? Kualitas Bensin Zat Aditif dalam Bensin Industri Pupuk dan Pestisida Bahan Polimer Contoh bahan Polimer yang berasal dari minyak bumi diantaranya adalah plastic, misalnya polietilen, polipropilen, polistirena polibutadiena, PVC, dsb.
Polimer Plastik dibedakan berdasarkan:
Pengaruh pemanasan: termoplastik dan termoset
Kegunaan: polimer plastik, polimer serat, polimer elastis
Reaksi pembentukan: polimerasi adisi dan polimerasi kondensasi Pengolahan Minyak Bumi dilakukan dengan 2 cara yaitu desalting yaitu proses penghilangan garam yang dilakukan dengan mencampurkan minyak mentah dengan air dengan tujuan melarutkan zat-zat mineral yang larut di air. Lalu destilasi (penyulingan), destilasi bertingkat dapat dilakukan untuk memisahkan komponen2 minyak bumi, yaitu permisahan berdasarkan perbedaan titik didih. Komponen Minyak Bumi Mutu bensin dinyatakan dengan bilangan oktan, yaitu angka yang menunjukkan jumlah isooktana 2,2,4 – trimetilpentana) dalam bensin. Makin besar bilangan oktan, makin tinggi kualitas bensin tersebut. Isooktana memiliki bilangan oktan 100 dan n-heptana memiliki bilangan oktan nol. Bensin dengan bilangan oktan 92 artinya setara dengan 92% vol.isooktana dan 8% vol.n-heptana. Alvin Luciano - Dellia Nurleli - Dyana Cintya Ratnasari - Fatimatuzzahra - Ghaida Ambarwati - Tubagus Hasan Fauzi - Yasmin Mutia Minyak adalah cairan yang mudah terbakar alami terdiri dari campuran kompleks hidrokarbon dari berbagai berat molekul dan cairan lain senyawa organik, yang ditemukan dalam formasi geologi di bawah permukaan bumi. Minyak bumi digunakan untuk industri. Proses Pembentukannya Minyak bumi terbentuk dari hewan dan tumbuhan terutama plankton yang mati dan membusuk selama jutaan tahun dalam bumi lalu tertimbun lumpur dan mengalami tekanan yang panas yang tinggi serta terperangkap dilapisan bumi . Menurut para ahli, minyak bumi diduga terbentuk paling sedikit 2 juta tahun. Dalam bahasa asing minyak bumi dikenal dengan nama petroleum (petros = batu dan oleum = minyak). Minyak bumi keluar dari tanah berupa cairan hitam pekat yang merupakan campuran dari senyawa hidrokarbon. Golongan Alifatik Alkana rantai lurus merupakan komponen utama(terbanyak) dalam minyak bumi n-heptana adalah alkana rantai lurus yang merupakan komponen utama dalam minyak bumi.
Isooktana adalah rantai bercabang atau 2,2,4-Trimetilpentana Golongan Alisiklik Senyawa yang banyak ditemukan dalam minyak bumi adalah turunan siklopentana dan sikloheksana. Merupakan kompenen kedua terbersar dalam minyak bumi Golongan Aromatik Contohnya adalah benzena C6H6 dan turunannya. Golongan ini dalam minyak bumi sangat sedikit, kecuali minyak Indonesia (tipe borneo), yang dapat mengandung senyawa aromatik hingga 40%. Cara Lain Cracking (Perengkahan)
Pemecahan molekul besar menjadi molekul-molekul kecil.
Reforming
Bertujuan mengubah struktur molekul rantai lurus menjadi rantai bercabang/ alisklik/ aromatik.
Polimerisasi
Suatu cara penggabungan monomer (molekul-molekul sederhana) menjadi molekul yang lebih kompleks
Treating
Merupakan proses penghilangan kotoran pada minyak bumi
Blending
Merupakan proses penambahan zat aditif
Alkilasi
Penggabungan molekul-molekul kecil menjadi besar.
Coking
Proses perengkahan fraksi residu padat menjadi minyak bakar dan hidrokarbon intermediat (produk antara) dan dihasilkan kokas (coke) yang sebagai elektrode untuk ekstraksi logam Al Tetra Ethyl Lead (TEL) Memiliki rumus molekul .Penggunaan TEL biasanya dalam bentuk campuran yang disebut Ethyl Fluid yang terdiri atas :
•TEL ................................................... 65%
•1,2 - dibromoetana .......................... 25%
•1,2- dikloroetana .............................. 10%
Biasanya digunakan meningkatkan bilangan oktan. Ada unsur halogen (Br dan Cl) berfungsi untuk mengubah timbal (Pb) menjadi timbal bromidayang mudah menguap sehingga terbuang lewat knalpot.Penggunaan TEL mengakibatkan udara tercemar oleh partikulat logam berat Pb (Timbal) yang dapat mengganggu sistem saraf janin sehingga penggunaannya harus dihentikan. Metil Tersier Butil Eter (MTBE) Bahan aditif ini sifatnya ramah lingkungan karena dapat meningkatkan bilangan oktan tetapi tidak melepaskan timbal di udara. Dengan rumus molekul . Bensin jenis premix 94 berarti mempunyai nilai oktan 94, merupakan campuran 80% premieum 87 dengan 20% MTBE Yang Termasuk Industri Petrokimia PupukUrea
Pupuk ZA
Amoniumnitrat
Kalsiumnitrat Untuk Memberantas Hama Insektisida
Fungisida
Herbisida
Bakterisida
Nematisida
Rodentisida
Avisida Berdasarkan Bahan Penyusunnya Kelompok Organo – klor : DDT, Aldrin, Dieldrin, dsb.
Organo – fosfor : Malation, parathion
Karbanat : karbaril, karboforum, propoksur. Dampak Penggunaan 1.Keracunan CO (Karbonmonoksida)
2.Efek rumah kaca
3.Efek kabut Foto kimia
Penyebabnya adalah sisa uap hidrokarbon gas buangan dan terbentuknya ozon dilapisan bawah atmosfer, sehingga timbul asap kabut. Terimakasih :* Pengeboran minyak bumi dan gas alam di lepas pantai dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu :
Survei seismik, para ahli akan melakukan ledakan kecil yang akan menimbulkan sentakan yang akan dipantulkan kembali oleh setiap lapisan batuan
Anjungan minyak lepas pantai untuk kegiatan eksplorasi minyak Minyak bumi yang telah dipisahkan dengan gas alam disebut Minyak Mentah (Crude Oil). Minyak mentah dibedakan menjadi :
Minyak mentah ringan (light crude oil) yang mengandung kadar logam dan belerang rendah, berwarna terang, dan encer (viskositas rendah)
Minyak mentah berat (heavy crude oil) mengandung kadar logam dan belerang tinggi, memiliki viskositas tinggi sehingga harus dipanaskan agar meleleh
Full transcript