Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

KOPERASI DAN KOPERASI KOPMA UGM

menjelaskan tentang koperasi secara umum juga ditambah dengan penjelasan mengenai koperasi KOPMA UGM
by

Aris Setiawan Yodi

on 25 October 2012

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of KOPERASI DAN KOPERASI KOPMA UGM

photo credit Nasa / Goddard Space Flight Center / Reto Stöckli Aris Setiawan Yodi_JPP 2012 KOPERASI DAN KOPERASI KOPMA UGM Pengertian Koperasi Gerakan koperasi digagas oleh Robert Owen (1771-1858), yang menerapkannya pertama kali pada usaha pemintalan kapas di New Lanark, Skotlandia.
Gerakan koperasi ini dikembangkan lebih lanjut oleh William King (1786–1865) – dengan mendirikan toko koperasi di Brighton, Inggris. Pada 1 Mei 1828, King menerbitkan publikasi bulanan yang bernama The Cooperator, yang berisi berbagai gagasan dan saran-saran praktis tentang mengelola toko dengan menggunakan prinsip koperasi
Koperasi diperkenalkan di Indonesia oleh R. Aria Wiriatmadja di Purwokerto, Jawa Tengah pada tahun 1896. Dia mendirikan koperasi kredit dengan tujuan membantu rakyatnya yang terjerat hutang dengan rentenir. Koperasi tersebut lalu berkembang pesat dan akhirnya ditiru oleh Boedi Oetomo dan SDI. Belanda yang khawatir koperasi akan dijadikan tempat pusat perlawanan, mengeluarkan UU no. 431 tahun 19 yang isinya yaitu :
•Harus membayar minimal 50 gulden untuk mendirikan koperasi
•Sistem usaha harus menyerupai sistem di Eropa
•Harus mendapat persetujuan dari Gubernur Jendral
•Proposal pengajuan harus berbahasa Belanda
Pada tahun 1942, dipendudukan Jepang, Jepang mendirikan koperasi kumiyai. Namun, lambat laun fungsinya menyerupai fungsi koperasi pada saat zaman pendudukan Belanda.
Setelah Indonesia merdeka, pada tanggal 12 Juli 1947, pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi yang pertama di Tasikmalaya. Hari ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia. Perangkat Organisasi Koperasi •Rapat Anggota
Rapat anggota adalah wadah aspirasi anggota dan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. Sebagai pemegang kekuasaan tertinggi, maka segala kebijakan yang berlaku dalam koperasi harus melewati persetujuan rapat anggota terlebih dahulu., termasuk pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian personalia pengurus dan pengawas.
•Pengurus
Pengurus adalah badan yang dibentuk oleh rapat anggota dan disertai dan diserahi mandat untuk melaksanakan kepemimpinan koperasi, baik dibidang organisasi maupun usaha. Anggota pengurus dipilih dari dan oleh anggota koperasi dalam rapat anggota. Dalam menjalankan tugasnya, pengurus bertanggung jawab terhadap rapat anggota. Atas persetujuan rapat anggota pengurus dapat mengangkat manajer untuk mengelola koperasi. Namun pengurus tetap bertanggung jawab pada rapat anggota.
•Pengawas
Pengawas adalah suatu badan yang dibentuk untuk melaksanakan pengawasan terhadap kinerja pengurus. Anggota pengawas dipilih oleh anggota koperasi di rapat anggota. Dalam pelaksanaannya, pengawas berhak mendapatkan setiap laporan pengurus, tetapi merahasiakannya kepada pihak ketiga. Pengawas bertanggung jawab kepada rapat anggota
Sejarah Koperasi "KOPMA UGM" Lahirnya Kopma UGM berawal dari gagasan perlunya pemenuhan kebutuhan kesejahteraan mahasiswa melalui unit usaha yang dikelola oleh mahasiswa sendiri.
Rapat persiapan awal untuk menindak lanjuti tanggal 12 Maret 1982
Pada tanggal 20 Maret 1982, resmi deibentuk KOPERASI "KOPMA UGM" juga beserta anggaran dasarnya.
Kopma UGM resmi ber-Badan Hukum pada tanggal 2 Agustus 1982 dengan Akte Pendirian No. 1246/BH/XI didapat dari Departemen Perdagangan dan Koperasi dengan klasifikasi Koperasi Serba Usaha.
Pada RAT 1998, disadari bahwa pengkotakan anggota koperasi berdasarkan status merupakan sesuatu yang menyimpang dari prinsip ideal koperasi itu sendiri. Karenanya, pada Rapat Anggota Tahunan tahun tersebut, disepakati pemberian kesempatan pada karyawan untuk menjadi anggota luar biasa Kopma UGM.
pada Rapat Anggota Tahunan 1999 disepakati pemberian kesempatan pada masyarakat luas untuk menjadi anggota luar biasa.
Rapat Anggota Istimewa tanggal 23 s/d 24 September 2000 untuk mengubah nama Koperasi Mahasiswa UGM menjadi Koperasi “Kopma UGM”. Perubahan nama ini disahkan dengan Surat Keputusan Menteri Negara Koperasi dan Pengusaha Kecil Menengah No. 02/PAD/DK/XI/2000.
VISI DAN MISI KOPERASI "KOPMA UGM" VISI .“Menjadi organisasi yang secara terus menerus mengembangkan diri dan memberikan kemanfaatan kepada anggotanya serta berperan aktif dalam gerakan koperasi dengan berpegang teguh pada nilai-nilai dan prinsip-prinsip koperasi.”
MISI. 1. Mewujudkan SDM anggota yang memahami dan menjalankan fungsi dan perannya sebagai pemilik, pelanggan, dan partisipasi aktif di Koperi”Kopma UGM”. 2. Meringankan beban ekonomi dan meningkatkan daya beli anggota. 3. Menyediakan kebutuhan mahasiswa. 4. Pengoptimalan fungsi perpustakaan sebagai pusat data dan informasi Koperasi “Kopma UGM” dan berita actual serta pola pengembangannya. 5. Pengoptimalan, pembenahan, dan pemanfaatan system informasi, serta kearsipan dan administrasi data-data organisasi. 6. Menciptakan kondisi aman dan tertib dengan mendukung kinerja organisasi. 7. Mewujudkan terlaksananya 5K di lingkungan Koperasi “Kopma UGM”. 8. Mewujudkan hubungan yang harmonis baik internal maupun eksternal dengan meningkatkan kualitas intensitas informasi tentang Koperasi “Kopma UGM”. 9. Mewujudkan citra Koperasi “Kopma UGM” sebagai UKM terfavorit di UGM. 10. Mewujudkan citra Koperasi “Kopma UGM” sebagai rujukan pusat belajar koperasi bagi mahasiswa Indonesia. as
TUJUAN,BENTUK,ASAS,DAN PRINSIP KOPERASI "KOPMA UGM" Tujuan, a. Meningkatkan kesejahteraan anggota melalui aktivitas usaha dan pembinaan anggota menjadi kader koperasi yang profesional, tangguh, dan berwawasan luas.
b. Ikut membina dan mengembangkan gerakan koperasi dalam rangka membangun tataran perekonomian nasional untuk mewujudkan demokratis ekonomi.
Bentuk, Koperasi “Kopma UGM” adalah organisai yang berbadan hukum koperasi sekaligus merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Universitas Gadjah Mada, beranggotakan orang perorang yang telah terdaftar sebagai anggota.
Asas, Koperasi "Kopma UGM" berasaskan kekeluargaan.
Prisip,1. Keanggotaan yang sukarela dan terbuka
2. Pengawasan secara demokratis oleh anggota
3. Partisipasi aktif dari anggota
4. Otonomi dan kemandirian
5. Pendidikan, pelatihan dan penginformasian
6. Kerjasama antar koperasi
7. Kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

Pengertian koperasi menurut Undang-undang Nomor 25 tahun 1992 ialah bidang usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.
•Dilihat dari segi tujuan usaha
Koperasi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bagi para anggotanya dengan melayani anggota seadil-adilnya, sedangkan badan usaha bukan koperasi pada umumnya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
•Dilihat dari segi sikap hubungan usaha
Koperasi senantiasa mengadakan koordinasi atau kerja sama antara koperasi satu dan koperasi lainnya, sedangkan badan usaha bukan koperasi sering bersaing satu dengan lainnya.
•Dilihat dari segi pengelolaan usaha
Pengelolaan usaha koperasi dilakukan secara terbuka, sedangkan badan usaha bukan koperasi pengelolaan usahanya dilakukan secara tertutup.
Beberapa ciri dari koperasi ialah:
•Perkumpulan orang.
•Pembagian keuntungan menurut perbandingan jasa. Jasa modal dibatasi.
•Tujuannya meringankan beban ekonomi anggotanya, memperbaiki kesejahteraan anggotanya, pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
•Modal tidak tetap, berubah menurut banyaknya simpanan anggota.
•Tidak mementingkan pemasukan modal/pekerjaan usaha tetapi keanggotaan prinsip kebersamaan.
•Dalam rapat anggota tiap anggota masing-masing atau suara tanpa memperhatikan jumlah modal masing-masing.
•Setiap anggota bebas untuk masuk/keluar (anggota berganti) sehingga dalam koperasi tidak terdapat modal permanen.
•Seperti halnya perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) maka Koperasi mempunyai bentuk Badan Hukum.
•Menjalankan suatu usaha
•Penanggungjawab koperasi adalah pengurus.
•Koperasi bukan kumpulan modal beberapa orang yang bertujuan mencari laba sebesar-besarnya.
•Koperasi adalah usaha bersama kekeluargaan dan kegotong-royongan. Setiap anggota berkewajiban bekerja sama untuk mencapai tujuan yaitu kesejahteraan para anggota.
•Kerugian dipikul bersama antara anggota. Jika koperasi menderita kerugian, maka para anggota memikul bersama. Anggota yang tidak mampu dibebaskan atas beban/tanggungan kerugian. Kerugian dipikul oleh anggota yang mampu.

Tujuan Koperasi
Menurut Undang-undang Nomor 25 tahun 1992 Pasal 3 koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggotanya pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.
SEJARAH KOPERASI Di dalam Koperasi “Kopma UGM” terdapat 3 alur kaderisasi yang dijadikan sebagai media pendidikan dan pelatihan anggota :
PENDIDIKAN ANGGOTA
Pendidikan dasar merupakan pendidikan pertama yang diberikan kepada anggota baru yang bertujuan untuk memperkenalkan koperasi “kopma UGM” secara umum. Selain itu juga bertujuan untuk membentuk jiwa kewirakoperasian kepada anggota-anggota baru. Diksar juga dijadikan sebagai media pengakraban anggota-anggota baru
PENDIDIKAN KEORGANISASIAN
Pendidikan keorganisaasian merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mencetak kader koperasi yang dapat menjalankan organisasi dengan baik. Materi yang disampaikan di dalam pendidikan keorganisasian ini adalah sebagai berikut :
1. Manajemen Organisasi ,2 Komunikasi OrganisasI ,3. Leadership ,4. Manajemen Konflik
Pendidikan manajemen merupakan suatu pendidikan yang bertujuan untuk persiapan kader-kader koperasi dan sekaligus sebagai pembekalan anggota potensial untuk calon kepengurusan. Didalam pendidikan manajemen harus dibungkus semenarik mungkin untuk dapat memotivasi anggota supaya tertarik dan termotivasi untuk menjadi staf-pengurus sebagai bentuk kaderisasi yang ada di dalam koperasi “kopma UGM

GUGUS/KOMUNIITAS
1.Gugus Speaking Club, Gugus ini bergerak dibidang Publik Speaking maupun broadcasting. Beberapa aktivitas yang dilakukan seperti MC, siaran radio, english conversation, dll . 2. Gugus Kewirausahaan, Gugus ini ditujukan untuk mengembangkan jiwa enterpreneur anggota. Melalui gugus ini, anggota mendapatkan teori-teori kewirausahaan serta aplikasi-aplikasinya dilapangan. 3. Gugus Trainer Community, Gugus Trainer Community lebih difokuskan pada teknik-teknik pemberian pelatihan-pelatihan kepada peserta. Pelatihan-pelatihan ini dapat berupa kegiatan-kegiatan indoor, maupun outdoor. Kedepannya, anggota gugus Trainer Community diharapkan mampu memberikan training/pelatihan tertentu kepada anggota. 4. Gugus Riset, Gugus Riset bergerak dibidang riset dan penelitian, baik terkait bisnis maupun organisasi yang ada di Koperasi “Kopma UGM”. 5. Gugus Kajian, Gugus ini lebih bergerak pada mengkaji hal-hal maupun isu-isu yang berkembang, baik terkait hal-hal perkoperasian, maupun hal-hal lain yang memberi dampak pada dinamika perkoperasian. Keberadaan gugus ini diharapkan mampu memberikan pemahaman terkait gerakan dan organisasi yang ada di Koperasi “Kopma UGM”. 6. Gugus Lembaga Penerbitan, Gugus Lembaga Penerbitan bergerak dibidang jurnalistik. 7. Gugus Kopma Desaign Centre, Kopma Design Center merupakan gugus yang fokus kepada kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan dunia design. 8. Komunitas IT club, Komunitas IT club merupakan komunitas anggota pecinta dunia IT. 9.Komunitas Sport Society, Komunitas ini terdiri dari anggota-anggota yang memiliki minat dan bakat pada dunia olahraga.
DIVISI - DIVISI di KOPERASI KOPMA UGM
Divisi Swalayan, Divisi Swalayan Koperasi “Kopma UGM” menyediakan produk berupa barang-barang kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau kepada konsumen.
Divisi WARPOSTEL, Divisi Warpostel Koperasi “Kopma UGM” menyediakan jasa berupa Sambungan Langsung Jarak Jauh, Sambungan Langsung Internasional, maupun hal-hal yang berkaitan dengan dunia telekomunikasi lainnya.
Divisi Konveksi dan Sablonase, Divisi Konveksi dan Sablonase bergerak dibidang Konveksi.
Divisi Kafetaria, Divisi kafetaria merupakan divisi usaha Koperasi “Kopma UGM” yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga terjangkau. REFFERENCE

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/sejarah-berdirinya-koperasi-dunia-2/
http://penabulu.org/2011/09/pengertian-dan-tujuan-koperasi/
http://koperasi-kopmaugm.com/index.php/tentangkami/sejarah
http://koperasi-kopmaugm.com/index.php/tentangkami/visi-misi-dan-tujuan
http://koperasi-kopmaugm.com/index.php/keanggotaan/pendidikan-anggota
http://koperasi-kopmaugm.com/index.php/keanggotaan/guguskomunitas
http://koperasi-kopmaugm.com/index.php/divisiusaha/
Full transcript