Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Dr. Sunismi, M.Pd

No description
by

iffah nisrina

on 10 January 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Dr. Sunismi, M.Pd


PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATAKULIAH KALKULUS II DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MATHEMATICS MOBILE LEARNING (MML)


Dr. Sunismi, M.Pd
Terima Kasih
KULIAH UMUM
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN UNISMA
TAHUN 2014
LATAR BELAKANG
Pembelajaran kalkulus II selalu ditarik dari suatu konsep, teorema, dan algoritma yang belum berujung pada pemecahan masalah sehari-hari

Kebanyakan bahan ajar matakuliah kalkulus II yang selama ini digunakan masih berupa buku teks, dimana penyajian materi masih bersifat abstrak.

Sehingga menambah kebingungan mahasiswa dalam memahaminya. Oleh karena itu perlu dikembangkan bahan ajar yang menjadikan mahasiswa mudah memahami.

Mobile Learning adalah pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan perangkat mobile.

Mobile Learning (M-Learning) sebagai bentuk pembelajaran yang khusus memanfaatkan perangkat HP dan teknologi komunikasi bergerak.

Bahan ajar yang dikembangkan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi Mobile Learning.

Mathematics Mobile Learning (MML) adalah model pembelajaran yang memanfaatkan perangkat mobile khususnya telepon seluler (handphone). MML adalah pembelajaran yang unik karena pembelajar dapat mengakses materi pembelajaran matematika, arahkan dan aplikasi yang berkaitan dengan pembelajaran kapan-pun dan dimana-pun.

Aplikasi-aplikasi MML dibagi menjadi dua bagian, yaitu aplikasi yang berbasis berbasis Java dan aplikasi berbasis WAP. Aplikasi MML berbasis Java merupakan aplikasi perangkat lunak pembelajaran yang dikembangkan dengan teknologi Java 2 Mobile Edition (J2ME). Aplikasi ini dapat diinstal dan dijalankan pada telepon selular yang mendukung Java.

Fungsi-fungsi dari aplikasi MML berbasis Java ini  adalah untuk melayani fungsi menu browsing, content browsing, dan navigasi. Menu browsing adalah tampilan menu utama aplikasi yang berisi daftar judul materi yang ada dalam aplikasi. Content browsing adalah tampilan materi pembelajaran yang berupa teks dan gambar.  Navigasi adalah fungsi untuk memunculkan dan memilih menu, memunculkan halaman materi pembelajaran, menggeser halaman materi pembelajaran secara vertical, dan memindah antar halaman materi pembelajaran

TUJUAN
Tersusunnya bahan ajar model guided discovery dengan aplikasi Mathematics Mobile Learning matakuliah kalkulus II, yang dapat dengan mudah diakses melalui handphone oleh mahasiswa darimana saja dan waktu kapan pun sehingga memudahkan belajar mahasiswa.

(1) Buku mahasiswa aplikasi MML yang dapat diakses dan dipelajari secara mobile melalui HP.
(2) Buku panduan Dosen, panduan bagi dosen untuk mengimplementasikan buku mahasiswa dalam melaksanakan proses pembelajaran .

UMUM
KHUSUS
METODE PENGEMBANGAN
Jenis Penelitian

Penelitian Pengembangan
(Development Research)

Penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk

Prosedur Pengembangan Tahun I
HASIL PENGEMBANGAN TAHUN I
Hasil pengembangan adalah berupa bahan ajar kalkulus II menggunakan dengan aplikasi Mathematics Mobile Learning (MML), yang merupakan suatu aplikasi pembelajaran yang dapat dijalankan melalui Handphone (HP). Model yang digunakan Four-D Thiagarajan. Juga menggunakan beberapa software, Microsoft word, Snagit, Corel Draw X3, Adobe Photoshop X3, dan Netbeans IDE. Sedangkan untuk aplikasi MML menggunakan program Java (Java 2 Mobile Edition (J2ME)).
Instalasi dilakukan dengan mendownload file JAR dan mentransfer file tersebut ke HP menggunakan kabel, infrared atau bluetooth. (Berlaku untuk beberapa tipe Nokia, Sony Ericcson dan Motorola dengan dukungan Java MIDP 2.0)
Bahan ajar ini telah diujicobakan dan dapat berjalan baik pada beberapa jenis HP, seperti Nokia E 63, Nokia N73, Nokia 7100S, Nokia C1, Nokia X2-00, Nokia 2600C, Sony Ericsson P1i, Sony Ericsson K550, Samsung C301, Mito 880, dan Cross CB 80. Hal ini menunjukkan bahwa banyak jenis HP yang mensupport bahan ajar ini. Temuan penelitian ini adalah semua subjek ujicoba mampu mengoperasikan apliaksi MML.

SPESIFIKASI BAHAN AJAR KALKULUS II DENGAN APLIKASI MML, SEBAGAI BERIKUT

Menu
Opening (Splash Screen)
Menu
Splash Screen
Tiap Bab
Menu Petunjuk Pengoperasian MML
Menu
Home
Menu Uji Kompetensi
Menu
Help
dan Menu
About
Instalasi dilakukan dengan mendownload file JAR dan mentransfer file tersebut ke HP menggunakan kabel, infrared atau bluetooth. (Berlaku untuk beberapa tipe Nokia, Sony Ericcson dan Motorola dengan dukungan Java MIDP 2.0)
Full transcript