The Internet belongs to everyone. Let’s keep it that way.

Protect Net Neutrality
Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

REKAYASA PEMBANGKIT LISRIK SEDERHANA

No description
by

Midola Siahaan

on 1 November 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of REKAYASA PEMBANGKIT LISRIK SEDERHANA

PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN
Rekayasa Pembangkit Listrik Sederhana

REKAYASA PEMBANGKIT LISRIK SEDERHANA
Rekayasa produk pembangkit listrik sederhana adalah suatu bentuk pengembangan alat yang digunakan sebagai pembangkit listrik, namun menggunakan sumber daya terbarukan yang tidak cepat habis.
BAHAN PENDUKUNG PRODUK REKAYASA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BIOGAS
Bahan pendukung yang digunakan antara lain, limbah pabrik, kotoran sapi/manusia, limbah domestik/limbah rumah tangga (seperti limbah sayuran dan buah – buahan dan sampah biodegradable (benda-benda yang bisa diuraikan oleh organisme).
ALAT PENDUKUNG PRODUK REKAYASA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BIOGAS
Bak Pemasukan (inlet)
Bak yang berguna sebagai penampung kotoran dan air kencing ternak (sapi) sebelum dimasukkan di dalam digester. Bak pemasukan ini dilengkapi dengan penyaring agar sisa rumput atau benda lain yang tidak dikehendaki masuk ke dalam digester dapat tersaring dan dibersihkan.
Digester
Digester adalah bangunan ruangan (tandon) sebagai tangki pencerna untuk memproses limbah organik misalnya kotoran sapi, air kencing dan air, sebagai tempat bakteri anaerob menguraikan limbah isian tersebut selama waktu tertentu. Dari proses fermentasi limbah tersebut akan menghasilkan gas bio, serta slurry (sisa keluaran setelah di proses sebagai pupuk organik) yang siap pakai dengan unsur hara yang tinggi.
Bak Pengeluaran
Bak Pengeluaran adalah bak sebagai tampungan limpahan slurry dari digester dan bila telah penuh menuju ke bak penampungan slurry.
Bak Penampung Slurry
Bak ini berfungsi sebagai tempat menampung slurry luapan dari Bak Pengeluaran. Slurry di Bak Penampungan digunakan untuk menyaring/memisahkan slurry cair untuk dikeringkan sehingga ringan pengangkutannya, mudah dikemas dalam plastik untuk dijual.
Bak pengencer Slurry
Bak pengencer Slurry ini digunakan untuk menambah kandungan oksigen yaitu secara aerasi dan bisa diencerkan dengan
tambahan air sehingga bisa dimanfaatkan untuk ternak lele.
CARA KERJA PRODUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BIOGAS
Produk ini terdiri atas reaktor yang terhubung dengan kandang dan pembangkit listrik yang dapat dioperasikan dengan menggunakan bahan bakar biogas
Reaktor biogas terhubung langsung dengan kandang sehingga kotoran sapi dapat langsung masuk ke bak penampungan. Dengan begitu, akan mempermudah pembuangan kotoran sapi
Kotoran sapinya pun langsung masuk ke dalam reaktor dan akan terdegradasi di dalamnya, sehingga tidak menyebabkan pencemaran lingkungan, baik bau, lalat, dan resiko penyakit dan kesehatan lainnya.
Generator yang dipakai untuk membangkitkan tenaga listriknya merupakan modifikasi generator berbahan bakar bensin yang banyak beredar di pasaran, sehingga sama sekali tidak membutuhkan suku cadang khusus maupun ketrampilan khusus dalam pemeliharaannya.
Pembangkit listrik sederhana sebagai upaya untuk dapat mengidentifikasi potensi alam terkait dengan sumber energi baruterbarukan. Listrik  sebagai  kebutuhan  utama  masyarakat  untukmeningkatkan kesejahteraan hidupnya.  Sumber  daya  yang  ada  di  Indonesia  baik  berupa  sumber  daya alam  maupun   sumber   daya budaya dapat dikreasikan oleh sumber daya manusia dengan dukungan karya inovasi teknologi tepat  guna  sehingga  aktivitas  dalam  berproduksi  menjadi  lebih lancar. Kepekaan  terhadap  potensi  alam  yang  dimiliki  sebagai  langkah awal  dalam  pembuatan  karya  terkait  dengan  pembangkit  listrik sederhana berdasarkan konsep yang dimiliki. Kreativitas  dan  inovasi  yang  dimiliki  dalam  membuat,  menguji, dan  mempresentasikan  alat  pembangkit  listrik  sederhana  dalam memahami teknik pembangkitan dan prosedur pengerjaan penuh dengan kedisiplinan dan tanggung jawab.  Kreativitas dan    inovasi dalam  pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan yang  terkait dengan merancang pembuatan karya pembangkit listrik sederhana akan muncul dan berkembang melalui  pembiasaan  dalam  mengamati,  mencari  informasi, mengumpulkan  data,    bereksplorasi    dengan    semangat    juang tinggi,  motivasi  yang  timbul  dari  dalam  diri  dan  terus  berupaya pantang menyerah untuk terus menggali ide-ide. Menghargai   hasil  karya  dan   terus   berinovasi  secara  disiplin dan  bertanggung  jawab  sebagai    bentuk  dan  upaya  dalam mengembangkan  ekonomi  kreatif  dan  menghadapi  tantangan  dimasa yang akan datang.
MANFAAT
Membantu meningkatkan kemandirian dari kebergantungan terhadap energi fosil dan menjadi penyangga pasokan energi nasional di masa yang akan datang.
Pembangkit energi listrik baru terbarukan yang ramah lingkungan mempunyai potensi mengurangi emisi CO2.
Ketersediaan energi listrik terutama di daerahdaerah terpencil diharapkan secara merata dapat menyejahterakan masyarakat.
Menyelamatkan lingkungan dan mengatasi berbagai dampak buruk yang ditimbulkan akibat penggunaan bahan bakar fosil.
Energi listrik yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan produktif pada industri rumah di antaranya membuat es balok untuk pengawetan ikan, untuk pendukung aktivitas wisata kuliner, penerangan rumah tinggal, penerangan jalan, kegiatan di industri kecil dan menengah.Terciptanya lapangan pekerjaan di berbagai sektor.
Full transcript